Comscore Tracker

Ungkap Mitos, Goyang Mobil saat Mengisi Bensin Bisa Bikin Irit

Jangan asal percaya mitos lho!

Jakarta, IDN Times - Mitos ternyata juga ada di dunia otomotif. Paling populer ialah  menggoyang-goyang kendaraan saat mengisi bahan bakar. Bahkan cara ini masih bertahan hingga sekarang.

Konon menggoyang mobil atau motor saat mengisi bensin atau solar bisa membuat aliran bahan bakar menjadi lebih lancar sehingga performa mesin pun menjadi lebih joss. Konsumsi bensin pun diklaim menjadi lebih irit. Namun, sekali lagi, benarkah demikian?

1. Perlu diingat bensin adalah zat cair

Ungkap Mitos, Goyang Mobil saat 

Mengisi Bensin Bisa Bikin IritIDN Times/Dwi Agustiar

Bensin atau solar merupakan zat cair. Karena itu bensin atau solar akan mengalir dari daerah yang tinggi ke daerah yang lebih rendah. Dengan begitu, tanpa digoyang-goyang pun, bensin dan solar akan dengan sendirinya memenuhi tangki bahan bakar.

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Baca Juga: Pom Bensin Shell di Jalan Daan Mogot Terbakar, Api Berhasil Dipadamkan

2. Goyang mobil saat pengisian berpotensi sebabkan kebakaran

Ungkap Mitos, Goyang Mobil saat 

Mengisi Bensin Bisa Bikin IritIlustrasi SPBU. IDN Times/Dwi Agustiar

Dengan menggoyang-goyangkan mobil atau motor saat mengisi bensin, maka nozzel bensin otomatis akan bergesekan dengan lubang bensin. Pada saat yang sama uap bensin yang terperangkap di tangki akan berusaha keluar melalui lubang bensin. Nah, kombinasi gesekan nozzel dengan uap bensin ini berpotensi memicu kebakaran, loh!

3. Sebaiknya mengisi BBM sesuai prosedur saja

Ungkap Mitos, Goyang Mobil saat 

Mengisi Bensin Bisa Bikin Irit(Ilustrasi) IDN Times/Dwi Agustiar

Ada baiknya melakukan pengisian bahan bakar sesuai dengan SOP yang berlaku, dengan tidak menggoyangkan kendaraan dan menunggu hingga proses pengisian selesai. Karena menggoyangkan kendaraan saat pengisian bahan bakar tidak tertulis di SOP.

Selain menghindari kejadian yang tidak diinginkan, hal ini juga bertujuan untuk tidak membuang tenaga secara sia-sia untuk menggoyangkan mobil tersebut.

Baca Juga: Daftar Harga BBM 2020 Pertamina Terbaru di Wilayah Jawa Tengah dan DIY

Topic:

  • Yuda Almerio Pratama Lebang

Berita Terkini Lainnya