Comscore Tracker

AC Mobil Cepat Rusak, Bisa Jadi Karena 5 Kebiasaan Ini 

Kayanya sepele sih, tapi sayang kan kalo AC jadi rusak

Jakarta, IDN Times - Air Conditioner (AC) mobil jadi benda penting saat berkendara. Gerahnya udara di luar mobil tak terlalu terasa karena AC. Peran AC yang sangat vital untuk membuat kita nyaman di mobil.

Sayangnya, banyak pengguna mobil yang mengabaikan perawatan AC. Setelah AC rusak, baru deh pusing.

Nah, berikut kebiasaan yang harus kamu hindari jika ingin AC mobil mu awet.

1. Tidak mematikan atau menyalakan AC sesuai prosedur

AC Mobil Cepat Rusak, Bisa Jadi Karena 5 Kebiasaan Ini germanformula.com

Sebagian orang pasti pernah lupa mematikan AC mobil melalui tombol atau toggle switch on/off yang tersedia karena langsung mematikan mesin mobil saat sudah selesai berkendara. Atau adakah di antara kamu yang memang sengaja melakukannya karena lebih praktis?

Sebaiknya jangan lagi dilakukan hal seperti ini karena sama saja memaksa AC untuk berhenti bekerja, padahal seharusnya sistem pada AC menganggap itu belum benar-benar mati dan berakibat pada pendeknya umur kompresor dan komponen lain pada AC.

AC juga bisa cepat rusak bila kamu yang sering menyalakan AC terlebih dahulu, baru kemudian menyalakan mesin mobil. Ini terjadi karena saat mesin mobil dinyalakan, AC yang sudah nyala tadi akan mati sebentar kemudian menyala lagi karena menyesuaikan dengan proses tegangan arus listrik pada mobil.

Lebih baik kamu mematikan dulu AC sebelum mematikan mesin mobil dan bila ingin menggunakan mobil menyalakan mesin terlebih dahulu setelah itu baru menyalakan AC.

Baca Juga: 5 Tips Simpel Merawat Klakson Mobil, Biar Suaranya Gak Sember

2. Merokok/vaping di dalam mobil

AC Mobil Cepat Rusak, Bisa Jadi Karena 5 Kebiasaan Ini motoringresearch.com

Kamu pasti mengetahui bahwa asap rokok atau asap vape mengandung nikotin yang bisa menyebabkan suatu benda menguning.

Zat pada nikotin tadi dapat membuat filter AC mobil menjadi cepat menguning dan kotor, serta akan berbau tidak sedap, sehingga nantinya AC tidak mampu beroperasi dengan maksimal.

So, jangan merokok di dalam mobil ya. Selain bisa mengganggu performa AC, juga sangat tidak sehat.

3. Membuka jendela saat AC menyala

AC Mobil Cepat Rusak, Bisa Jadi Karena 5 Kebiasaan Ini shutterstock.com

Sebenarnya sih hal ini sering dilakukan, misalkan saat ingin membayar parkir, atau saat ingin membayar toll. Tapi kalau misalkan sudah tidak ada kepentingan lainnya, lebih baik selalu menutup jendela apabila AC sedang menyala.

AC akan cepat rusak ketika jendela terlalu lama dibuka karena kompresor akan bekerja ekstra untuk menjaga suhu di dalam kabin tetap ideal dan dingin.

4. Sering meninggalkan sampah di dalam mobil

AC Mobil Cepat Rusak, Bisa Jadi Karena 5 Kebiasaan Ini autoexpress.co.uk

Kita semua tentunya pernah mengonsumsi makanan di dalam mobil, dan terkadang lupa untuk membawa keluar sampah sisa makanan tersebut atau bahkan sengaja karena terlalu malas.

Sampah ini jika dibiarkan terlalu lama di dalam kabin akan memengaruhi udara di dalamnya, dan akan terbawa keluar masuk filter AC mobil yang dampaknya akan merusak bagian filter tersebut.

Meskipun sudah ada tempat sampah di dalam mobil, selalu kosongkan dan jangan biarkan menumpuk.

5. Menunda servis karena kerusakan dianggap masih ringan

AC Mobil Cepat Rusak, Bisa Jadi Karena 5 Kebiasaan Ini carfromjapan.com

AC mobil yang perlu diservis biasanya sudah tidak dingin, atau masih dingin tapi membutuhkan waktu yang cukup  lama. Ini diakibatkan oleh beberapa sebab yang sudah disebutkan di atas.

Banyak orang yang kurang peduli dengan gejala kerusakan AC yang seperti ini, dan dibiarkan untuk waktu yang lebih lama. Akibatnya tentu merugikan, seharusnya cukup servis kecil-kecilan, tapi jika dibiarkan malah bisa jadi servis besar.

Baca Juga: 5 Hal Buruk yang Terjadi Saat Kamu Memaksa Jalan Ban Mobil Kempis

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya