Comscore Tracker

4 Tips Berkendara Aman di Tengah Serangan Wabah Virus Corona

Tak semua pekerjaan bisa diselesaikan dari rumah!

Jakarta, IDN Times - Tak semua warga bisa bekerja dari rumah. Maklum saja, ada beberapa profesi yang membuat mereka terpaksa harus ngantor atau turun ke lapangan, meskipun ancaman virus corona menghantui. Namun tak perlu khawatir, bagi pekerja yang menggunakan motor berikut beberapa tips agar terhindar dari paparan virus corona. Tetap semangat, ya!

1. Saat berkendara ingat selalu memakai masker

4 Tips Berkendara Aman di Tengah Serangan Wabah Virus CoronaUnsplash/Ani Kolleshi

Penggunaan masker memang dapat mengurangi penyebaran virus corona saat berkendara, karena virus ini juga bisa bertahan hidup di udara dengan suhu tertentu. Tak hanya virus, penggunaan masker berguna menghalangi debu masuk ke saluran pernapasan kalian secara langsung.

2. Gunakan helm berstandar nasional yang telah disepakati

4 Tips Berkendara Aman di Tengah Serangan Wabah Virus Corona(IDN Times/Dwi Agustiar)

Selain untuk keselamatan, helm standar nasional Indonesia (SNI) ini melindungi bagian kepala dan dilengkapi dengan kaca pelindung. Penggunaan kaca pada helm SNI ini juga bisa mencegah debu dan virus yang ada di jalan.

Baca Juga: Jangan Asal Memilih Tempat Pencucian Motor, Perhatikan 5 Poin Ini

3. Menjaga kebersihan kendaraan dan kantongi selalu hand sanitizer

4 Tips Berkendara Aman di Tengah Serangan Wabah Virus CoronaIDN Times/Dwi Agustiar

WHO telah mengimbau agar kita selalu menjaga kebersihan, termasuk kebersihan motor dan alat-alat lainnya seperti helm dan masker.

Kita harus mulai membiasakan selalu mencuci tangan setelah berkendara setibanya di rumah. Bisa juga kalian selalu membawa hand sanitizer kemana pun kalian pergi

Tak hanya itu, kita juga harus lebih sering mencuci motor, helm, dan masker yang kita gunakan. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus korona yang semakin masif.

4. Pastikan kondisi tubuh selalu prima saat berkendara

4 Tips Berkendara Aman di Tengah Serangan Wabah Virus CoronaIDN Times/Dwi Agustiar

Nah, sebelum berkendara di musim korona ini kalian harus pastikan kalau kondisi tubuh kalian fit dan prima. Hal ini diperlukan agar tidak terjadinya penurunan imunitas yang bisa menyebabkan mudahnya tertular virus korona.

Untuk itu kalian harus selalu minum vitamin dan sumplemen untuk menjaga kondisi tubuh yang fit dan prima.

Pembaca bisa membantu kelengkapan perlindungan bagi para tenaga medis dengan donasi di program #KitaIDN: Bergandeng Tangan Melawan Corona di Kitabisa.com (http://kitabisa.com/kitaidnlawancorona)

Baca Juga: Tip Mengusir Virus Corona dari Helm

Topic:

  • Yuda Almerio

Berita Terkini Lainnya