Comscore Tracker

Jangan Asal Ganti Lampu Motor, Sebaiknya Perhatikan 3 Poin Ini

Modifikasi memang penting, tapi gak boleh sembarangan juga!

Jakarta, IDN Times – Menunggangi roda dua kesayangan melewati malam memang menyenangkan, namun kamu harus pastikan penerangan aman. Ketika pencahayaan minim, maka modifikasi menjadi solusi buat motor edisi lawas. Sebab saat ini, sebagian besar kuda besi sudah menggunakan penerangan jenis light-emitting diode (LED). 

Namun tak perlu panik, lampu standar motor kamu juga bisa dirubah kok dengan menambahkan proyektor atau LED bar pada lampu utama motor. Namun sebelum kamu pindah lampu, ada baiknya perhatikan hal-hal berikut ini. Disimak ya!

1. Ada baiknya sebelum mengganti penerangan, lebih dahulu pahami sistem kelistrikan dan pengisian aki

Jangan Asal Ganti Lampu Motor, Sebaiknya Perhatikan 3 Poin Iniunsplash.com/duncan adler

Sebelum memodifikasi lampu motor, kamu harus paham dengan masalah kelistrikan dan pengisian aki motor. Aki bisa cepat soak karena beban penggunaan lampu LED yang terlalu besar. Proses modifikasinya pun kian rumit, sebab lampu LED cenderung punya ruang lebih kecil dibanding dengan bohlam biasa.

Apabila tekad sudah bulat hendak berpindah penerangan tunggangan, kamu harus siap-siap dengan segala risikonya ya! Pabrikan motor memang tak menyarankan hal ini. 

2. Perhatikan titik cahaya lampu, agar tidak mengganggu pengguna jalan yang lain

Jangan Asal Ganti Lampu Motor, Sebaiknya Perhatikan 3 Poin IniUnsplash/Bin Thiều

Penerangan memang penting bagi tunggangan, terlebih saat jalan malam. Tanpanya, perjalananmu mengundang bahaya. Nah, saat saat hendak mengganti variasi lampu motor, ada baiknya perhatikan pengaturan titik cahaya lampu. Jangan sampai saat digunakan, justru mengganggu pengguna jalan lain. Itu sebab, pengaturan titik cahaya ini sebaiknya menyesuaikan versi pabriknya ya, biar gak kena tilang juga!

Baca Juga: Prediksi Tren Motor di Tahun 2020, Motor Apa yang Bakal Diminati?

3. Jangan gunakan daya yang lebih besar

Jangan Asal Ganti Lampu Motor, Sebaiknya Perhatikan 3 Poin Inipixabay.com/SplitShire

Terakhir, ada baiknya kamu menghindari modifikasi lampu motor daya lebih besar. Sebab, jika kamu nekat petaka bisa mendekat. Dengan daya yang berlebihan, akan menimbulkan panas dan berisiko mika (rumah lampu) serta reflektor meleleh. Sebelum modifikasi lampu motor, kalian harus pahami sistem kelistrikan dan kondisi aki yang prima serta siap menghadapi risikonya.

Baca Juga: Lakukan 3 Hal Ini Agar Terhindar dari Montir Nakal!

Itulah tips yang harus kamu ingat ketika ingin mengganti lampu motor, namun jangan segan bertanya dengan sang montir ya! Biar kamu juga dapat menyesuaikan modifikasi dengan kebutuhan.

Topic:

  • Yuda Almerio Pratama Lebang

Berita Terkini Lainnya