Comscore Tracker

Dear Pengusaha, Ini 5 Cara Jitu Tingkatkan Omzet Penjualan Produk UMKM

Cara ini akan meningkatkan omzet penjualan UMKM

Jakarta, IDN Times - Setiap bisnis pasti ingin berkembang dan maju. Bisnis kecil-kecilan seperti UMKM memerlukan usaha yang keras dan kegigihan untuk sukses. 

Salah satu aspek yang paling berpengaruh dalam perkembangan bisnis adalah omzet penjualan. Tingkat penjualan yang tinggi memiliki dampak yang positif bagi sebuah bisnis. Untuk meningkatkan penjualan UMKM, dibutuhkan beberapa cara efektif berikut ini.

Baca Juga: 7 Tips Jitu Memulai Bisnis Sembako, Cocok Banget Buat UMKM

1. Fokus pada kualitas produk

Dear Pengusaha, Ini 5 Cara Jitu Tingkatkan Omzet Penjualan Produk UMKMSumber Gambar: www.attention-group.com

Memilih kualitas terbaik untuk sebuah produk merupakan salah satu hal yang penting dalam faktor penjualan. Apabila kualitas produk yang ditawarkan sesuai standar dan memenuhi ekspektasi pelanggan, maka brand akan memiliki reputasi yang baik di mata pelanggan.

Bahkan, pelanggan tidak segan-segan untuk merekomendasikan produk kepada kerabat yang juga membutuhkan produk tersebut.

2. Memperkuat branding produk

Dear Pengusaha, Ini 5 Cara Jitu Tingkatkan Omzet Penjualan Produk UMKMgoogle

Setiap UMKM pastinya memiliki nilai tersendiri yang ingin disuarakan lewat brand yang dibangun. Nilai tersebut tentunya sangat berguna bagi kekuatan bisnis dan produk atau jasa yang ditawarkan. 

Kamu dapat melakukan banyak inovasi dan kolaborasi untuk menyuarakan nilai tersebut, caranya bisa melalui konten pada media sosial atau disisipkan secara kreatif pada produk. Dengan begitu, usaha tersebut tidak hanya dikenal dengan produknya, tetapi juga pada brand yang dibawa. 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Makanan Online, dari Frozen Food sampai Dessert Box

3. Memberikan pelayanan terbaik

Dear Pengusaha, Ini 5 Cara Jitu Tingkatkan Omzet Penjualan Produk UMKMmediakonsumen.com

Kualitas pada pelayanan juga harus ditingkatkan agar pelanggan merasa aman dan nyaman pada UMKM tersebut. Contohnya, ketika calon pelanggan datang, sambut dengan ramah, jawab semua pertanyaannya sampai mereka mendapatkan jawaban dan memilih produk yang memang cocok dan pas.

Selain itu, kamu juga dapat memperbanyak jumlah pelanggan karena reputasi pelayanan usaha yang dijalankan menjadi sangat baik.

4. Manfaatkan media sosial

Dear Pengusaha, Ini 5 Cara Jitu Tingkatkan Omzet Penjualan Produk UMKMIlustrasi Instagram bisnis. IDN Times/Paulus Risang

Bukan suatu hal yang asing, apabila media sosial sekarang ini dapat menjadi sarana mempromosikan usaha. Kamu dapat membangun persona dan feed yang menarik untuk usaha yang dijalankan. Selain itu, edukasi dan promosi tentang produk juga harus ada di dalamnya. Dengan demikian, kamu dapat memperbesar jangkauan pasar dan memperbanyak pelanggan.

Jika hal tersebut kurang memuaskan untuk meningkatkan penjualan UMKM, kamu juga dapat memanfaatkan fitur beriklan dari media sosial, seperti Facebook Ads dan Instagram Ads yang dapat memperluas target pasar, meskipun membutuhkan modal.

Kamu bisa memulai modal kecil dulu untuk melakukan tes iklan. Gunakan strategi yang tepat agar kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih banyak nantinya.

5. Maksimalkan digital marketing

Dear Pengusaha, Ini 5 Cara Jitu Tingkatkan Omzet Penjualan Produk UMKMJasa Digital Marketing Indonesia

Tidak dapat dimungkiri dalam kondisi pandemi seperti ini, menjadi saat yang tepat bagi para pebisnis UMKM untuk memaksimalkan proses marketing dengan bantuan jasa digital marketing atau marketing online yang akan memberikan banyak sekali keuntungan dengan strategi promosi yang dapat dilakukan. 

Selain meningkatkan promosi, maksimalnya digital marketing yang dilakukan dapat menjaga UMKM agar tetap eksis di dunia bisnis, mengingat di zaman yang serba digital ini, persaingan semakin ketat dan banyak e-commerce dan marketplace menjadi angin segar bagi pelaku bisnis UMKM.

Itulah beberapa kiat untukmu yang merupakan pengusaha bisnis kecil-kecilan alias UMKM agar bisa meningkatkan omzet penjualan sehingga bisnismu semakin maju dan sukses.

Baca Juga: 4 Tips Mandiri secara Finansial untuk Perempuan Single 

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya