TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PLN Operasikan Jaringan Distribusi Listrik di Mahakam Ulu

Penandatanganan kesepakatan serah terima dilakukan

Petugas PLN memeriksa keandalan jaringan listrik. (dok. PLN)

Balikpapan, IDN Times - PLN mengoperasikan jaringan distribusi listrik di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) dalam peningkatan pelayanan dan keandalan pasokan. Pemkab Mahakam Ulu telah membangun jaringan tegangan menengah (JTM), jaringan tegangan rendah (JTR), dan gardu distribusi.

“Semoga dengan telah dilakukan STO ini pengelolaan listrik semakin optimal dan dapat terus ditingkatkan. Kami selaku pemerintah daerah siap berkolaborasi demi memenuhi hajat hidup orang banyak dalam hal pemenuhan kebutuhan kelistrikan," kata Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh dalam pers rilis diterima IDN Times, Selasa (29/3/2022). 

Baca Juga: MotoGP Mandalika, PLN Siapkan Pasokan Listrik Berkualitas 

1. Serah terima aset dari Pemkab Mahulu kepada PLN

Pemkab Mahulu menyerahterimakan aset infrastrutur jaringan listrik kepada PLN. Foto PLN

Pemkab Mahulu menyerahterimakan aset tersebut untuk dioperasikan oleh PLN. Kesepakatan ini tertuang dalam penandatangan Perjanjian Serah Terima Operasi (STO) Jaringan Distribusi antara Bupati Mahulu dengan Manager PLN UP3 Samarinda Ari Tirtaprawita di Samarinda pada 16 Maret 2022. 

Aset milik pemda yang siap dioperasikan oleh PLN meliputi JTM 0,945 kms, JTR 19,738 kms, dan 7 unit gardu distribusi berkapasitas masing masing 100 kVA.

Bonifasius mengatakan kerja sama strategis ini dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat Mahulu.

2. Komitmen PLN mengaliri listrik di Mahalu

Ilustrasi meteran listrik, ilustrasi PLN, ilustrasi listrik (Dok. PLN)

Dengan penandatanganan ini STO ini, PLN berkomitmen mengoperasikan jaringan listrik yang telah dibangun Pemkab Mahulu di 5 lokasi, yakni Simpang Tikah ke Simpang Budaya, Kampung Ujoh Bilang ke Long Melaham, Sebenaq, kawasan perkotaan, dan depan Kantor Pariwisata ke Simpang PLTD.

Bonifasius juga berharap ke depannya semakin banyak masyarakat yang bisa menikmati listrik dan keandalan sistem kelistrikan semakin meningkat.

Saat ini, listrik untuk Ibu kota Kabupaten Mahulu disuplai oleh pembangkit milik PLN, yakni PLTD Long Bagun dengan daya mampu 1,36 MW beban puncak 0,66 MW.

Baca Juga: Dedieselisasi PLN Kunci Indonesia Capai Net Zero Emission 2060

Berita Terkini Lainnya