Comscore Tracker

Salam Tempel, Ini 5 Cara Aman Menukarkan Uang Menjelang Idulfitri

Tukar uang jadi tradisi tiap menjelang Lebaran

Jakarta, IDN Times - Banyak tradisi unik menjelang dan saat Hari Raya Idulfitri. Salah satunya adalah membagikan 'amplop' alias salam tempel kepada keluarga, kerabat, kawan, dan orang lain yang dekat dengan kita, terutama anak-anak.

Untuk salam tempel, kita membutuhkan uang dalam pecahan nilai kecil sebab kita biasanya membutuhkan lembaran uang jumlah banyak. Supaya lebih menarik yang dibagikan adalah uang baru.

Ini beberapa tips agar kamu bisa menukarkan uang menjadi pecahan kecil dengan mudah dan aman. Siap deh membagi-bagikan amplop "THR" di hari raya nanti. Apa saja yang perlu diingat sebelum menukar uang? 

1. Menitip tukar uang kepada teman yang bekerja di bank

Salam Tempel, Ini 5 Cara Aman Menukarkan Uang Menjelang IdulfitriKepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Tengah, Pribadi Santoso menunjukkan uang kartal baru seusai seusai meluncurkan program penukaran uang Rupiah untuk momen Ramadan dan Idul Fitri di Kantor Perwakilan BI Jateng, Rabu (21/4/2021). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Kamu bisa memanfaatkan teman kamu yang bekerja di bank untuk menukarkan uang. Cara ini sangat membantu kamu untuk menghemat waktu, apalagi jika kamu sedang sibuk bekerja. Maklum saja, saat ini karyawan kantor masih harus bekerja hingga awal Juni. Temanmu pasti mengerti akan kondisi yang kamu alami.

Selain itu, dengan cara ini kamu akan terhindar dari risiko mendapatkan uang palsu atau tertipu jumlah lembaran uang yang kurang. Tukar di bank tentu lebih aman ketimbang tempat penukaran informal. 

Baca Juga: 4 Kiat Berdagang ala Rasulullah, Berkah dan Laris Manis

2. Tukarkan uang di tempat yang resmi

Salam Tempel, Ini 5 Cara Aman Menukarkan Uang Menjelang IdulfitriPenukaran Uang baru diloket penukaran Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumbar. IDN Times/Andri NH

Bank Indonesia (BI) telah mengumumkan cara-cara penukaran uang tahun ini. Kamu bisa menukarkan uang langsung di mitra Bank Indonesia. Masa penukaran sudah dimulai sejak 12 April hingga 11 Mei 2021 dari pukul 09.00-14.00.

Secara keseluruhan, BI menyediakan penukaran uang baru Lebaran 2021 sebanyak Rp152,14 triliun. Ini meningkat 39,33 persen bila dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp109,20 triliun.

Ingat, kalau di penukaran resmi dari Bank Indonesia, kamu bisa lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya penukaran uang.

3. Hindari menukarkan uang melalui calo

Salam Tempel, Ini 5 Cara Aman Menukarkan Uang Menjelang IdulfitriIDN Times/Aan Pranata

Menjelang Lebaran, banyak sekali calo penukaran uang beredar. Apalagi di stasiun, terminal, maupun tempat-tempat umum lainnya. Meski sudah kepepet, sebaiknya hindari menukar uang melalui calo. Masalahnya, kamu harus membayar lebih besar dari uang nominal yang akan kamu tukar.

Selain itu, menukar uang dengan calo lebih berisiko. Bisa-bisa uang yang kamu terima ialah uang palsu. Alih-alih ingin berbagi malah terkena musibah. Jika tidak ingin keadaan itu terjadi, usahakan jangan pilih opsi ini ya!

4. Cari informasi tentang cara penukaran uang

Salam Tempel, Ini 5 Cara Aman Menukarkan Uang Menjelang IdulfitriIDN Times/Aan Pranata

Yang satu ini tidak boleh dilupakan, mengetahui syarat dalam penukaran uang memang menjadi kunci utama. Jangan sampai, sudah tiba dilokasi ternyata kamu ditolak untuk menukarkan uang pecahan.

Biasanya yang paling penting, kamu harus membawa kartu identitas resmi dan harus mengetahui berapa jumlah uang yang dapat ditukarkan. 

Tahun ini, kamu bisa cek lokasi penukaran dan cara selengkapnya di https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_239921.aspx

5. Tukar dari sekarang tak perlu menunggu sampai mepet Lebaran

Salam Tempel, Ini 5 Cara Aman Menukarkan Uang Menjelang IdulfitriDok. IDN Times/Istimewa

Tempat penukaran uang dengan pecahan nilai yang lebih kecil menjamur di mana-mana. Jika tidak ingin berdesak-desakan dengan demi menukar uang, sebaiknya lakukan mulai dari sekarang.

Dengan begitu kamu pun tidak akan tergesa-gesa dan memilih opsi tempat penukaran. Kadang ketika kepepet, kita terpaksa memilih tempat yang tidak resmi alias calo.

Itulah cara aman untuk menukarkan uang baru dengan pecahan kecil. Tentunya membuat penerima salam tempel lebih senang karena uang yang diterimanya masih baru. Lebih baik tukar sejak sekarang yuk!

Baca Juga: Jenis Investasi Syariah yang Patut Dicoba, dari Saham sampai Emas 

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya