Comscore Tracker

Jenis Investasi Syariah yang Patut Dicoba, dari Saham sampai Emas 

Millennial bisa coba nih

Jakarta, IDN Times - Investasi sebaiknya dimulai sejak dini. Kaum millennial pun juga perlu memiliki investasi, salah satunya adalah dengan investari syariah. Apalagi jika kamu ingin berinvestasi dengan prinsip-prinsip Islam atau tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam.

Apa saja jenis-jenis investasi syariah apa yang harus kamu ketahui? Yuk simak artikel berikut ini.

1. Saham syariah

Jenis Investasi Syariah yang Patut Dicoba, dari Saham sampai Emas Ilustrasi Aset (IDN Times/Mardya Shakti)

Ada beberapa macam saham syariah yang dapat kamu coba, kamu dapat menemukannya di Indeks Saham Syariah Indonesia, Jakarta Islamic Index dan Jakarta Islamic Index 70.

Indeks tersebut berisi kumpulan emiten atau perusahaan terbuka dengan bisnis yang tidak bertentangan dengan syariat Islam.

2. Reksadana syariah

Jenis Investasi Syariah yang Patut Dicoba, dari Saham sampai Emas Ilustrasi Investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Mengutip situs Tokopedia, bentuk investasi syariah lainnya adalah reksadana syariah. Pada reksadana syariah, perusahaan manajer investasi yang menghimpun dana dari para investor akan menginvestasikan uang pada instrumen seperti saham, obligasi dan produk pasar uang yang sesuai dengan prinsip syariah.

3. Obligasi syariah

Jenis Investasi Syariah yang Patut Dicoba, dari Saham sampai Emas Ilustrasi Harga Saham Naik (Bullish) (IDN Times/Arief Rahmat)

Masih mengutip sumber yang sama, meski tidak berbeda dibandingkan obligasi konvensional yang merupakan surat utang dalam jangka panjang, obligasi syariah hanya diterbitkan sesuai dengan prinsip syariah. Di Indonesia, obligasi syariah sering juga disebut dengan nama sukuk.

4. Emas syariah

Jenis Investasi Syariah yang Patut Dicoba, dari Saham sampai Emas Ilustrasi Emas Mulia (IDN Times/Arief Rahmat)

Emas merupakan investasi yang halal dan sesuai syariah Islam. Di era sekarang, kita juga mengenal investasi emas digital. Investasi jenis ini tergolong halal dengan sejumlah syarat seperti tidak menggunakan skema berbahaya seperti ponzi. Selain itu emas yang diinvestasikan benar-benar ada.

Itulah beberapa jenis investasi syariah yang ada dan bisa kamu lakukan. Kamu dapat meraih tujuan investasi sekaligus hati tenang karena sesuai dengan ajaran agama.

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya