Comscore Tracker

Calon Pengantin, Ini Tips Persiapkan Biaya Pernikahan dari Investasi 

Investasi dari hitungan bulan sampai tiga tahun

Jakarta, IDN Times - Pernikahan merupakan momen sakral yang membahagiakan. Tentu setiap pasangan menginginkan acara pernikahan yang meriah dan berkesan. Satu hal yang pasti, pernikahan butuh biaya.

Standar pernikahan pun bermacam-macam. Ada yang dilangsungkan secara sederhana, ada juga yang dilangsungkan secara mewah. Semua tergantung kesepakatan dari keluarga masing-masing mempelai.

Perencana Keuangan Finansialku, Shierly, menyarankan sebaiknya dana pernikahan disesuaikan dengan kemampuan keuangan dari masing-masing pasangan dan pihak keluarga.

"Karena kebutuhan setelah pernikahan cenderung banyak dan tidak terduga, jadi sebaiknya hindari awal kehidupan pernikahan kamu dengan mencicil utang dan membayar bunga utang dari dana pernikahan kamu,” kata Shierly kepada IDN Times, Rabu (17/2/2021).

Nah, bagaimana kalau pernikahan kamu dibiayai oleh hasil investasimu sendiri? Pasti jadi lebih hemat dong. Tabungan yang kamu miliki jadi bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain, misalnya rumah, mobil atau untuk persiapan masa depan anak-anakmu nanti.

Berikut IDN Times rangkum tips dari Finansialku untuk memilih investasi yang bisa dijadikan biaya pernikahan kamu.

Baca Juga: Cuma Punya Rp25 Juta, Mau Menikah? Ini Tipsnya

1. Investasi untuk pasangan yang ingin menikah kurang dari satu tahun

Calon Pengantin, Ini Tips Persiapkan Biaya Pernikahan dari Investasi Pernikahan di tengah pandemik virus corona di Indonesia (IDN Times/Candra Irawan)

Jika kamu berencana menikah dalam jangka pendek atau kurang dari satu tahun, maka sebaiknya berinvestasi di produk investasi yang rendah risiko dan likuid atau bisa dicairkan sewaktu-waktu. Misalnya deposito atau reksa dana pasar uang. Karena biasanya dalam persiapan dana pernikahan, ada beberapa biaya yang dibayar DP atau berapa kali cicilan.

"Jika aset investasi tersebut likuid, dananya akan mudah untuk ditarik untuk bayar biaya pernikahan," ucap Shierly.

Kenapa perlu tempatkan investasi di aset rendah risiko? agar dananya tidak mengalami rugi besar seandainya kondisi perekonomian sedang berfluktuatif.

Baca Juga: Penolong saat Krisis, Ini Cara Menghitung Dana Darurat untuk Keluarga 

2. Investasi untuk pasangan yang akan menikah dalam jangka waktu 1-3 tahun

Calon Pengantin, Ini Tips Persiapkan Biaya Pernikahan dari Investasi Ilustrasi Menikah (IDN Times/Arief Rahmat)

Jika rencana menikahmu dilakukan dalam jangka 1-3 tahun, maka bisa berinvestasi di produk investasi dengan risiko moderat. Contohnya reksadana pendapatan tetap atau P2P lending.

"Jika rencana menikahnya dalam jangka menengah menuju panjang atau lebih dari 3 tahun, maka bisa berinvestasi di produk investasi dengan risiko agresif, misalnya reksadana campuran, reksa dana saham, atau saham," ujar Shierly.

3. Perhatian beberapa hal ini sebelum berinvestasi

Calon Pengantin, Ini Tips Persiapkan Biaya Pernikahan dari Investasi Ilustrasi Diversifikasi Investasi (IDN Times/Shemi)

Kamu dan pasangan harus memperhatikan beberapa hal sebelum berinvestasi atau menabung:

  1. Hitung estimasi jumlah dana pernikahan yang diperlukan. Keterbukaan antar pasangan mengenai cita-cita atau standar pernikahan dan tuntutan keluarga atau relasi.
  2. Pastikan keuangan kamu dan pasangan aman. Lakukan financial check-up atau berkonsultasi pada perencana keuangan untuk memastikan keamanan keuangan. Ciri-ciri keuangan kamu aman adalah: arus kas positif, dana darurat cukup, cicilan hutang aman, dan punya perlindungan risiko (asuransi).
  3. Modal investasi sebaiknya dari dana dingin. Artinya bukan dari pinjaman, dana darurat, ataupun uang untuk pengeluaran sehari-hari atau uang untuk bayar kewajiban kamu.
  4. Berinvestasi sesuai dengan perhitungan tujuan keuangan. Jika kamu mampunya baru bisa menyisihkan dana kecil, maka tidak apa. Mulai dari dana yang kecil dan terus belajar dalam berinvestasi.

Itulah sejumlah tips mempersiapkan dana pernikahan dari hasil investasi sehingga kamu dan keluarga tak sampai berutang demi menggelar resepsi. Semoga sukses ya acara pernikahanmu dengan kekasih. 

Baca Juga: Hemat Biaya Resepsi, Pengantin Baru Perlu Siapkan 6 Kebutuhan Dana Ini

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya