Comscore Tracker

Investasi Masyarakat Bergeser dari Perhiasan ke Emas Batangan 

Pasca pandemik, penjualan emas Antam alami peningkatan

Balikpapan, IDN Times - Tren investasi dengan emas kini mulai meningkat. Menariknya, jika sebelumnya masyarakat berinvestasi menggunakan emas perhiasan, namun dalam lima tahun terakhir tampaknya tren tersebut mulai bergeser.

General Manager PT Aneka Tambang (Antam) Tbk Purwanto mengungkapkan, masyarakat saat ini mulai menabung dengan menggunakan emas batangan.  "Penggunaan emas batangan ini mengalami pertumbuhan sebesar 30-40 persen apalagi di masa pandemik, berarti ada pergeseran tren di emas perhiasan ke emas batangan," terang Purwanto dalam konferensi pers  di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (20/9/2022).

1. Target penjualan 260 kg setahun

Investasi Masyarakat Bergeser dari Perhiasan ke Emas Batangan Konferensi pers BELM Balikpapan, relokasi butik ke BSB (IDN Times/Riani Rahayu)

Secara general, customer PT Antam Tbk di retail bisa melayani 90-an transaksi pengajuan tabungan emas dalam sehari. Hal itu diungkapkan, Digital Trading Retail Region I Manager Ganjar Sulastomo, retail emas Antam di Balikpapan memiliki target cukup besar yakni 260 kilogram dalam setahun untuk penjualan di Kota Minyak.

"Alhamdulillah, masyarakat di Balikpapan dan sekitarnya (pembelian emas) cukup banyak, bahkan ada yang melakukan pemesanan melalui website," jelasnya.

Untuk rentang usia yang melakukan transaksi pembelian emas Antam adalah usia produktif, usia antara 30 sampai 40 tahun.

Baca Juga: Balikpapan Operasikan Ekskavator Amfibi Rp4 M untuk Atasi Banjir

2. Penjualan emas Antam lebihi target di September 2022

Investasi Masyarakat Bergeser dari Perhiasan ke Emas Batangan Emas antam logam mulia PT Antam Tbk (dok. Istimewa)

Tingginya minat investasi emas ini juga dipengaruhi pasca pandemik, di mana harga logam mulia mulai turun mengikuti suku bunga dan dolar. Kepala Cabang PT Antam Balikpapan Setyo Ardi Putro mengatakan, Butik Emas Logam Mulia (BELM) Balikpapan mengalami peningkatan penjualan yang cukup tinggi.

"Di Balikpapan pasarnya secara daya beli bagus dan ekonomi bisa potensi besar, BELM Balikpapan target 21,6 kilogram setiap bulannya, tetapi karena di September 2022 ini penjualan sudah melebihi target yang ditentukan maka target dinaikkan menjadi 30 kilogram," bebernya.

3. Relokasi ke pusat berkumpulnya masyarakat

Investasi Masyarakat Bergeser dari Perhiasan ke Emas Batangan e-Walk dan Mal Pentacity di Balikpapan Super Block (IDN Times/Mela Hapsari)

Dalam peresmian relokasi BELM Balikpapan yang berlokasi di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, ruko BSB ini turut dihadiri General Manager PT Antam Tbk UBPP Logam Mulia, Purwanto, Sales Senior Manager UBPP Logam Mulia Antam, Yudi Hermansyah dan Ganjar Sulastomo Digital Treding Manager PT Antam Tbk UBPP Logam Mulia.

Selain itu sejumlah promo menarik juga diberikan BELM Balikpapan hingga 24 September 2022 mendatang. Selain mendapatkan harga pabrik dalam pembelian LM, juga gratis menjadi anggota brankas LM untuk tahun pertama, bahkan konsumen bisa mendapatkan voucer belanja dan suvenir menarik.

"Alasan kami relokasi butik ini ke BSB, salah satunya adalah kami ingin mengoptimalkan pelayanan ke masyarakat sehingga kami mencari tempat yang menjadi titik berkumpulnya masyarakat," tutup Yudi Hermansyah. 

Baca Juga: Perempuan Penjaga Keselamatan Program Pemeliharaan Kilang Balikpapan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya