Comscore Tracker

Hindari 4 Kesalahan Ini dalam Penggunaan Kartu Kredit, Hati-hati!

Jangan sampai bikin utang membengkak

Jakarta, IDN Times - Kartu kredit memang memiliki banyak kegunaan. Selain sebagai alat pembayaran, banyak promo yang ditawarkan. Meskipun begitu, jika tak bijak menggunakan kartu kredit malah bisa menimbulkan masalah untuk keuanganmu.

Beragam konsekuensi menyebalkan bisa kamu dapatkan ketika salah menggunakan kartu kredit. Hal ini pun biasanya terjadi baik secara sadar maupun tidak sadar dan tahu-tahu kamu memiliki utang membengkak akibat penggunaan kartu kredit yang salah.

Berikut ini beberapa kesalahan dalam menggunakan kartu kredit yang bisa saja kamu lakukan. Makanya waspada ya!

1. Tidak membayar tagihan tepat waktu

Hindari 4 Kesalahan Ini dalam Penggunaan Kartu Kredit, Hati-hati!Ilustrasi Tagihan (IDN Times/Mardya Shakti)

Kesalahan pertama dalam menggunakan kartu kredit yang pertama adalah terlambat membayar tagihan. Pengguna kartu kredit pada dasarnya memahami bahwa mereka terancam harus membayar biaya keterlambatan yang nilainya tidak kecil ketika tidak tepat waktu dalam membayar tagihan.

Namun, hal itu nampaknya belum cukup menjadi pengingat bagi pengguna kartu kredit. Selain terancam denda yang besar, pembayaran tagihan kartu kredit tidak tepat waktu juga dapat mengurangi nilai kredit para penggunanya.

Untuk menghindari keterlambatan pembayaran tagihan, kamu bisa memanfaatkan fitur pembayaran otomatis dari bank penerbit kartu kredit. Fitur ini bisa kamu peroleh ketika kamu mendapatkan penawaran dari bank lewat surat elektronik alias surel atau e-mail.

Baca Juga: 5 Tips agar Tak Terjebak Tagihan Kartu Kredit yang Melambung Tinggi

2. Tidak memprioritaskan pembayaran kartu kredit

Hindari 4 Kesalahan Ini dalam Penggunaan Kartu Kredit, Hati-hati!Ilustrasi credit (IDN Times/Arief Rahmat)

Kesalahan berikutnya dalam menggunakan kartu kredit adalah memprioritaskan pembayaran tagihan lain daripada tagihan kartu kredit.

Tagihan atau pinjaman lain seperti KTA atau lainnya kerap didahulukan karena jumlahnya yang lebih besar daripada tagihan kartu kredit. Hal itu sebenarnya salah kaprah mengingat beban bunga pada kartu kredit lumayan besar, yakni 2 hingga 3 persen dalam satu bulan.

Jika kamu menunda-nunda pembayaran tagihan kartu kredit, maka bayangkan berapa besar bunga yang harus kamu tanggung. Utang kartu kredit bisa semakin bertambah besar dengan adanya biaya keterlambatan pembayaran yang juga lumayan menguras kantongmu.

3. Tidak peduli pada jumlah yang ditagihkan oleh bank setiap bulannya

Hindari 4 Kesalahan Ini dalam Penggunaan Kartu Kredit, Hati-hati!Ilustrasi Kartu Kredit (IDN TImes/Umi Kalsum)

Hal berikutnya yang menjadi kesalahan dalam penggunaan kartu kredit adalah ketidakpedulian terhadap jumlah tagihan tiap bulan. Padahal dengan melihat jumlah tagihan tiap bulan, kamu selaku pengguna kartu kredit dapat mengindentifikasi segala kesalahan tagihan yang seharusnya tidak kamu bayar, misalnya penagihan ganda, atau lainnya.

Hakmu sebagai pengguna kartu kredit untuk menyanggah ketika ada merchant atau perbankan yang melakukan penagihan di luar apa yang telah kamu gunakan.

4. Mengabaikan skor kredit yang dimiliki

Hindari 4 Kesalahan Ini dalam Penggunaan Kartu Kredit, Hati-hati!Pexels/energepic.com

Kesalahan lainnya adalah tidak mengindahkan skor kredit milik sendiri. Skor kredit dapat diketahui dengan melihat laporan kredit. Kamu pun sebagai pemegang kartu kredit memiliki hak untuk melihat laporan tersebut setidaknya sekali dalam setahun.

Skor kredit pun bisa kamu awasi secara gratis melalui layanan yang ditawarkan oleh pihak bank penerbit kartu kreditmu.

Itulah sejumlah kesalahan dalam penggunaan kartu kredit yang bisa berujung utang membengkak. Gunakan kartu kreditmu secara bijak agar kondisi finansialmu tetap aman. 

Baca Juga: Anti Tekor, Pengguna Kartu Kredit Wajib Perhatikan 4 Hal ini

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya