Comscore Tracker

Subsidi Listrik Rp457 Triliun untuk Warga Miskin dan Usaha Kecil 

Membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat

Balikpapan, IDN Times - PT PLN (Persero) telah menyalurkan subsidi listrik sebesar Rp457 triliun bagi masyarakat kurang mampu dan pelaku usaha kecil dalam upaya pengentasan kemiskinan, selama 2014-2021. Ini membuktikan, negara hadir dengan menyediakan pasokan energi yang andal dan terjangkau mendukung perekonomian masyarakat dan pertumbuhan usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM). 

Seorang warga Pekanbaru bernama Nuraini terbantu adanya subsidi listrik dari negara ini. Ia pelanggan daya 450 Volt Ampere (VA) dan memiliki usaha rumahan, menjual sarapan pagi dan gorengan di Pekanbaru. Wanita berusia 45 tahun ini pun mengapresiasi pemerintah dan PLN karena telah mendukung dunia usaha kecil seperti dirinya.

"Dengan subsidi listrik yang diberikan kepada UMKM seperti kami ini sangat membantu meringankan biaya beban hidup kami di tengah susahnya mendapatkan pekerjaan," ujar ibu 3 anak tersebut dalam pers rilis PLN, Senin (13/6/2022). 

1. Pelaku usaha warung kopi di Cikapundung ikut merasa terbantu

Subsidi Listrik Rp457 Triliun untuk Warga Miskin dan Usaha Kecil Ilustrasi Pelanggan PLN (Dok. PLN)

Subsidi energi listrik ini memperoleh respons seragam dari masyarakat kelompok ekonomi menengah bawah. Mereka merasa terbantu dan sangat bersyukur mendapatkan subsidi listrik.

Rasa syukur juga diutarakan oleh Nining yang membuka usaha warung kopi di daerah Cikapundung, Bandung, Jawa Barat. Menurutnya bantuan dari pemerintah yang disalurkan melalui PLN sangat membantu usahanya maupun kehidupan sehari-hari.

"Alhamdulillah dengan adanya subsidi dari pemerintah melalui PLN, biayanya lebih murah dan terbantu," ucap dia.

Baca Juga: PLN Pasok Listrik Tegangan Tinggi untuk Smelter Nikel di Kukar

2. Rasa syukur dari para warga di Pasuruhan

Subsidi Listrik Rp457 Triliun untuk Warga Miskin dan Usaha Kecil Ilustrasi pelanggan PLN dari kelompok ekonomi menengah ke bawah. Foto PLN

Sedangkan Imam Syafi'i, Warga Pasuruan, Jawa Timur yang mendapatkan subsidi untuk golongan pelanggan 450 VA juga merasa sangat terbantu.

"Terima kasih kepada pemerintah yang telah menyediakan subsidi bagi pelanggan 450 VA, selalu mendukung masyarakat yang tidak mampu. Semoga pelanggan daya 450 VA terus mendapatkan subsidi dari pemerintah," katanya. 

Subsidi listrik memang sangat dibutuhkan bagi pelaku UMKM dalam memproduksi barangnya. Keberadaan subsidi ini tentunya mampu menekan biaya produksi sehingga bisa mengurangi harga produk pada masyarakat. 

Sehingga harga produk pun bisa terjangkau masyarakat. 

3. PLN terus berinovasi untuk menghadirkan pasokan listrik yang andal

Subsidi Listrik Rp457 Triliun untuk Warga Miskin dan Usaha Kecil Ilustrasi PLN dalam penyaluran subsidi listrik kepada pelanggan kelompok menengah ke bawah. Foto PLN

Sementara itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan, di tengah kondisi ekonomi global yang menyebabkan naiknya beberapa komoditas utama, PLN terus berinovasi untuk menghadirkan pasokan listrik yang andal dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Melalui akses listrik yang andal dan terjangkau, PLN ingin memastikan ada pergerakan ekonomi di seluruh lapisan masyarakat," sebutnya.

Melihat kondisi terkini, dia menambahkan, perseroan pun melakukan beragam langkah efisiensi dan inovasi di berbagai lini bisnis melalui program transformasi yang sejalan dengan gerakan transformasi BUMN sejak April 2020. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi beban subsidi yang harus ditanggung oleh pemerintah.

"Strategi ini dilakukan untuk menjaga keadilan tarif bagi masyarakat kurang mampu, UMKM, serta sektor industri, tanpa membebani anggaran negara sepenuhnya," jelasnya.

Baca Juga: Dua Tahun Ditiadakan, Balikpapan Wonderland Carnival Kembali Digelar

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya