Comscore Tracker

4 Hal Soal Tabungan Emas, Investasi Aman bahkan di Saat Krisis

Tabungan emas relatif stabil dan minim risiko

Jakarta, IDN Times - Investasi harus dilakukan untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik secara finansial. Tabungan emas merupakan salah satu instrumen investasi yang menarik, terutama dalam kondisi perekonomian yang tidak stabil seperti sekarang ini. Kamu bahkan bisa menabung emas dengan cara mencicil.

Menabung emas adalah sebuah cara berinvestasi yang dinilai paling aman. Hal yang dipercaya menjadi keunggulan dari tabungan emas adalah minimnya risiko. Berikut ini empat hal yang harus diperhatikan apabila kamu tertarik untuk membuat tabungan emas. Yuk, baca sampai habis!

1. Kestabilan harga emas

4 Hal Soal Tabungan Emas, Investasi Aman bahkan di Saat KrisisIlustrasi Emas Mulia (IDN Times/Arief Rahmat)

Dikutip dari sikapiuangmu.ojk.go.id emas yang termasuk ke dalam logam mulia merupakan salah satu instrumen investasi dengan nilai terjaga. Untuk kamu yang ingin membuka tabungan emas, disarankan untuk rajin mengecek pergerakan harga emas. Hal tersebut agar kamu selalu up to date dengan harga emas. 

2. Saldo tabungan emas dapat dijual kembali

4 Hal Soal Tabungan Emas, Investasi Aman bahkan di Saat Krisispexels.com/Michael Steinberg

Saat nasabah membutuhkan dana tunai, saldo titipan emas bisa dijual kembali atau buy back. Fasilitas ini disediakan seperti di PT Pegadaian yang menawarkan investasi emas.

PT Pegadaian memperbolehkan nasabahnya menjual kembali saldo titipan emas dengan syarat minimal penjualan 1 gram. Dengan penjualan itu, nasabah dapat menerima uang tunai sebesar harga acuan emas yang berlaku saat terjadinya transaksi.

Baca Juga: Tips Kelola Uang supaya Bisa Punya Rumah Sebelum Usia 30 Tahun

3. Syarat untuk mencetak emas

4 Hal Soal Tabungan Emas, Investasi Aman bahkan di Saat KrisisIlustrasi emas, logam mulia (IDN Times/Sunariyah)

Dalam melakukan pencetakan emas, setiap perusahaan memiliki persyaratannya masing-masing. Seperti yang dilakukan oleh PT Pegadaian, nasabah dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping 1 gram, 2 gr, 5 gr, 10 gr, 25 gr, 50 gr, dan 100 gr.

Namun, nasabah harus membayar biaya cetak sesuai dengan kepingan yang dipilih. Update harga cetak bisa selalu dilihat di website PT Pegadaian.

4. Konsisten dalam menabung

4 Hal Soal Tabungan Emas, Investasi Aman bahkan di Saat KrisisIlustrasi emas batik truntum (Dok. LM Antam)

Agar investasimu sesuai target kamu harus disiplin dan berkomitmen penuh. Tabungan emas khususnya, jangan mudah tergiur untuk cepat menjual kembali saldo titipan. Perlu kesabaran agar saldo titipan cukup dan keinginan kamu untuk pegang kepingan emas menjadi kenyataan, kan? 

Lakukan investasi sejak dini bahkan dengan cara mencicil pun kita bisa memiliki emas. Yuk, mulai nabung emas. 

Baca Juga: Cara Meraih Merdeka Finansial di Masa Pandemik Virus Corona

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya