Comscore Tracker

Hemat Biaya Resepsi, Pengantin Baru Perlu Siapkan 6 Kebutuhan Dana Ini

Resepsi sederhana saja, simpan uangmu untuk setelah menikah 

Menikah memang membahagiakan. Banyak persiapan untuk resepsi yang seringkali memakan biaya tinggi. Selain untuk resepsi kamu mesti mempertimbangkan ada kebutuhan rumah tangga yang perlu kamu siapkan setelah menikah, baik untuk jangka pendek, menengah, dan panjang.

Karena pernikahan tidak berjangka 5 atau 10 tahun, tetapi seumur hidup. Maka dari itu, 6 biaya pengeluaran pasca menikah di bawah ini perlu untuk kamu tahu ya.

1. Dana untuk membeli rumah

Hemat Biaya Resepsi, Pengantin Baru Perlu Siapkan 6 Kebutuhan Dana Iniunsplash/Scott Webb

Setelah menikah, tentunya kamu dan pasangan tidak mungkin jika harus satu rumah terus dengan orangtua. Ketika kamu memutuskan menikah, maka kamu harus bisa hidup mandiri. Sedangkan, biaya untuk membeli rumah cukup mahal!

Jadi kamu dan pasangan perlu mempersiapkan budget yang besar untuk membeli rumah baru untuk keluarga kecilmu. 

Baca Juga: Millennials, Ini 3 Jenis Proteksi Asuransi yang Wajib Kamu Punya 

2. Mengisi perabotan rumah

Hemat Biaya Resepsi, Pengantin Baru Perlu Siapkan 6 Kebutuhan Dana IniUnsplash/Minh Pham

Setelah membeli rumah baru, kamu perlu mengeluarkan budget lagi untuk membeli seluruh perabotan rumah, mulai dari kitchen set, sofa, kasur, sampai cat rumah. Sudah berani hitung kira-kira habis budget berapa? 

3. Biaya persalinan

Hemat Biaya Resepsi, Pengantin Baru Perlu Siapkan 6 Kebutuhan Dana IniIlustrasi ibu hamil (Unsplash/ Ömürden Cengiz)

Setelah menjadi pasangan suami istri, tentu kamu mengharapkan kehadiran buah hati. Kamu wajib tahu, biaya persalinan saat ini tidak lagi murah, lho! Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan biaya lebih untuk membeli pakaian dan kebutuhan lain untuk bayimu kelak.

4. Menambah dana darurat

Hemat Biaya Resepsi, Pengantin Baru Perlu Siapkan 6 Kebutuhan Dana Iniilustrasi. (IDN Times/Mela Hapsari)

Kebutuhan tidak terduga pasca menikah memang banyak terjadi. Kamu tidak akan pernah menduga, jadi perlu dipersiapkan mulai sekarang ya. Bicarakan juga dengan pasangan kamu mengenai dana darurat dalam rumah tangga kamu. Besarnya dana darurat yang perlu kamu siapkan sekitar 6 kali pengeluaran bulanan keluarga barumu.

5. Asuransi keluarga

Hemat Biaya Resepsi, Pengantin Baru Perlu Siapkan 6 Kebutuhan Dana Iniunsplash/Natasha Spencer

Hal-hal buruk bisa saja datang tanpa diundang. Walaupun kita bersikeras untuk menghindari, tapi hal ini bisa saja terjadi. Asuransi keluarga adalah jawaban untuk meminimalisir resiko keterpurukan di keluargamu. Jadi, penting ya untuk menyisihkan budget untuk hal ini. Setidaknya kamu dan pasangan perlu asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

6. Menabung untuk dana pensiun

Hemat Biaya Resepsi, Pengantin Baru Perlu Siapkan 6 Kebutuhan Dana Iniunsplash/Aliv Takil

Untuk kamu yang sudah bekerja dan pekerjaanmu tidak menjamin dana pensiun, kamu dan pasangan perlu menyisihkan budget dari gaji untuk dana pensiun. Tentunya, ketika semakin tua, kamu juga ingin tetap hidup sejahtera dan tak membebani anakmu kelak.

Oleh karena itu sejak awal menikah, sebaiknya bicarakan tentang persiapan dana pensiun ini dengan pasangan. Lebih dini menabung untuk dana pensiun akan semakin ringan dan mudah mencapai target dana yang kamu perlukan untuk pensiun.

Yuk, jangan lagi terlalu fokus pada kebutuhan resepsi pernikahan. Tapi mulai pertimbangkan 6 hal di atas ya yang semuanya memerlukan dana besar setelah pernikahan.

Baca Juga: 5 Jenis Investasi dengan Modal Minim, Kamu Sudah Punya?

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya