Comscore Tracker

Millennials, Ini 3 Jenis Proteksi Asuransi yang Wajib Kamu Punya 

Meski masih muda lindungi diri dan asetmu sejak dini

Jakarta, IDN Times - Generasi millennials tak hanya mesti cerdas berinvestasi atau menabung demi masa depan, namun juga perlu memiliki perlindungan dari produk asurasi.

Seperti pepatah, sedia payung sebelum hujan, dengan memiliki asuransi kamu bisa mengantisipasi suatu keadaan yang tidak diinginkan, baik di masa sekarang maupun di masa mendatang.

Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu memiliki asuransi. Di antaranya akan terlindungi dari beban biaya akibat sakit, kecelakaan, bahkan hingga kematian.

Nah agar kamu tidak salah pilih, berikut jenis asuransi yang wajib kamu miliki sejak usia muda.

1. Asuransi kesehatan

Millennials, Ini 3 Jenis Proteksi Asuransi yang Wajib Kamu Punya Ilustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

CEO Perencana Keuangan, Finansialku Melvin Mumpuni menjelaskan, asuransi yang sangat penting dimiliki oleh generasi millennials ialah asuransi kesehatan. Sebab, setiap orang bisa mengalami sakit dan dirawat di rumah sakit.

"Jika kita tidak memiliki proteksi, khususnya asuransi kesehatan maka biaya berobat bisa merusak keuangan kita," katanya kepada IDN Times, Minggu (27/9/2020).

Apabila kamu sudah memiliki fasilitas dari kantor, kamu harus bersyukur. Meskipun begitu, kamu perlu lakukan pengecekan apa saja fasilitas yang diberikan dan apakah sudah seperti kebutuhanmu. 

Baca Juga: Bukan Cuma Foya-foya, Ini 6 Cara Mengelola Uang Untukmu yang Single

2. Asuransi jiwa

Millennials, Ini 3 Jenis Proteksi Asuransi yang Wajib Kamu Punya Pixabay.com/Geralt

Menurut Melvin asuransi jiwa sangat diperlukan oleh anak muda, terutama bagi yang punya tanggungan seperti pasangan, anak, juga orangtua. Ini juga perlu dimiliki oleh kamu yang akan segera menikah dalam waktu dekat. Menurut dia asuransi jiwa ini penting, karena orang yang menjadi tanggunganmu tersebut bergantung pada income kamu.

Dia mencontohkan, seandainya orang yang menjadi tulang punggung keluarga meninggal, maka ada sejumlah dana bernama uang pertanggungan asuransi jiwa, bisa digunakan untuk menjadi pengganti penghasilan keluarga yang ditinggalkan.

3. Asuransi kendaraan

Millennials, Ini 3 Jenis Proteksi Asuransi yang Wajib Kamu Punya Ilustrasi mobil listrik Tesla (www.tesla.com)

Saat ini banyak sekali millennials yang sudah memiliki kendaraan pribadi, seperti motor hingga mobil, sehingga millennials tidak boleh melewatkan jenis asuransi kendaraan. Dengan adanya produk ini, risiko kerusakan, misalnya saat terjadi kecelakaan, serta apabila kendaraan yang diasuransikan hilang maka kamu akan mendapatkan ganti rugi.

Itulah sejumlah asuransi yang perlu dimiliki oleh millennials. Meskipun masih muda, proteksi asuransi sangat penting untukmu. Selain tiga jenis asuransi ini masih banyak jenis produk atau perlindungan lainnya yang bisa kamu dapatkan dari asuransi. 

Baca Juga: 4 Cara Mengatur Keuangan Sehat, Tetap Bertahan saat Hadapi Resesi

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya