Comscore Tracker

Gimana Sih Cek Aktif atau Tidaknya BPJS Ketenagakerjaan? Ini Caranya 

Pastikan kamu sudah mendaftar ya

Samarinda, IDN Times - Pemerintah telah menggulirkan Bantuan Subsidi Upah (BSU). Subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan ini telah dilakukan pada Agustus lalu dan menyasar ke 15,7 juta pekerja. Adapun bantuan subsidi gaji ini diberikan senilai Rp2,4 juta yang akan disalurkan per dua bulan ke rekening masing-masing pekerja. Jadi, setiap pekerja akan mendapat Rp1,2 juta per dua bulan.

Bantuan ini mensyaratkan pekerja harus memiliki gaji di bawah Rp5 juta, Warga Negara Indonesia (WNI), terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan pada Juni 2020, memiliki rekening dan bukan karyawan BUMN atau PNS.

Nah, berhubung salah satunya adalah peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan, coba deh kamu cek, kepesertaan kamu masih aktif atau tidak? IDN Times merangkum cara mengeceknya.

1. Melalui Aplikasi BPJSTK Mobile

Gimana Sih Cek Aktif atau Tidaknya BPJS Ketenagakerjaan? Ini Caranya https://www.instagram.com/

a. Peserta harus mengunduh aplikasi BPJSTK Mobile di Android, iOS. Setelah mengunduh, peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan PIN.

b. Syarat registrasi di aplikasi BPJSTK Mobile antara lain Nomor KPJ (tertera di kartu BPJS Ketenagakerjaan), NIK e-KTP, dan tanggal lahir, dan nama.

c. Setelah terdaftar dan login, peserta dapat mengetahui status kepesertaan BPJAMSOSTEK. Selanjutnya pilih di "Kartu Digital".

d. Setelah muncul tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan, klik di tampilan tersebut, bagian bawah akan terlihat status kepesertaan BPJS TK (aktif/tidak aktif).

 

Baca Juga: Beda Menabung Vs Investasi, Cuan yang Mana, nih?

2. Cek melalui website

Gimana Sih Cek Aktif atau Tidaknya BPJS Ketenagakerjaan? Ini Caranya https://www.instagram.com/

BPJSTKU, adalah layanan untuk peserta khusus tenaga kerja untuk- mendapatkan informasi Saldo JHT dan Rincian Saldo JHT tahunan. Tersedia juga informasi Profil perserta, simulasi Saldo JHT dan Formulir pengajuan Klaim online.

Bila kamu lupa email dan kaa sandi, hubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan 175.

a. Pertama, bila kamu telah masuk ke website https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, masukkan email dan kata sandi yang ada di kolom user

b. Setelah masuk, kemudian pilih menu layanan

Bagaimana bila belum registrasi?

a. Masuk ke website yang sama, lalu pilih menu registrasi

b. Selanjutnya, kamu harus mengisi formulir sesuai dengan data nomor KPJ Aktif, nama, tanggal lahir, nomor e-KTP, nama ibu kandung, nomor ponsel, dan email.

c. Setelah berhasil, kamu akan mendapatkan PIN yang dikirim melalui email dan SMS dari nomor ponsel yang didaftarkan. Gunakan PIN tersebut untuk melakukan log in

3. Melalui pesan singkat

Gimana Sih Cek Aktif atau Tidaknya BPJS Ketenagakerjaan? Ini Caranya bpjsketenagakerjaan.go.id

Selain melalui aplikasi dan website, kamu juga bisa mengetahui kepesertaan kamu di BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak melalui SMS atau pesan singkat. Namun, cara ini sebenarnya digunakan untuk mengecek saldo JHT kamu. Dari pemberitahuan saldo tersebut, kamu bisa mengetahui status kepesertaannya.

Berikut caranya:

Ketik DAFTAR (spasi)SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal lahir#Nomor peserta, lalu kirim ke 2757. Untuk tanggal lahir gunakan format hari-bulan-tahun.

4. Melalui kantor cabang

Gimana Sih Cek Aktif atau Tidaknya BPJS Ketenagakerjaan? Ini Caranya bpjsketenagakerjaan.go.id

Cara ini umum dilakukan oleh banyak peserta. Namun, dalam kondisi pandemik COVID-19 saat ini, disarankan untuk mengeceknya secara daring saja.

Bila terpaksa harus melakukannya secara tatap muka, patuhi protokol kesehatan yang berlaku. Jangan lupa membawa persyaratan untuk mengecek status kepesertaan kamu seperti KTP dan Kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga: 4 Cara Ini Bikin Kamu Mengerti Cara Daftar GoFood

Topic:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya