Comscore Tracker

Gaya Hidup Frugal Living, Cara Cermat Penuhi Kebutuhan dan Hemat Uang

Cocok nih untuk yang suka 'gelap mata' gara-gara diskon

Jakarta, IDN Times - Diskon memang menggoda dan bikin kalap. Tidak sedikit dari kita yang kemarin memborong banyak belanjaan ketika Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 11.11. Jangankan Harbolnas, kadang melihat diskon besar lainnya kita juga sering dan mudah membeli barang, padahal sebenarnya barang itu tidak terlalu kira perlukan. Jangan diteruskan, gaya hidup boros bisa membuat kita menyesal di kemudian hari.

"Gaya hidup yang boros akan berdampak tidak baik terhadap kesehatan keuangan kamu," kata perencanaan keuangan Finansialku.com, Widya Yuliarti dalam keterangan tertulisnya kepada IDN Times.

Biar bisa lebih baik dalam mengelola keuangan, kamu bisa mencoba gaya hidup frugal living. Apa sih frugal living dan keuntungannya buat kita?

1. Frugal living itu apa?

Gaya Hidup Frugal Living, Cara Cermat Penuhi Kebutuhan dan Hemat Uangilustrasi uang (IDN Times/Mela Hapsari)

Menurut Widya, frugal living itu adalah konsep hidup dalam pengaturan keuangannya dan hanya membeli barang yang sesuai dengan kebutuhannya dengan harga paling termurah. Sebenarnya dengan cara ini kita bisa belajar hidup hemat, tidak boros dan juga tetap memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Frugal living akan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan keuangan kita. Banyak yang rela untuk berutang karena keinginan untuk membeli barang yang diinginkan bukan untuk kebutuhan utama. Kita harus bijak menggunakan dan mengelola keuangan pribadi, agar kita dapat hidup sejahtera tanpa lilitan utang di mana-mana," kata Widya.

Di bawah ini adalah tips agar kita bisa menerapkan gaya hidup frugal living.

Baca Juga: 5 Jenis Investasi dengan Modal Minim, Kamu Sudah Punya?

2. Buat dan catat daftar kebutuhan kamu

Gaya Hidup Frugal Living, Cara Cermat Penuhi Kebutuhan dan Hemat UangIlustrasi Belanja E-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Widya membagikan beberapa tips yang mudah dilakukan. Pertama, buatlah rincian atau list kebutuhan bulanan kamu. Kedua, mulailah membiasakan diri untuk membuat anggaran keuangan.

Jika tidak ada anggaran untuk membeli anggaran saat ini, kamu bisa menganggarkan untuk membeli barang tersebut bulan depan. "Jangan sampai kamu menggunakan uang untuk membeli kebutuhan sehari-hari demi membeli barang yang kamu inginkan," katanya.

3. Jangan jadi korban diskon, manfaatkan diskon untuk membeli barang yang dibutuhkan

Gaya Hidup Frugal Living, Cara Cermat Penuhi Kebutuhan dan Hemat UangIlustrasi Promo/Diskon (IDN Times/Arief Rahmat)

Ketiga adalah manfaatkan diskon atau promo hanya untuk membeli kebutuhan saja. Widya menyarankan kamu bisa memulai untuk membiasakan diri untuk mencatatan keuangan harian di buku catatanmu atau mencatat di aplikasi pencatatan keuangan.

"Dengan gaya hidup frugal living, kamu jadi tidak mengeluarkan uang untuk keinginan semata, pengeluaran lebih terkontrol dan bisa menabung sebanyak banyaknya tanpa mengganggu kebutuhan sehari-hari," kata Widya.

Baca Juga: Millennials, Ini 3 Strategi Bertahan agar Bisnismu Kuat Hadapi Resesi

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya