Comscore Tracker

Investor Pemula Ini 3 Cara Mudah Membeli Saham, Siap-siap Cuan! 

Lengkapi semua persyaratannya, ya!

Jakarta, IDN Times - Saham menjadi instrumen menarik untuk berinvestasi karena hasil yang tinggi. Namun perlu dipahami risikonya juga tinggi. Bagi investor pemula membeli saham tampak sulit. Banyaknya perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia kerap kali bikin pusing tujuh keliling. Duh, mau pilih saham apa? Belinya di mana? Gimana caranya?

Jangan khawatir, sobat cuan. Yuk cermati langkah-langkah mudah membeli saham dari Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia, Hasan Fawzi.

1. Buka rekening di perusahaan efek atau sekuritas

Investor Pemula Ini 3 Cara Mudah Membeli Saham, Siap-siap Cuan! ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Bursa Efek Indonesia ibaratnya adalah pengelola mal, sementara gerai-gerai yang ada di dalam mal adalah saham yang tercatat di bursa. Di BEI terdapat 720 saham, itulah dagangan yang bisa dipilih. Kamu gak bisa beli saham secara langsung, ada perantara perdagangan efek. Caranya, buka rekening dulu di perusahaan efek atau sekuritas.

Saat ini sudah banyak anggota bursa yang memfasilitasi buka rekening online. Masuk ke website www.idx.co.id, di kolom perusahaan efek ada halaman khusus yang menampikan anggota bursa yang bisa menerima pembukaan rekening online.

Baca Juga: Mau Pensiun Muda? Ini Tips Persiapkan Finansial Aman Sampai Tua

2. Persiapkan syarat administrasi

Investor Pemula Ini 3 Cara Mudah Membeli Saham, Siap-siap Cuan! IDN Times / Auriga Agustina

Siapkan beberapa dokumen pribadi. Di antaranya kartu identitas berupa fotokopi KTP untuk warga negara Indonesia (WNI) atau KITAS/Passpor untuk warga negara asing (WNA) dan fotokopi Nomor Peserta Wajib Pajak (NPWP).

Selain itu, biasanya ada formulir dari sekuritas yang harus kamu isi dan dikirimkan ke kantor sekuritas. Setelah rekeningmu jadi, kamu resmi memiliki rekening dana investor (RDI). Rekening dana investor bermanfaat untuk memisahkan dana nasabah dengan dana perusahaan efek.

Baca Juga: 5 Hal tentang Investasi Syariah yang Perlu Diketahui Investor Pemula

3. Setorkan dana deposit awal sebelum membeli saham

Investor Pemula Ini 3 Cara Mudah Membeli Saham, Siap-siap Cuan! Ilustrasi Uang Rupiah (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Setorlah deposit awal di RDI. Besaran setoran awal minimum berbeda-beda, tergantung perusahaan sekuritas yang kamu pilih. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan transaksi saham. 

Itulah cara membeli saham bagi investor pemula. Jangan lupa, sesuaikan saham yang kamu pilih dengan profil risikomu. Pelajarilah saham tersebut sebelum membelinya. Selamat berinvestasi!

Baca Juga: Tips Sukses Investasi Saham untuk Biaya Pendidikan Anak

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya