Comscore Tracker

4 Tips Mandiri secara Finansial untuk Perempuan Single 

Persiapkan finansialmu sejak dini 

Jakarta, IDN Times - Setiap orang idealnya mampu mandiri secara finansial, termasuk bagi perempuan. Lebih baik lagi, jika kemandirian finansial ini sudah bisa diperoleh sejak dini.

Mandiri secara finansial bukan hanya akan bermanfaat bagi kehidupan pribadi, tapi juga bagi orang-orang sekitar, seperti orang tua dan keluarga. Selain itu, kita bisa meraih berbagai tujuan hidup serta hidup dengan nyaman.

Menurut FWD Insurance, mandiri secara finansial sendiri berarti dapat menghasilkan uang serta mengelola keuangannya sendiri.

Berikut adalah empat tips bagi perempuan lajang agar dapat menjadi perempuan yang mandiri secara finansial:

Baca Juga: 7 Raja Perempuan Hebat yang Pernah Menguasai Nusantara

1. Memiliki tabungan

4 Tips Mandiri secara Finansial untuk Perempuan Single Ilustrasi menabung (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebagai perempuan yang sudah memiliki penghasilan, wajib hukumnya untuk memiliki tabungan. Pastikan agar selalu mengelola gaji dengan bijak dan menyisihkannya untuk ditabung.

Catat setiap penghasilan dan pengeluaran agar tahu ke mana saja uang yang diperoleh terpakai. Perhatikan pengeluaran mana yang memang kebutuhan dan mana yang hanya sebatas keinginan. Kurangi pengeluaran yang sifatnya tidak terlalu penting atau urgent.

2. Pahami dan lakukan investasi

4 Tips Mandiri secara Finansial untuk Perempuan Single Ilustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Seorang perempuan yang mandiri secara finansial juga harus memahami dan menyisihkan penghasilannya untuk diinvestasikan. Investasi memungkinkan adanya jaminan masa depan yang cerah karena keuangan menjadi lebih terukur dan terarah.

Berbagai jenis investasi bisa dipilih, mulai dari dari investasi emas, investasi saham, reksadana, deposito, hingga asuransi.

Baca Juga: Perhatikan 11 Hal Ini Sebelum Beli Rumah Bekas, Jangan Sampai Rugi 

3. Memiliki asuransi

4 Tips Mandiri secara Finansial untuk Perempuan Single Ilustrasi Aset (IDN Times/Mardya Shakti)

Asuransi kesehatan merupakan hal mendasar yang sifatnya wajib dimiliki setiap orang. Untuk memproteksi diri dari risiko finansial, perempuan yang mandiri secara finansial biasanya memahami pentingnya proteksi diri dengan asuransi.

Dengan memiliki asuransi, pos-pos keuangan yang sudah ada tidak akan terganggu.

4. Memiliki dana pensiun

4 Tips Mandiri secara Finansial untuk Perempuan Single Ilustrasi Menabung (IDN Times/Mardya Shakti)

Akan ada saatnya seorang perempuan memasuki usia pensiun atau tidak bekerja lagi karena berbagai alasan. Oleh sebab itu, persiapkan dana pensiun dari sekarang agar tidak khawatir di kemudian hari. 

Kamu sudah mempersiapkan semua hal ini? Jika belum, segera lakukan tips di atas agar kamu dapat mandiri secara finansial.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Makanan Online, dari Frozen Food sampai Dessert Box

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya