Comscore Tracker

Kelelawar Jadi Kuliner Populer di Tiongkok, Ini 3 Fakta Uniknya

Tersirat makna di balik konsumsi kelelawar

Kelelawar diduga menjadi sumber penyebaran virus corona yang sekarang ini sedang mewabah di Tiongkok dan menyebar ke beberapa negara lainnya. Kelelawar memang menjadi salah satu kuliner yang digemari sebagian warga Tiongkok bahkan sudah jadi budaya masyarakat Tiongkok sejak lama.

Mereka menganggap kelelawar mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Berikut beberapa fakta unik kuliner kelelawar yang perlu kita tahu.

1. Kelelawar dianggap sebagai pembawa keberuntungan

Kelelawar Jadi Kuliner Populer di Tiongkok, Ini 3 Fakta Uniknyathesun.co.uk

Mengonsumsi makanan yang terbuat dari hewan liar sudah menjadi budaya turun temurun masyarakat Tiongkok. Orang yang makan hewan liar bahkan dianggap memiliki status sosial yang tinggi.

Masyarakat Tiongkok juga percaya kalau hewan liar lebih bergizi dibandingkan hewan ternak, termasuk kelelawar liar. Gak cuma itu, semangkuk sup kelelawar dianggap sebagai pembawa keberuntungan, karena terdengar seperti kata "fu" yang berarti keberuntungan.

2. Simbol kebahagiaan

Kelelawar Jadi Kuliner Populer di Tiongkok, Ini 3 Fakta Uniknyathesun.co.uk

Tak hanya dianggap sebagai pembawa keberuntungan, kelelawar juga menjadi simbol kebahagiaan masyarakat Tiongkok. Kelelawar dipercaya dapat meningkatkan kesempatan untuk hidup lebih lama dengan bahagia.

Di kebudayaan Tiongkok sendiri, ada kepercayaan terkait simbol lima kelelawar. Kelima simbol tersebut menandakan keberkahan atas kekayaan, kesehatan, kebajikan, usia tua, dan kematian secara alami.

Baca Juga: 6 Fakta Mengejutkan Soal Kelelawar, Ternyata Mereka Bisa Berenang!

3. Kaya nutrisi dan menjadi obat

Kelelawar Jadi Kuliner Populer di Tiongkok, Ini 3 Fakta Uniknyaimgur.com/RoyallyTenenbaum

Masyarakat Tiongkok meyakini sup kelelawar bisa memberikan manfaat dan khasiat untuk tubuh. Daging kelelawar mengandung berupa zat kitotefin dan omega 3.

Kandungan-kandungan ini menurut keyakinan mereka, bisa menyembuhkan beragam penyakit, seperti asma dan masalah sistem pernapasan. Bagi pria, sup kelelawar juga diyakini dapat menjadi obat stamina untuk meningkatkan gairah seksual.

Sementara untuk wanita, sup kelelawar dipercaya dapat menyehatkan sistem reproduksi. Selain dijadikan sup, kelelawar juga bisa dijadikan minyak. Bahkan, minyak kelelawar ini dipercaya dapat menyembuhkan rematik dan radang sendi.

Itulah beberapa fakta unik kuliner kelelawar di Tiongkok. Apakah kamu sudah pernah mencicipi menu kelelawar?

Baca Juga: 4 Rekomendasi Tempat Kuliner Ekstrem di Sulawesi Utara, Sudah ke Sini?

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya