Comscore Tracker

5 Tips Cara Bikin Nastar Anti Retak nan Lezat

Sajian khas untuk hari raya

Kue keraing jadi andalan sajian di hari raya. Salah satunya adalah nastar yang sering ditemui saat Lebaran maupun Natal. Kue berisi selai nanas yang berbentuk bulat mini ini terasa renyah di luar dan lembut di dalam.

Selain membeli di toko, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Sebelum membuat nastar, simak dahulu beberapa tips berikut ini. 

1. Cara mengolah adonan yang benar

5 Tips Cara Bikin Nastar Anti Retak nan Lezatyoutube.com/crcook

Supaya nastar gak mudah retak, kamu harus memperhatikan adonan dasarnya. Gunakan gula halus yang sudah diayak, kemudian campur dengan margarin.

Jangan mengocok adonan terlalu lama. Setelah itu, aduk dengan spatula secara perlahan. Hindari mengaduk dengan tangan, karena bisa membuat adonan jadi lebih mudah retak. 

2. Buatlah selai sendiri bukan yang kemasan

5 Tips Cara Bikin Nastar Anti Retak nan Lezatyoutube.com/chalistaakitchen

Salah satu penyebab nastar mudah retak adalah karena selai nanas. Jadi, sebaiknya kamu membuat selai nanas sendiri. Pasalnya, selai nanas kemasan cenderung cair dan rasanya kurang manis.

Jika membuat selai nanas sendiri, kamu bisa menentukan konsistensi yang tepat dibanding beli instan. Kamu bisa menyesuaikannya sesuai selera dan kebutuhanmu, deh.

Baca Juga: Resep Kue Kacang, Nikmat Jadi Sajian saat Natal

3. Isi selai secukupnya

5 Tips Cara Bikin Nastar Anti Retak nan Lezatyoutube.com/chalistaakitchen

Setelah menyiapkan selai, gunakan secukupnya saja di dalam adonan nastar. Pastikan pula selai sudah tertutupi adonan yang cukup, supaya gak mudah keluar saat dipanggang. Jika selai keluar saat dipanggang, bisa membuat nastar mudah retak. 

4. Gunakan mentega dan margarin

5 Tips Cara Bikin Nastar Anti Retak nan Lezatyoutube.com/crcook

Mentega dan margarin berperan penting pada tekstur dan rasa nastar. Jadi pilihlah mentega yang berkualitas. Selain itu, campur margarin dengan perbandingan 1:2. Cara ini akan membuat tekstur nastar jadi renyah namun tetap lembut di dalam. 

5. Panggang adonan nastar dengan suhu yang pas

5 Tips Cara Bikin Nastar Anti Retak nan Lezatyoutube.com/crcook

Saat memanggang nastar, gunakan suhu yang tepat. Jika suhu terlalu rendah, maka akan susah matang.

Namun, jika terlalu tinggi, nastar akan jadi mudah retak, bahkan gosong. Sebaiknya panggang dengan suhu sekitar 160-175 derajat Celsius selama 20 menit.

Itulah beberapa tips membuat nastar yang nikmat. Dijamin nastar buatanmu renyah banget, tapi tetap lembut di dalam tetapi tak mudah retak. Yuk coba bikin nastar sendiri untuk sajian Natal dan Tahun Baru.

Baca Juga: Resep Semprit Green Tea untuk Natal, Kamu Pasti Suka

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya