Comscore Tracker

5 Ide Menu Hidangan saat Lebaran Idul Adha yang Yummy Patut Dicoba

Setelah bosan olahan daging, makanan ini yang banyak diincar

Balikpapan, IDN Times - Musim lebaran haji tahun 2022 segera tiba dalam waktu dekat. Sesuai penanggalan, lebaran Idul Adha akan jatuh pada 9 Juli 2022 nanti. Setelah Salat Id biasanya sih akan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban dan diolah jadi beragam masakan nusantara yang lezat. Mulai dari rendang, satai, sampai gulai. 

Namun kesenangan makan rendang dan olahan daging ini gak bertahan lama. Orang biasanya mulai bosan setelah tiga sampai lima hari menyantap dan mulai cari makanan pengganti yang lebih sehat dan menyegarkan.

Apa saja ya makanan yang paling banyak dicari ini? 

1. Bakso

5 Ide Menu Hidangan saat Lebaran Idul Adha yang Yummy Patut Dicobailustrasi bakso (instagram.com/mksfoodbang)

Meski beberapa bakso juga diolah dari daging sapi, tapi bakso tetap banyak diincar karena kuahnya lebih segar dibandingkan dengan rendang atau gulai yang terbuat dari santan.

Memang banyak restoran bakso yang tutup saat lebaran, tapi penjual dengan gerobaklah tetap berdagang. Gak heran jika abang tukang bakso jadi ketiban berkah. 

2. Mi ayam

5 Ide Menu Hidangan saat Lebaran Idul Adha yang Yummy Patut Dicobamie ayam (instagram.com/mksfoodbang)

Sekalipun di rumah ada rendang sate kambing, sampai sambal goreng daging, mi ayam tetap jadi primadona dan diincar. 

Biasanya sih, warung mi ayam akan jadi tujuan saat orang-orang mulai enggan melihat daging di rumahnya, bosan. Ditemani segelas es teh manis, makan mi ayam makin lengkap!

Baca Juga: 10 Klinik Kecantikan di Samarinda, Jadikan Kulit Mulus selama Liburan

3. Lotek

5 Ide Menu Hidangan saat Lebaran Idul Adha yang Yummy Patut Dicobainstagram.com/ichachairunnisa54

Gak hanya makanan berkuah segar, lotek yang terdiri dari sayuran segar yang disiram bumbu kacang banyak dicari. Ini karena orang-orang merasa perlu mengimbangi makanan berlemak dengan sayuran hijau yang baik untuk tubuh.

Apalagi lotek yang gak berkuah dengan rasa cenderung manis, memberikan sensasi berbeda di saat berhari-hari harus makan bersantan melulu. 

4. Soto

5 Ide Menu Hidangan saat Lebaran Idul Adha yang Yummy Patut Dicobasoto ayam (instagram.com/pesonaresepibu)

Meski ada yang terbuat dari daging, soto memiliki efek yang berbeda dengan makan rawon atau olahan daging lain. Bukan hanya karena kuahnya tanpa santan, tapi isi soto yang lebih beragam seperti adanya bihun, irisan wortel, dan taoge yang membuat soto jadi menu pelarian paling nikmat. 

Apalagi ditambah dengan sambal, kucuran jeruk nipis, dan bawang goreng melimpah, soto makin nikmat disantap dengan nasi putih dan kerupuk. Yummy! 

5. Olahan tahu dan tempe

5 Ide Menu Hidangan saat Lebaran Idul Adha yang Yummy Patut Dicobainstagram.com/herlin.lay

Yang dirindukan kala menu daging mendominasi setiap rumah adalah masakan sederhana sehari-hari. Seperti tahu dan tempe goreng lengkap dengan lalapan dan sambal tomatnya.

Menu sederhana tahu dan tempe bisa dibilang jadi mendadak langka karena orang-orang menyuguhkan banyak olahan daging. Padahal menu rumah sederhana seperti ini justru gak pernah bikin bosan. 

Itulah makanan yang banyak dicari saat orang mulai bosan menyantap rendang dan olahan daging lain waktu lebaran Idul Adha. Bukannya gak mensyukuri lauk enak ini, tapi ada kalanya lidah ingin dimanjakan dengan makanan dengan tekstur, rasa, dan isi berbeda. Nah, jadi mana nih yang jadi kesukaanmu?

Baca Juga: 10 Toko Kosmetik di Samarinda Produk Lengkap Banyak Diskon 

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya