Comscore Tracker

7 Kuliner Nyeleneh yang Diam-Diam Banyak Penggemarnya. Cek, yuk!

Bisa jadi ide kuliner unik kamu selanjutnya, nih

Samarinda, IDN Times - Siapa di sini penikmat kuliner yang lagi bosan dengan menu itu-itu saja? Pengen mencoba hal yang baru? Pas banget nih, kamu harus mencoba menu-menu kuliner nyeleneh rekomendasi penulis berikut ini.

Walaupun banyak yang menganggapnya aneh dan terasa asing di lidah, tapi ternyata beberapa kuliner nyeleneh ini memiliki banyak penggemar karena keunikannya, lho.

Yuk, disimak apa saja menunya!

1. Rujak soto, kombinasi dari rujak lontong disiram kuah soto yang gurih

7 Kuliner Nyeleneh yang Diam-Diam Banyak Penggemarnya. Cek, yuk!rujak soto (instagram.com/jalanjajannonton)

Menu kali ini sangat familier bagi masyarakat Kabupaten Banyuwangi dan sekitarnya. Perpaduan antara rujak lontong dan kuah soto dengan toping babat atau ceker ayam, membuat cita rasa kuliner ini makin unik.

Komponennya terdiri dari aneka sayuran rebus, ditambah dengan irisan tahu, tempe dan lontong dengan dengan bumbu kacang khasnya. Lalu disiram dengan gurihnya soto babat atau ceker ayam, sehingga membuat rujak soto menjadi menu yang paling dicari jika berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi.  Wuih, sedapnya. 

2. Bakso pecel, perpaduan antara bakso, sayuran dan bumbu kacang

7 Kuliner Nyeleneh yang Diam-Diam Banyak Penggemarnya. Cek, yuk!bakso pecel (instagram.com/andriani_yuan)

Menu kedua ini juga banyak dijumpai di sekitar Jawa Timur, khususnya di kawasan Kabupaten Jember, Kabupaten Banyuwangi, dan sekitarnya. Menu unik ini hasil dari kolaborasi antara bakso dengan bumbu pecel.

Walaupun terlihat aneh, tetapi menu ini juga menjadi salah satu kuliner unik yang banyak peminatnya. Komposisinya terdiri dari mi bihun, kuah dan pentol bakso kemudian ditambah dengan aneka sayuran dan bumbu pecel. Hmm, sepertinya Jawa Timur banyak kuliner yang unik nih. Tapi memang bikin ngiler nih. 

3. Bakso rawon

7 Kuliner Nyeleneh yang Diam-Diam Banyak Penggemarnya. Cek, yuk!bakso rawon (instagram.com/kedaimamazamzam)

Menu ketiga adalah bakso rawon. Selain dikenal sebagai kuliner khas Jawa Timur, khususnya Surabaya, ternyata kuliner ini dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah khususnya daerah Surakarta. Rawon sendiri merupakan menu sup daging dengan bumbu khas kluwek ini biasanya disajikan bersama sepiring nasi.

Namun sedikit berbeda, dengan memadukan gurihnya bakso dan nikmatnya kuah rawon, menjadikan bakso rawon sebagai salah satu menu andalan yang banyak dicari penikmat kuliner. Tak hanya kenyalnya pentol bakso, kamu juga bisa sekaligus menikmati irisan daging sapi dalam kuah rawon sebagai pelengkapnya. Unik bukan?

Baca Juga: Berikut Deretan Toko Kue di Samarinda yang Bikin Meleleh

4. Bakso soto, gurihnya soto dengan topping bakso 

7 Kuliner Nyeleneh yang Diam-Diam Banyak Penggemarnya. Cek, yuk!bakso soto (instagram.com/miss_kuliner)

Menu keempat ini memang jarang dijumpai, tapi kamu akan mudah menemukannya di daerah Bali dan Pemalang Jawa Tengah. Tidak sedikit juga, para pencinta kuliner yang mencari menu ini untuk sekadar mencoba menikmati cara baru makan bakso dengan kuah soto sebagai andalannya.

Inilah bakso soto, gurihnya kuah soto dengan bihun, taoge, bawang goreng, ditambah dengan topping bakso, dan perasan jeruk. Rasanya gurih dan segar, dan sangat cocok dimakan ketika hangat. Biasanya disajikan dengan nasi putih, irisan lontong, atau dinikmati langsung. Sedap. 

5. Rujak bakso, kombinasi antara rujak lontong dengan kuah bakso

7 Kuliner Nyeleneh yang Diam-Diam Banyak Penggemarnya. Cek, yuk!rujak bakso (instagram.com/anibramantya)

Jika sebelumnya ada menu rujak soto dan bakso pecel, kini giliran rujak bakso yang tidak kalah diminati pencinta kuliner karena keunikannya. Rujak bakso ini biasanya banyak dijumpai di daerah Jawa Timur, seperti Surabaya, Kediri, Jember, Banyuwangi, serta daerah Sumenep dengan ciri khas petis madura. 

Ya, kuliner kali ini menyajikan rujak lontong bumbu kacang seperti biasa yang terdiri dari irisan tempe, tahu, lontong dan aneka sayuran. Terakhir, rujak lontong pun disiram dengan gurihnya kuah bakso yang panas. Gak sabar nih mencicipi menunya ya. 

6. Rujak es krim, pedas dan segar aneka buah ditambah dengan dinginnya es krim

7 Kuliner Nyeleneh yang Diam-Diam Banyak Penggemarnya. Cek, yuk!rujak es krim (instagram.com/jogjafooddestinations)

Menu satu ini, berasal dari DIY Yogyakarta. Rujak es krim merupakan perpaduan unik antara rujak buah dengan es krim yang cocok dinikmati saat cuaca panas.

Banyak yang tidak mengira,  jika dua makanan ini akan menjadi jajanan yang super segar dan nikmat. Aneka buah-buahan yang diserut dan diberi bumbu kacang rasa pedas, manis, dan sedikit asam, ditambah dengan dingin dan manisnya es krim membuat jajanan ini selalu dicari oleh penikmat kuliner. Pastinya nikmat nih, yummy. 

7. Rujak buah topping bakso

7 Kuliner Nyeleneh yang Diam-Diam Banyak Penggemarnya. Cek, yuk!rujak buah toping bakso (instagram.com/sujanaari13)

Menu unik satu ini, berasal dari Jawa Barat daerah Bogor Garut Sukabumi dan sekitarnya. Bahkan kini rujak buah topping bakso ini mulai ramai menjadi ide bisnis di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Karena banyak masyarakat yang penasaran dengan kuliner satu ini.

Rujak buah toping bakso diracik sedemikian rupa dengan menambahkan bumbu khas daerah masing-masing, seperti halnya daerah Madura dan Bali yang menggunakan petis madura sebagai ciri khasnya. Lumayan ekstrem tapi masih dalam trek kelezatan dong. 

Sensasi kuliner ini mengkreasikan cita rasa asam, pedas, manis dan segar dari buah dan bumbu kacang, kemudian dicampur dengan kenyalnya pentol bakso sebagai toppingnya. Terasa aneh mungkin, tapi kuliner satu ini ternyata banyak juga peminatnya.

Itu dia, tujuh kuliner nyeleneh yang ternyata diam-diam banyak penggemarnya. Siapa yang mengira, penggabungan dua kuliner tersebut ternyata menciptakan cita rasa yang unik dan lezat. Apakah kamu pernah mencoba salah satunya? Coba cek deh, mungkin salah satunya ada di kotamu!

Baca Juga: 15 Hotel di Balikpapan

hayyu wardana Photo Community Writer hayyu wardana

menjadi diri sendiri dan mensyukuri segalanya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya