Comscore Tracker

7 Cara Simpel Hilangkan Bau Tanah pada Ikan, Lebih Nikmat saat Dimasak

Makan ikan jadi makin berselera

Ikan merupakan bahan makanan yang kaya protein dan banyak disukai. Masalahnya, saat mengolah ikan air tawar seringkali ada bau kurang sedap. Selain amis, juga ada aroma seperti tanah atau lumpur. Jadi saat dikonsumsi seperti makan tanah, benar gak?

Alhasil, banyak orang yang akhirnya malas makan ikan. Padahal, kalau cara membersihkan dan mengolahnya tepat, bau amis atau bau tanah bisa hilang, lho.

Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan bau tanah atau lumpur pada ikan. Di antaranya sebagai berikut.

1. Belilah ikan dalam keadaan hidup dan diamkan di air bersih semalaman

7 Cara Simpel Hilangkan Bau Tanah pada Ikan, Lebih Nikmat saat Dimasakpxfuel.com

Sebaiknya belilah ikan dalam keadaan hidup. Sesampainya di rumah, jangan langsung dibunuh atau diolah. Biarkan ikan tetap hidup dengan diletakkan di dalam akuarium atau ember.

Tubuh ikan air tawar yang biasanya hidup di lumpur perlu dinetralkan terlebih dahulu. Dengan hidup sebentar di air bersih, maka bau lumpur atau tanahnya tak akan sepekat sebelumnya. Diamkan selama semalaman, ya!

2. Buanglah insang dan isi perut ikan hingga bersih

7 Cara Simpel Hilangkan Bau Tanah pada Ikan, Lebih Nikmat saat Dimasakfishingkites.co.nz

Selanjutnya, kamu bisa mengolah ikan dengan membersihkan sisiknya terlebih dahulu sampai bersih. Kemudian, belah bagian perutnya dan buang jeroannya sampai benar-benar kosong. Sebab, dari situlah bau tanahnya berasal.

Jika insang dan isi perutnya sudah bersih, bilas ikan di bawah air mengalir agar tak ada kotoran tersisa. Jika tidak langsung dimasak, simpan ikan di dalam freezer dengan dibungkus plastik terlebih dahulu.

3. Hindari memecah bagian empedu ikan

7 Cara Simpel Hilangkan Bau Tanah pada Ikan, Lebih Nikmat saat Dimasakmeatsandsausages.com

Empedu jadi salah satu organ yang menyebabkan daging ikan jadi bau tanah. Organ ini terletak di dalam perut ikan, tepatnya di sekitar insang. Oleh karena ini, empedu wajib dibuang namun jangan sampai pecah saat membersihkannya.

Empedu yang robek bakal mengeluarkan cairan pahit dan bau, sehingga rasa daging ikan bakal jadi lebih aneh. Lakukan proses ini dengan hati-hati ya.

Baca Juga: Hindari 10 Kesalahan Memasak Ayam, Bikin Kelezatannya berkurang

4. Membaluri ikan dengan garam

7 Cara Simpel Hilangkan Bau Tanah pada Ikan, Lebih Nikmat saat Dimasakfoodandwine.com

Garam memang sudah terkenal mampu menghilangkan segala bau tak sedap pada makanan. Ini juga berlaku pada ikan air tawar, lho. Caranya sangat mudah, kamu tinggal melumuri seluruh bagian tubuh ikan dengan garam.

Setelah itu, diamkan ikan selama kurang lebih 1,5 jam. Jika sudah, segera bilas dengan air mengalir sampai bersih. Kalau masih tercium bau tanah, kamu bisa mengulang proses di atas sampai tiga kali, ya.

5. Tutupi ikan dengan lemon dan bawang bombay

7 Cara Simpel Hilangkan Bau Tanah pada Ikan, Lebih Nikmat saat DimasakIlustrasi bawang bombay (IDN Times/Umi Kalsum)

Bawang bombay dan lemon juga bisa digunakan untuk mengikat bau tanah pada ikan. Supaya hasilnya maksimal, gunakan kedua bahan tersebut sekaligus. Kupas dan potong bawang bombay menjadi berbentuk bulat, begitu pula dengan lemonnya.

Letakkan ikan yang sudah dibersihkan dan dicuci ke dalam wadah. Tata potongan bawang bombay dan lemon di atasnya sampai ikan tertutupi. Kamu juga bisa memberikan air perasan lemon, supaya bau tanah semakin hilang.

6. Rendam ikan di dalam susu

7 Cara Simpel Hilangkan Bau Tanah pada Ikan, Lebih Nikmat saat Dimasaksimplyrecipes.com

Cara praktis lainnya untuk menghilangkan bau tanah pada ikan adalah dengan merendamnya dalam susu. Pastikan ikan sudah kamu bersihkan perutnya dan dicuci sampai bersih. Potong-potong ikan jadi beberapa bagian, lalu masukkan ke mangkuk.

Tuangkan susu cair secukupnya sampai ikannya terendam sempurna. Jika sudah, tutup bagian atasnya dengan plastic wrap, lalu masukkan ke dalam kulkas dan biarkan selama sejam. Tidak hanya menghilangkan bau tanah, susu juga membuat rasa daging ikan pun bakal jauh lebih gurih, lho.

7. Marinasi ikan dengan rempah-rempah

7 Cara Simpel Hilangkan Bau Tanah pada Ikan, Lebih Nikmat saat Dimasakwrytoasteats.com

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan memarinasi ikan dengan beragam rempah-rempah. Kamu bisa membuat bumbunya dengan praktis menggunakan tepung maizena, putih telur, minyak wijen, bawang putih, dan minyak bawang.

Gak harus selalu di mangkuk, bisa memarinasi daging ikan di dalam plastik ziplock. Prosesnya pun gak perlu lama-lama, cuma 30-40 menit saja. Simpan di dalam kulkas terlebih dahulu, ya.

Itulah sejumlah cara untuk menghilangkan bau tanah pada ikan. Selain itu, tekstur ikan jadi lebih lembut dan nikmat ketika diolah. Selamat mencoba, ya.

Baca Juga: Resep Tahu Walik Khas Banyuwangi, Renyahnya Bikin Nagih! 

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya