Comscore Tracker

7 Menu Tradisional Kalimantan yang Memperkaya Hidangan Nusantara

Makanan yang kaya dengan racikan rempah-rempah

Samarinda, IDN TimesKalimantan adalah pulau terbesar di Indonesia yang terdiri dari lima provinsi yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan.

Setiap provinsi memiliki menu tradisional yang khas dan unik. Pas memperkaya racikan bagi Ibu Kota Negara (IKN) yang sudah ditetapkan di Nusantara berada di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur. 

Berikut adalah beberapa makanan tradisional di Kalimantan:

1. Soto banjar

7 Menu Tradisional Kalimantan yang Memperkaya Hidangan Nusantarailustrasi soto banjar (commons.wikimedia.org/Midori)

Soto banjar adalah hidangan khas masyarakat Kalimantan Selatan, yang terbuat dari kuah bening berbumbu rempah, potongan ayam atau daging sapi, telur, mi kuning, dan pelengkap seperti koya, irisan bawang merah, dan jeruk nipis.

2. Sambal tempoyak

7 Menu Tradisional Kalimantan yang Memperkaya Hidangan NusantaraSambal tempoyak udang (instagram.com/dapurmamabee)

Sambal tempoyak adalah hidangan pedas khas Kalimantan Barat yang terbuat dari durian yang difermentasi, cabai, dan bawang. Sambal ini biasanya disajikan dengan ikan bakar atau nasi.

3. Ayam pansuh

7 Menu Tradisional Kalimantan yang Memperkaya Hidangan NusantaraAyam pansuh. Akun Instagram senipatisserie_cafe

Ayam pansuh, masakan khas suku Dayak, Kalimantan Timur, yang terbuat dari ayam, sayuran, dan rempah-rempah yang dimasak dalam bambu yang dipanaskan di atas api.

Baca Juga: 10 Suvenir Khas Samarinda yang Keren

4. Kue kuin

7 Menu Tradisional Kalimantan yang Memperkaya Hidangan Nusantarakue kering untuk perayaan Natal (commons.wikimedia.org/Midori)

Kue kuin,  kue tradisional Kalimantan Tengah yang terbuat dari tepung ketan, gula merah, kelapa parut, dan bahan-bahan lainnya. Kue ini biasanya disajikan pada acara pernikahan atau upacara adat.

5. Ikan patin masak tempoyak

7 Menu Tradisional Kalimantan yang Memperkaya Hidangan NusantaraIkan patin masak tempoyak. Akun Instagram akobpatinhouse_kuantan

Ikan patin masak tempoyak, masakan khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari ikan patin yang dimasak dengan bumbu tempoyak yang pedas dan aromatik.

6. Bubur pedas

7 Menu Tradisional Kalimantan yang Memperkaya Hidangan NusantaraIDN Times/Sunariyah

Bubur khas Kalimantan Utara yang terbuat dari beras ketan, daging sapi atau ayam, dan bumbu-bumbu seperti cabai dan jahe. Bubur ini memiliki rasa pedas dan gurih yang khas.

7. Kari laksa

7 Menu Tradisional Kalimantan yang Memperkaya Hidangan Nusantarakari laksa (instagram/mujesticdining)

Masakan khas Kalimantan Timur yang terbuat dari mi laksa yang disajikan dengan kuah kari kental yang berisi daging, udang, dan sayuran.

 

Itulah beberapa contoh makanan tradisional yang dapat ditemukan di Pulau Kalimantan. Terdapat banyak lagi jenis makanan tradisional yang bisa ditemukan di daerah ini.

Pas saat kalian mengunjungi Nusantara. Informasi bersumber ChatGPT

Baca Juga: 7 Guest House di Samarinda

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya