Comscore Tracker

Resep Ikan Tenggiri Hitam Bumbu Keluak, Nikmatnya Bikin Nagih!

Menu yang cocok disantap bersama keluarga

Samarinda, IDN Times - Ikan tenggiri merupakan ikan air asin yang kaya akan kandungan asam amino esensial, dan vitamin A yang tentunya berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh. Namun, selain memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, ikan tenggiri pun memiliki rasa yang nikmat jika diolah menjadi menu makanan tertentu. 

Pada umumnya ikan tenggiri diolah menjadi pempek ataupun pindang. Namun, ikan tenggiri juga dapat diolah dan dipadukan dengan keluak sebagai bahan bumbunya. Keluak biasa dipergunakan sebagai bahan bumbu menu rawon daging yang sedap. 

Menu ini tentunya bisa kamu buat sendiri di rumah. Nah, untuk itu langsung saja yuk, simak resep ikan tengiri hitam bumbu keluak di bawah ini! 

1. Bahan yang dibutuhkan

Resep Ikan Tenggiri Hitam Bumbu Keluak, Nikmatnya Bikin Nagih!ilustrasi bahan (stocksnap.io/@jakubkapusnak)

Sebelum kamu membuat menu makanan ini, kamu harus menyiapkan bahan-bahan berikut ini terlebih dahulu ya!


Bahan utama:

  • 1 ekor ikan tenggiri filet
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai 
  • 1 liter air 
  • 2 sendok garam
  • 1/2 sendok gula pasir 
  • 1/2 merica bubuk
  • 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bahan bumbu:

  • 5 buah keluak
  • 1 sendok merica butir
  • 1/2 sendok ketumbar butir
  • 10 butir bawang merah
  • 7 siung bawang putih

Baca Juga: 5 Objek Wisata Menawan di Kota Samarinda yang Sayang Dilewatkan

2. Haluskan bahan bumbu

Resep Ikan Tenggiri Hitam Bumbu Keluak, Nikmatnya Bikin Nagih!menghaluskan bahan bumbu (youtube.com/@thehasanvideo)

Langkah awal ini kamu bisa haluskan bahan bumbu terlebih dahulu. Pertama-tama siapkan bahannya, lalu siapkan blender untuk menghaluskan bumbunya. Setelah disiapkan, kamu bisa langsung masukan bahan bumbunya ke dalam blender, nyalakan blender dan tunggu hingga halus. Jika sudah halus matikan blender.

Adapun jika kamu tidak memiliki blender, kamu bisa menggunakan cobek kok untuk menghaluskan bahannya. Usahakan ulek bumbu hingga benar-benar halus.

3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan

Resep Ikan Tenggiri Hitam Bumbu Keluak, Nikmatnya Bikin Nagih!ilustrasi menumis bahan (youtube.com/@dapurmenur)

Nah, dilangkah selanjutnya ini kamu bisa siapkan wajan untuk menumis, lalu kamu bisa tambahkan 3 sendok makan minyak goreng. Setelah itu, kamu bisa masukan semua bumbu yang sudah kamu haluskan tadi, lalu masukan daun jeruk dan serai ke wajan. Aduk-aduk hingga bumbu mengeluarkan aroma harum.

Nah, setelah bumbu harum kamu bisa masukan ikan tenggiri filetnya. Aduk-aduk hingga semuanya tercampur dan berubah warna.

4. Tambahkan air, dan bahan lain

Resep Ikan Tenggiri Hitam Bumbu Keluak, Nikmatnya Bikin Nagih!menambahkan air (youtube.com/@rumahifah)

Di langkah ini kamu bisa tambahkan air ke wajan yang sudah ada bumbu dan ikannya. Lalu aduk-aduk sebentar. Nah, setelah itu kamu bisa tambahkan garam, gula, dan merica bubuk.

Aduk lagi, dan masak dengan api kecil. Biarkan hingga kuah menyusut. Nah, sambil kamu menunggu kuah menyusut, sesekali kamu bisa aduk ikan tenggiri agar bumbu meresap dan rata.

5. Angkat dan sajikan

Resep Ikan Tenggiri Hitam Bumbu Keluak, Nikmatnya Bikin Nagih!menu yang sudah disajikan (instagram.com/@myjkitchen2021)

Nah, di langkah terakhir sebelum kamu angkat masakannya kamu bisa menaburi daun bawang terlebih dahulu, lalu kamu aduk sebentar. Kemudian cicipi rasanya, jika rasanya sudah pas, matikan kompor dan angkat masakan. 

Kemudian kamu bisa siapkan wadah untuk meletakkan masakannya. Setelah itu, kamu bisa letakkan menu ikan tenggiri yang sudah diolah. Sekarang ikan tenggiri bumbu hitam keluak sudah jadi, dan siap disantap saat makan siang ataupun makan malam bersama keluarga.

Bagaimana, mudah bukan dan simpel bukan cara membuatnya? Untuk itu kamu bisa coba sendiri resep tenggiri hitam bumbu keluak di rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga: Liburan Seru ke Samarinda, dari Lampion hingga Desa Budaya Pampang

Fitran Briliano Photo Community Writer Fitran Briliano

Just a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya