Comscore Tracker

Resep Sirop Apel untuk Pemanis Aneka Hidangan, Cuma 3 Bahan

Bisa dinikmati bareng pancake hingga es krim

Balikpapan, IDN TimesSirop manis bukan cuma bisa kamu peroleh dari madu atau gula pasir, sebab buah-buahan matang juga dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sirop manis dan lezat.

Cocok digunakan sebagai pendamping kue, panekuk, dan es krim favorit.

Sebenarnya, kamu bisa bisa membuat resep sirop berbahan dasar buah apel secara sederhana. Selain bermanfaat untuk memaksimalkan sisa apel di rumah, rasanya juga sangat enak dan cocok dijadikan stok.

Yuk, segera praktikkan!

1. Siapkan bahan-bahan

Resep Sirop Apel untuk Pemanis Aneka Hidangan, Cuma 3 Bahanilustrasi buah apel (freepik.com/Mareefe)

Bahan-bahan:

  • 2 buah (250 gram) apel ukuran sedang
  • 120 ml air
  • 200 gram light brown sugar
  • 1 sdm air lemon

Baca Juga: Surga Kuliner, 12 Tempat Makan di Balikpapan Hidangan Khas Nusantara

2. Potong-potong apel

Resep Sirop Apel untuk Pemanis Aneka Hidangan, Cuma 3 Bahanilustrasi apel potong (pexels.com/Anete Lusina)

Cara pertama siapkan apel dan cuci bersih. Kemudian keringkan buah tersebut menggunakan tisu atau handuk. Berikutnya buah apel perlu dipotong-potong dan buang bagian bijinya supaya tidak ikut dimasak.

Buah apel sudah dipotong dadu tinggal sisihkan sebentar. Pemotongan ini cukup penting karena akan mempermudah saat nanti buahnya akan dihaluskan.

Pastinya kamu ingin supaya sirop ini lembut, kan? Kamu juga bisa memakai apel apa pun, termasuk apel hijau.

3. Masak apel dan haluskan

Resep Sirop Apel untuk Pemanis Aneka Hidangan, Cuma 3 Bahanilustrasi panci (unsplash.com/Gaelle Marcel)

Selanjutnya pindahkan potongan apel ke dalam panci sambil dipanaskan. Jika sudah agak lembek, segera tekan-tekan pakai masher. Jika tidak memiliki alat tersebut, kamu bisa menggunakan bantuan garpu atau spatula untuk mendorong airnya keluar.

Berikutnya, biarkan adonan apel sampai termasak hingga mendidih. Lamanya memasak tergantung kompor yang dipakai namun rata-rata proses ini memakan waktu tambahan sekitar 5 menit.

4. Saring apel dari ampasnya

Resep Sirop Apel untuk Pemanis Aneka Hidangan, Cuma 3 Bahanilustrasi wajan di atas kompor (pixabay.com/Engin Akyurt)

Matikan api kompor lalu pindahkan adonan ke dalam mangkuk. Saring adonan apel pakai saringan apa pun, termasuk cheesecloth atau saringan tahu. Peras apel hingga sari-sarinya terpisah dari ampas.

Berikutnya siapkan panci bersih dan masukkan sari-sari apel tersebut ke dalamnya. Tambahkan gula dan air lemon, aduk rata. Penggunaan gula cokelat akan menghasilkan aroma dan sensasi manis yang pekat pada saus daripada gula biasa, tapi jika tidak tersedia maka kamu dapat menggantinya pakai gula pasir saja.

5. Diamkan di suhu ruang sebelum disimpan

Resep Sirop Apel untuk Pemanis Aneka Hidangan, Cuma 3 Bahanilustrasi sirup apel (pexels.com/Jvalenciazz Jhon)

Masak seluruh bahan tersebut di api sedang sambil diaduk supaya tidak gosong dan menghindari adonan yang menggumpal. Didihkan hingga gula cokelat tersebut mencair dan bersatu dengan seluruh komponen yang ada.

Bila sudah tercampur rata, segera matikan api dan dinginkan di suhu ruang. Kalau sudah sejuk, maka sirop bisa langsung dipindahkan ke dalam wadah yang sudah dibersihkan supaya tidak gampang basi.

Sirop apel menjadi salah satu pemanis yang cocok untuk menemani macam-macam hidangan favorit kamu. Sirop ini akan tahan selama kurang lebih 1 bulan jika disimpan dalam wadah kedap udara di lemari pendingin.

Baca Juga: Aquaboom BSB Wisata Air Idola Warga Balikpapan

Intan Pratiwi Buchr Photo Community Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya