Comscore Tracker

Tips Memasak Sarang Burung Walet,  Kamu Mungkin tak Tahu

Rasanya manis, lezat, bercampur gurih lumer di mulut

Balikpapan, IDN Times - Sarang burung walet mungkin tidak lazim jadi menu hidangan mayoritas masyarakat Indonesia. Kategori jenis makanan kelompok warga berkantong tebal, masyarakat keturunan Tionghoa diantaranya.   

Seperti namanya, sarang burung walet merupakan sarang yang benar-benar dibuat oleh burung walet. Uniknya, bukan jerami atau dedaunan, tetapi sarang dibentuk hanya dengan air liurnya.

Sedikit aneh memang, tapi bila kamu teknik mengolahnya, menu sarang burung walet terasa lezat. Sebagian kalangan mempercayai punya kasiat bagi kesehatan manusia. 

Kamu musti menyimak cara memasak sarang burung walet yang enak dengan resep berikut ini, ya!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Tips Memasak Sarang Burung Walet,  Kamu Mungkin tak Tahugoldenbirdnestglobal.com

Bahan utama:

  • 1 buah sarang burung
  • 100 ml air
  • 5 buah gula batu

Bahan tambahan:

  • 5 buah kurma merah
  • 5 buah lengkeng kering
  • 3 iris ginseng

Baca Juga: Tingkatkan Imun, Ini 7 Resep Smoothie Sehat dan Gampang Buatnya

2. Bersihkan sarang burung sesudah direndam

Tips Memasak Sarang Burung Walet,  Kamu Mungkin tak Tahuhellonests.com

Sebelum diolah, pastikan sarang burung yang kamu miliki sudah dalam keadaan bersih. Kalau masih ada bulu-bulunya, segera cabut hingga tak tersisa. Kemudian, rendam terlebih dahulu di dalam air dingin selama delapan jam hingga lunak.

3. Memulai memasak menu sarang burung walet

Tips Memasak Sarang Burung Walet,  Kamu Mungkin tak Tahuinstagram.com/papichep

Setelah sarang burung menjadi lunak, masukkan ke dalam mangkuk dengan air baru. Tambahkan kurma merah, lengkeng kering, dan ginseng.

Aduk sesekali seluruh bahan tersebut hingga tercampur merata. Jika sudah, tutup mangkuk agar air dan aroma bisa lebih meresap ke sarang burung.

4. Menu sup burung walet

Tips Memasak Sarang Burung Walet,  Kamu Mungkin tak Tahuinstagram.com/caroline_pradjna

Letakkan mangkuk ke dalam panci besar. Kemudian, tuang air sampai setengah mangkuknya saja. Nyalakan kompor dan tunggu sampai airnya mendidih.

Selanjutnya, tutup panci dan biarkan sup termasak selama kurang lebih 20 menit. Kalau sudah dirasa matang, segera angkat dan keluarkan. Tambahkan sedikit madu ke dalam sup sarang burung walet, ya.

5. Tips membersihkan sarang burung walet

Tips Memasak Sarang Burung Walet,  Kamu Mungkin tak Tahusteamykitchen.com

Untuk menghasilkan olahan sarang burung walet yang nikmat, butuh cara memasak yang tepat pula. Salah satunya mengetahui cara membersihkan sarang burung waletnya.

Pertama, pastikan seluruh permukaan sarang burung direndam sampai benar-benar tenggelam. Hal ini dilakukan supaya dapat menyerap lebih dalam dan kotoran keluar semua. Kamu bisa menggantinya sebanyak 3-4 kali.

Kalau tiba-tiba menemukan bulu-bulu halus, seperti kotoran atau bulu burung, segera ambil dan gunting bagian tersebut. Pastikan kamu melihat dengan jeli, ya. Jika sudah, bilas dan cuci sarang burung hingga bersih.

Begitulah cara memasak sarang burung walet dengan mudah yang bisa kamu terapkan di rumah. Perpaduan rasa manis dan gurihnya pas, dijamin bikin kamu ketagihan, deh. Gimana, sudah siap mempraktikkannya di rumah?

Baca Juga: Awet dan Tahan Lama, 10 Tips Membersihkan Peralatan Pembuat Kue

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya