Comscore Tracker

Bawang di Rumah Cepat Busuk? Ini Rahasianya Biar Tetap Awet

Jika caranya tepat, bawang bisa awet enam bulan

Bagi kalian yang doyan masak tentu membutuhkan bawang merah, bawang putih atau bawang bombai kala meracik makanan. Tanpanya, santapan kamu bakal hambar. Sayangnya, tanaman umbi lapis ini cepat membusuk. Agar hal tersebut tak terjadi, berikut rahasia menyimpan bawang agar tetap awet dan tahan lama seperti dikutip dari Mashed, yuk disimak!

1. Bawang bombai akan tetap segar jika dibungkus dengan tisu

Bawang di Rumah Cepat Busuk? Ini Rahasianya Biar Tetap Awetunsplash.com/fran hogan

Bawang bombai termasuk sebagai penyedap yang manis. Kandungan air di dalamnya cukup banyak. Supaya tak mudah busuk, simpanlah bawang bombai yang masih utuh di dalam kulkas. Namun sebelum itu, lebih dahulu bungkus dengan tisu, supaya uap airnya bisa terserap. Dengan cara ini, bawang bombai kamu bisa bertahan hingga sepekan.

Lain lagi kalau keadaan bawang sudah tak berkulit atau terpotong setengah. Supaya tidak terkontaminasi bakteri dan bau bahan makanan lain di dalam kulkas, letakkan bawang ke dalam sebuah wadah kedap udara. Dijamin tetap segar, deh!

2. Jangan gabung bawang merah dan putih dalam satu tempat

Bawang di Rumah Cepat Busuk? Ini Rahasianya Biar Tetap Awetgardenbetty.com

Lain cerita dengan bawang merah dan putih, penyedap makanan yang masuk dalam genus allium ini punya metode penyimpanan yang berbeda dan ingat jangan simpan dua bawang ini dalam satu tempat. Hal tersebut disebabkan oleh uap yang dihasilkan keduanya bisa membuat proses pembusukan jadi lebih cepat. Jadi ingat, pisahkan wadah keduanya, ya.

Tempat terbaik untuk menyimpan kedua bawang itu adalah di ruang terbuka yang sejuk dan kering dengan suhu 37-45 derajat celsius. Kamu bisa meletakkannya di jaring-jaring plastik, wadah berventilasi atau di atas nampan.

Baca Juga: 10 Cara Mengurangi Limbah Makanan Saat Memasak, Banyak Manfaatnya Lho!

3. Sisa bawang yang dicincang bisa awet di selama enam bulan dalam wadah kedap udara

Bawang di Rumah Cepat Busuk? Ini Rahasianya Biar Tetap Awetwikihow.com

Tatkala meracik makanan dengan bawang , tanpa sadar sisanya masih banyak. Enggan mubazir, penyedap masakan itu bisa disimpan. Cara ini bisa dipakai untuk ketiga bawang, jadi gak perlu khawatir terbuang.

Simpan sisa bawang yang dicincang ke dalam wadah kedap udara atau plastik ziplock. Pastikan pula bawang yang kamu simpan itu satu ragam, ya. Selanjutnya, letakkan wadah berisi cincangan itu ke dalam freezer. Dijamin deh, bumbu masakan dari Iran ini bisa bertahan hingga enam bulan. Namun, saat dicairkan, bawang memang tak akan sesegar dulu. Kalau digunakan sebagai campuran sup, gulai, atau semur, rasanya bakal tetap sama, kok.

4. Ingat, pisahkan bawang dengan kentang mentah

Bawang di Rumah Cepat Busuk? Ini Rahasianya Biar Tetap Awet360nobs.com

Bagian terakhir, jangan pernah gabung bawang di rumah dengan kentang mentah. Saat menyimpan bawang bersama kentang, maka jangan pernah menyesal jika penyedap masakan andalan ini busuk. Hal itu disebabkan lantaran kentang mentah punya kelembapan tinggi. Tentu saja hal ini dapat berpengaruh kepada tingkat kesegaran bawang. 

Itulah beberapa tips dan cara menyimpan bawang dengan benar, bisa tahan tahan lebih lama pula. Sekarang sudah tahu cara menyimpan bawang dengan baik, kan?

Baca Juga: 10 Tips Membuat Roti Kukus yang Mekar dan Empuk, Yakin Sudah Tahu?

Topic:

  • Yuda Almerio

Berita Terkini Lainnya