Comscore Tracker

Resep Membuat Bolu Jeruk yang Empuk, Yuk Dicoba

Biar gak melulu makan yang cokelat atau pandan

Menikmati kue dengan rasa yang nyaman di lidah adalah salah satu kesenangan tersendiri. Salah satu yang bisa kamu nikmati adalah kue bolu. Gak melulu rasa cokelat atau pandan, sesekali cobalah rasa jeruk yang menyegarkan.

Tekstur yang lembut dengan aroma wanginya bikin ogah berhenti ngunyah, deh. Cara bikinnya gampang banget, yuk simak resep bolu jeruk di bawah ini!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Membuat Bolu Jeruk yang Empuk, Yuk Dicobaharmonsgrocery.com

Bahan-bahan:

  • 195 gram tepung terigu
  • 195 gram gula pasir
  • 60 gram mentega tawar
  • 8 butir telur
  • 60 ml sirup jeruk
  • parutan kulit jeruk secukupnya
  • sejumput garam

2. Rebus sirup jeruk sampai mendidih

Resep Membuat Bolu Jeruk yang Empuk, Yuk Dicobatripsavvy.com

Sebelum memulai membuat kue, siapkan terlebih dahulu ovennya. Panaskan hingga 180 derajat Celsius. Kemudian, oleskan mentega ke loyang kue dan letakkan kertas kue di dalamnya.

Selanjutnya, tuang sirup jeruk ke dalam panci dan letakkan di atas kompor. Rebus sirup dengan api kecil saja sampai terlihat mendidih. Jika kurang encer, tuang sedikit air ke dalamnya.

3. Aduk kuning telur bersama gula dan sirup jeruk

Resep Membuat Bolu Jeruk yang Empuk, Yuk Dicobalivingalifeincolour.com

Pecahkan 8 butir telur dan pisahkan bagian kuning dan putihnya. Masukkan kuning telur ke dalam mangkuk bersama gula pasir, lalu didihkan sambil diaduk merata.

Setelah itu, angkat mangkuk dan langsung aduk menggunakan mixer sampai mengembang. Tunggu sampai pucat dan teksturnya cukup tebal, lalu masukkan sirup jeruk, parutan kulit jeruk, dan garam. Aduk kembali hingga merata.

Baca Juga: Resep Gampang Ayam Bakar Teflon, Nikmatnya Menggugah Selera

4. Kocok putih telur sampai berbusa

Resep Membuat Bolu Jeruk yang Empuk, Yuk Dicobaseriouseats.com

Kocok putih telur menggunakan mixer sampai mengental dan berbusa. Perlahan tambahkan gula pasir, lalu aduk kembali sampai padat dan terlihat mengilap.

Kalau sudah, masukkan seluruh adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur dan aduk merata. Kemudian, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil tetap diaduk.

Tambahkan pula mentega cair, lalu aduk sampai tercampur rata dan halus.

5. Panggang bolu jeruk hingga matang

Resep Membuat Bolu Jeruk yang Empuk, Yuk Dicobaminikitchenlab.com

Apabila adonan bolu sudah jadi, segera tuang ke dalam loyang yang sudah dioles mentega dan diberi baking paper. Ketuk-ketuk loyang agar adonan tersebar secara merata.

Setelah itu, masukkan loyang ke dalam oven dan panggang selama kurang lebih 45 menit. Tunggu sampai mengembang dan matang, lalu keluarkan bolunya. Potong bolu jeruk dan sajikan bersama teh hangat.

Itulah resep membuat bolu jeruk dengan rasa manis dan segar di lidah. Gak cuma bisa jadi camilan akhir pekan, bolu jeruk juga bisa kamu jadikan sajian untuk acara spesial, lho!

Baca Juga: 5 Resep Masakan Nikmat Khas Kalimantan, Bikin Ketagihan! 

Topic:

  • Anjas Pratama
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya