Comscore Tracker

10 Latihan Simpel dan Efektif Kuatkan Fungsi Paru-paru

Bernafas lebih lega

Paru-paru atlet diketahui jauh lebih besar daripada orang biasa. Itu membuktikan kalau paru-paru dan sistem pernapasan kita sebenarnya bisa dilatih hingga ke titik tertentu.

Masalahnya, latihan macam apa yang bisa mengoptimalkan fungsi paru-paru? Nah, supaya stamina makin kuat dan nafas lebih lega bisa mencoba beberapa latihan berikut ini.

1. Menarik napas dalam

10 Latihan Simpel dan Efektif Kuatkan Fungsi Paru-parunews.gympass.com

Latihan sederhana yang dilakukan selama 12- 5 menit ini cukup ampuh melatih pernapasan, karena membuatmu fokus menggunakan paru-paru hingga ke tahap maksimal. Latihan meditasi juga akan membantumu memaksimalkan fungsi paru-paru.

2. Berjalan atau berlari selama 30 menit

10 Latihan Simpel dan Efektif Kuatkan Fungsi Paru-parupopsugar.com

Berjalan kaki saja sebenarnya sudah membuat paru-parumu bekerja lebih daripada biasanya, apalagi jika dilakukan di pagi hari atau dataran tinggi. Namun, kalau ingin tantangan lebih atau merasakan efek yang lebih besar, lari bisa jadi pilihan.

3. Baby push-up

10 Latihan Simpel dan Efektif Kuatkan Fungsi Paru-paru24life.com

Bedanya dengan push-up biasa, push-up jenis ini dilakukan secara perlahan. Dilansir The Healthy, setiap kali menarik napas, ini membuka dada sekaligus memperdalam kapasitas paru-paru untuk memperbaiki pernapasan yang dangkal. Lakukan perlahan sebanyak 10 kali. Lakukan beberapa kali repetisi jika mampu.

4. Nafas perut

10 Latihan Simpel dan Efektif Kuatkan Fungsi Paru-parubreathing.com

Sebuah studi dalam "Journal of Physical Therapy Science" tahun 2016 mencoba meneliti efek pernapasan perut pada tubuh. Hasilnya, otot diafragma jauh lebih kuat yang ternyata memengaruhi fungsi paru-paru juga.

5. Menyanyi dan tertawa

10 Latihan Simpel dan Efektif Kuatkan Fungsi Paru-paruUnsplash/Bruce Mars

Menyanyi dan tertawa ternyata sangat baik untuk pernafasanmu. Mengingat kamu biasanya akan kehabisan napas setelahnya tertawa atau menyanyi, Ini kegiatan menyenangkan yang juga bisa melatih fungsi paru-paru.

Baca Juga: Ini 11 Tanda Olahraga yang Kamu Lakukan Selama Ini Tidak Efektif

6. Latihan pernapasan lewat mulut

10 Latihan Simpel dan Efektif Kuatkan Fungsi Paru-parulunginstitute.com

Tanpa menggunakan fungsi hidung sekalipun, bernapaslah menggunakan mulut dengan menghirup udara selama 5 detik dan melepaskannya selama 10 detik. Kurang lebih latihannya seperti meniup lilin.

7. Latih postur tubuhmu

10 Latihan Simpel dan Efektif Kuatkan Fungsi Paru-paruchatelaine.com

Apakah kamu sudah melakukan postur tubuh yang benar ketika duduk atau berdiri? Laporan dari American Academy of Physical Medicine and Rehabilitation tahun 2006 menunjukkan bahwa postur tubuh yang buruk dapat menurunkan fungsi paru-paru. Biasakan berdiri, dan duduk serta melakukan aktivitas dengan posisi yang baik sehingga paru-parumu pun bekerja lebih baik.

8. Berenang

10 Latihan Simpel dan Efektif Kuatkan Fungsi Paru-paruriversfitness.co.uk

Ketika berenang, mau tidak mau kamu harus menahan napas di dalam air dan ini akan melatih paru-parumu secara tidak langsung. Tak heran para perenang memiliki nafas yang panjang dan kuat.

9. Plank

10 Latihan Simpel dan Efektif Kuatkan Fungsi Paru-parujournal.sociolla.com

Plank adalah latihan yang melatih daya tahan tubuhmu. Tak hanya melatih otot bahu dan perut, plank juga sangat baik untuk melatih pernapasan. Lakukan plank maksimal selama 1 menit supaya hasilnya optimal.

10. Aerobik

10 Latihan Simpel dan Efektif Kuatkan Fungsi Paru-paruUnsplash/Danielle Cerullo

Apa pun jenis latihan aerobiknya, baik itu senam, berenang, bersepeda, berjalan kaki, mendayung, dan sebagainya, latihan itu akan membantu meningkatkan kemampuan pernapasanmu. Itu karena latihan aerobik melatih paru-paru untuk menggunakan oksigen lebih efisien.

Satu hal terpenting, menurut laporan dalam jurnal "Breathe" tahun 2016, supaya paru-paru sehat, hindari rokok. Merokok dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam beraktivitas fisik dan mencapai potensi maksimal tubuh.

Berhenti merokok, akan membuatmu mampu berolahraga lebih lama paling cepat 2 minggu setelah mengisap rokok terakhir.

Selain itu, menurut laman Johns Hopkins Medicine, latihan pernapasan juga sangat berguna bagi para pasien yang baru sembuh dari COVID-19.

Itulah sejumlah cara sederhana yang efektif untuk menguatkan fungsi paru-parumu. Yuk, pilih latihan mana yang kamu sukai dan lakukan secara rutin demi kesehatanmu.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Ini 10 Risiko Kesehatan Jadi Pekerja Kantoran

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya