Comscore Tracker

Insomnia, 11 Gerakan Olahraga Ini Membantu Tidurmu Lebih Nyenyak 

Tak bikin keringatan lakukan sebelum tidur

Apakah selama ini kamu sulit tidur atau tak nyenyak sehingga tidur jadi tak berkualitas. Banyak upaya bisa dilakukan, mulai dari tidur delapan jam hingga meminum semacam obat tidur. Tetapi, ada pula satu cara simpel yang dinilai bisa membuatmu mendapatkan tidur yang lelap, yakni olahraga.

Olahraga ringan dinilai bisa melemaskan tubuh sebelum tidur hingga membuatmu nyaman ketika tidur. Selain itu dikatakan shape.com jika berolahraga sebelum tidur meningkatkan metabolisme tubuh hingga membuat energi lebih banyak terbakar dan mudah mengantuk. Berdasarkan jurnal “Interrelationship between Sleep and Exercise: A Systematic Review,” sudah ada banyak penelitian yang membahas hal ini dan memang menemukan pengaruh positif olahraga terhadap tidur.

Hanya beberapa studi di antaranya yang tidak menemukan adanya dampak atau imbas negatif dari olahraga terhadap kualitas tidur seseorang. Melihat situasi tersebut, bisa diambil kesimpulan jika ada faktor lain yang mempengaruhi dampak olahraga sebelum tidur, seperti umur dan tingkat stres. Berikut ini adalah beberapa gerakan olahraga yang bisa dilakukan sebelum tidur dan sekiranya tidak mengeluarkan banyak keringat.

1. Bear hug

Insomnia, 11 Gerakan Olahraga Ini Membantu Tidurmu Lebih Nyenyak healthline.com

Pertahankan posisi bear hug selama 30 detik. Selain menguatkan otot, sekaligus menjadi gerakan peregangan yang membuat otot relaks. Gerakan ini meredakan ketegangan serta rasa sakit pada otot bahu, lengan, dan punggung bagian atas.

2. Seated forward bend

Insomnia, 11 Gerakan Olahraga Ini Membantu Tidurmu Lebih Nyenyak verywellfit.com

Pertahankan posisi kaki yang lurus dan berusaha sebaiknya agar kepala mampu menyentuh lutut. Pertahankan selama lima menit.

Pose ini merelaksasi dan meregangkan tulang belakang, bahu, dan otot hamstring. Selain itu juga bisa meredakan stres sekaligus mengurangi ketegangan pada otak.

3. Legs-up-the-wall

Insomnia, 11 Gerakan Olahraga Ini Membantu Tidurmu Lebih Nyenyak yogajournal.com

Pertahankan posisi selama 10 menit. Manfaat gerakan ini untuk mengurangi kelelahan, menenangkan kaki, mengurangi ketegangan punggung dan sakit pada panggul

4. Push-up

Insomnia, 11 Gerakan Olahraga Ini Membantu Tidurmu Lebih Nyenyak doktersehat.com

Lakukan sebanyak 20 kali dan lakukan sekiranya dua set. Gerakan ini menguatkan otot bahu, menguatkan jantung, serta meningkatkan hormon pertumbuhan.

5. Elbow plank

Insomnia, 11 Gerakan Olahraga Ini Membantu Tidurmu Lebih Nyenyak popsugar.com

Tahan posisi ini selama 20 detik. Beristirahatlah, lalu lakukan sekali lagi. Gerakan ini memperbaiki postur tubuh, sekaligus menguatkan otot

Baca Juga: Turun Berat Badan Saat Tidur? Bisa Kok, Lakukan Aja dengan 9 Cara Ini!

6. Side plank

Insomnia, 11 Gerakan Olahraga Ini Membantu Tidurmu Lebih Nyenyak runsociety.com

Sama seperti elbow plank. Tahan selama 20 detik, namun bergantian untuk tiap sisi. Gerakan ini bermanfaat membentuk postur dan menguatkan sisi samping tubuh, terutama pada bagian paha belakang dan lengkungan kaki.

7. Squats

Insomnia, 11 Gerakan Olahraga Ini Membantu Tidurmu Lebih Nyenyak popsugar.com

Lakukan 20 kali sebanyak dua set. Squat membentuk otot paha, mengecilkan perut, meningkatkan aliran darah, serta membentuk pantat.

8. Alternating lunges

Insomnia, 11 Gerakan Olahraga Ini Membantu Tidurmu Lebih Nyenyak julielohre.com

Lakukan 20 kali dan bergantian sisi. Memperbaiki keseimbangan tubuh, membentuk otot perut, punggung dan pantat.

9. Jump squat

Insomnia, 11 Gerakan Olahraga Ini Membantu Tidurmu Lebih Nyenyak oxygenmag.com

Juga lakukan 20 kali. Atau bisa diganti dengan wall sit selama 20 detik. Manfaatnya untuk mengencangkan otot paha dan pantat

10. Wall sit

Insomnia, 11 Gerakan Olahraga Ini Membantu Tidurmu Lebih Nyenyak coachmag.co.uk

Tahan selama 20 detik. Posisi ini bisa untuk menggantikan jump squat.

11. Meditasi

Insomnia, 11 Gerakan Olahraga Ini Membantu Tidurmu Lebih Nyenyak videoblocks.com

Gerakan yang tampaknya diam saja ini sebenarnya melatih pernapasanmu. Idealnya lakukan selama 25 menit. Meditasi akan membantumu merasa rileks dan membantu tidurmu lebih nyenyak.

Pilihlah beberapa gerakan di atas tidak semua harus dilakukan secara lengkap. Lakukan rutin selama 5 sampai 10 menit sebelum tidur, lebih bagus dilanjutkan dengan meditasi.  Efek lebih lanjut bisa dirasakan tubuhmu kalau melakukan gerakan tersebut konsisten selama beberapa waktu dan menjadikannya sebagai kebiasaan.

Baca Juga: Waspada, Inilah 7 Risiko yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Banyak Tidur

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya