Comscore Tracker

13 Mindset Negatif Ini Bikin Program Turun Berat Badan Gagal Total

Atur berat badan mulai dari pikiranmu

Berat badan yang kian membengkak membuatmu tak percaya diri dan memutuskan menjalani program diet? Nah, menurutmu siapa musuh terbesar saat menjalani program diet?

Jawabannya adalah... diri sendiri! Sering kali, kalau pun kita sudah menghindari berbagai makanan yang menggoda, diri sendiri malah yang menggagalkan. Tidak banyak orang yang menyerah pada program diet karena mereka merasa stuck dan tubuh mereka tidak berubah. Padahal, baru berjalan berapa bulan saja!

Kita pun harus sadar kalau mindset kita juga ikut turut andil dalam keberhasilan program diet. Kalau mindset kita mundur, tentu proses diet kita takkan maju ke depan. Jadi, mindset apa saja yang harus diubah demi mendapatkan tubuh ideal? Camkan baik-baik, ya!

1. Menetapkan target yang tidak realistis contohnya, turun 20 kilogram dalam 2 minggu

13 Mindset Negatif Ini Bikin Program Turun Berat Badan Gagal TotalBuat target diet yang realistis agar mudah dicapai. slideteam.net

Mana mungkin tercapai (kecuali tidak makan)! Kalau gagal, kamu malah kecewa dan program diet jadi gagal, sehingga tubuh makin melar. Yang benar, kamu buat target yang realistis dan tetap berkomitmen!

2. Pakai obat pelangsing atau penurun lemak dibandingkan cara alami

13 Mindset Negatif Ini Bikin Program Turun Berat Badan Gagal TotalIlustrasi: Minum obat kurus belum tentu bikin kamu kurus terus. healthline.com

Meskipun memang bisa, tanyakan pada dirimu, "Sepadan dengan risiko efek samping?" atau "Hasilnya jangka panjang?" Tanamkan dalam benakmu kalau alami lebih baik!

3. Cepat menyerah karena baru dua atau tiga kali mencoba sudah gagal?

13 Mindset Negatif Ini Bikin Program Turun Berat Badan Gagal TotalIlustrasi: Diet harus percaya pada proses. imgur.com

Kunci untuk dapat kurus adalah tidak menyerah dengan proses. Orang lain yang "dulu gemuk, sekarang kurus" pun juga pernah mau nyerah! Bedanya? Mereka terus maju!

4. Terus menunda-nunda "Dietnya mulai besok aja"?

13 Mindset Negatif Ini Bikin Program Turun Berat Badan Gagal TotalJangan menunda diet kalau ingin kurus. aminoapps.com

Menunda permulaan diet adalah salah satu penyebab paling sering kenapa seseorang gagal kurus. Camkan ini, "Now or never". Kamu mulai saat ini juga atau kamu akan terus menunda sampai tidak jadi? Itu keputusanmu!

5. Malas belajar tentang menghitung nutrisi dan defisit kalori

13 Mindset Negatif Ini Bikin Program Turun Berat Badan Gagal Totalgetyourleanon.com

Kalau kamu tidak mempelajari program dan asupan makan yang kamu hindari atau butuhkan, gimana mau mencapai badan ideal?

Baca Juga: Perlu Tahu, Ini 7 Tanda Kamu Sudah Pernah Tertular COVID-19 

6. Menyiksa diri dengan menolak segala makanan hanya untuk kurus

13 Mindset Negatif Ini Bikin Program Turun Berat Badan Gagal TotalDiet bukan berarti menolak semua makanan. newtimes.co.rw

Manusia butuh makan, lho! Mengurangi sedikit kalori memang salah satu metode yang tepat untuk kurus. Tetapi, kalau terlalu banyak, bisa berbahaya untuk tubuh!

7. Saat berolahraga, kamu langsung pilih beban yang berat

13 Mindset Negatif Ini Bikin Program Turun Berat Badan Gagal Totalquickanddirtytips.com

Bukannya berhasil, kamu malah kecapekan dan hasilnya nihil. Pelan-pelan saja!

8.Menolak lemak. Tidak semua lemak itu baik, tetapi tidak semua lemak itu jahat

13 Mindset Negatif Ini Bikin Program Turun Berat Badan Gagal Totalebookanalysis.com

Jadi, jangan hindari semua lemak begitu saja! Jangan sampai, asupan lemak yang kamu hindari, malah sebenarnya kunci dari tubuh ideal yang kamu dambakan!

9. Saat tertekan, kamu melarikan diri ke makanan

13 Mindset Negatif Ini Bikin Program Turun Berat Badan Gagal TotalSedih dan makan. encouragement4today.com

Sekali-sekali, tidak apa-apa. Namun, kalau keseringan, berat badanmu yang kena konsekuensinya! Sebenarnya, kuncinya bukan di makanan, melainkan di masalahnya. Hadapi problem-mu face to face, bukan dengan kabur ke makanan!

10. Stuck di satu program olahraga saja

13 Mindset Negatif Ini Bikin Program Turun Berat Badan Gagal TotalPixabay.com/profivideos

Padahal, kalau kamu di program yang itu-itu saja, maka kamu sedang jalan di tempat! Joging memang bisa menurunkan berat badan, tetapi pernah coba angkat beban? Mengontrol kalori makanan? Kalau belum, kamu ketinggalan, lho!

11. Dengan bentuk tubuhmu yang sekarang, kamu malu ke tempat gym?

13 Mindset Negatif Ini Bikin Program Turun Berat Badan Gagal Totalunsplash.com/Victor Freitas

Percayalah, mereka pun juga memiliki ketakutan yang sama. Bedanya, mereka lebih konsen ke diri sendiri! Agar lebih efektif, kamu bisa menyewa personal trainer (PT), work out saat sepi, atau mengajak teman

12. Depresi dan kenaikan berat badan saling bergandeng tangan

13 Mindset Negatif Ini Bikin Program Turun Berat Badan Gagal Totalunsplash.com/Priscilla Du Preez

Selain kadar kortisol naik, depresi juga membuat kadar resistin (biang kerok diabetes) ikut naik, sehingga menyebabkan kinerja insulin menurun dan memperbesar risiko diabetes tipe 2. Jika kamu menghadapi depresi, jangan malu atau takut untuk berkonsultasi, ya!

13. Kamu gak suka kan kalau dibanding-bandingkan? Kalau gitu, kenapa kamu membandingkan badanmu dengan orang lain?

13 Mindset Negatif Ini Bikin Program Turun Berat Badan Gagal TotalMembandingkan berat badan tidak baik untuk diet. fitness19.com

Kalau kamu binaragawan/ti, mungkin boleh. Tetapi kalau soal kurus? Kondisikan dengan kesehatanmu, ya. Berat badan bukan soal kompetisi, lho!

"Ah, mungkin saya memang ditakdirkan berbadan seperti ini."

Jangan berpikir begitu! Bukan hanya soal tindakan, menurunkan berat badan juga adalah konflik pikiran. Dengan mindset yang salah, bukannya badan kurus, proses dietmu malah "jalan di tempat" dan kamu sedih sendiri. Hasilnya, program diet gagal maning, berat badan malah semakin naik sampai susah turun. Kesehatanmu yang dipertaruhkan, lho.

Itulah 13 mindset negatif yang membuatmu sulit mencapai berat badan ideal. Intinya jangan mudah menyerah dan teruslah berusaha untuk mencapai berat yang kamu tuju. Semua perlu proses lakukan dengan disiplin. Semangat, kamu pasti bisa!

Baca Juga: 5 Perubahan pada Kulit akibat Kurang Tidur, Bikin Cepat Tua!

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya