Comscore Tracker

6 Kebiasaan Sepele yang Bisa Menyebabkan Susah Hamil 

Semoga cepat dapat buah hati

Pasangan menikah tentu ingin segera menimang buah hati. Banyak penyebab mengapa pasangan sulit mendapatkan keturunan, namun ternyata ada beberapa hal atau kebiasaan yang dianggap sepele yang bisa mempengaruhi kesuburan.

Faktor-faktor ini mungkin dinilai receh alias tak penting, namun sebenarnya dapat memperkecil peluang hamil jika dibiarkan begitu saja. Yuk, para calon ortu, waspadai 6 faktor penyebab susah hamil yang sering disepelekan berikut.

1. Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi

6 Kebiasaan Sepele yang Bisa Menyebabkan Susah Hamil unsplash.com

Mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh, bisa berdampak buruk pada kesuburan calon ibu. Artinya ovulasi bisa saja tidak terjadi.

Lemak jenuh banyak terkandung dalam berbagai jenis kue dan biskuit, pizza, snack, dan gorengan. Cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan seperti ini karena dapat meningkatkan risiko gangguan ovulasi hingga 73 persen.

Gantikan lemak jenuh dengan karbohidrat sehat. Jadi ketika kamu ngidam makanan-makanan tinggi lemak jenuh ini, gantikan dengan makanan kecil seperti pisang, roti gandum, kacang almon, atau yogurt dan buah beri.

2. Terlalu memforsir diri saat berolahraga

6 Kebiasaan Sepele yang Bisa Menyebabkan Susah Hamil pexels.com

Berolahraga sebenarnya dapat meningkatkan kesuburan sampai taraf tertentu, namun kamu harus melakukannya dengan kadar yang tepat. Memforsir diri saat berolahraga dapat berdampak buruk pada keseimbangan energi dan siklus reproduksi calon ibu.

Para illmuwan telah menemukan fakta bahwa olahraga dalam waktu lama dan intensitas tinggi setiap hari dapat berpengaruh buruk pada kemampuan seorang wanita untuk hamil. Jadi, tetaplah berolahraga dengan seimbang untuk mempertahankan kesehatan tubuh calon ibu.

3. Indeks massa tubuh calon ibu terlalu rendah

6 Kebiasaan Sepele yang Bisa Menyebabkan Susah Hamil www.commons.wikimedia.org

Calon ibu dengan indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah dari standar normal dapat meningkatkan risiko disfungsi ovarium, kemandulan, dan kelahiran prematur. Gangguan pola makan dapat menyebabkan IMT yang lebih rendah dan terkadang juga berpengaruh buruk pada menstruasi dan kesuburan wanita.

Apabila kamu merasa kesulitan mengontrol asupan gizimu, coba gunakan aplikasi khusus yang dapat mencacat asupan kalori, masa tubuh, dan juga memonitor gejala-gejala kesehatan lainnya.

Baca juga: Sebelum Menikah, 6 Vaksin Penting ini Sangat Dianjurkan Untukmu

4. Suami stres yang menyebabkan kesuburannya menurun

6 Kebiasaan Sepele yang Bisa Menyebabkan Susah Hamil pexels.com
 
Peran pria dalam kehamilan sangat vital. Terbukti, tekanan hidup punya pengaruh besar pada kesuburan seorang pria, contohnya stres masalah pekerjaan, keluarga dan kehidupan sosial.

tulah mengapa ada baiknya pasangan yang ingin berusaha memiliki anak pergi berlibur berdua dalam keadaan santai dan romantis.

5. Pelumas yang salah bisa membunuh sperma

6 Kebiasaan Sepele yang Bisa Menyebabkan Susah Hamil flickr.com/photos/markhillary

Pelumas yang digunakan untuk bercinta mesti dipilih dengan hati-hati kerena ternyata ada sejumlah pelumas yang justru dirancang untuk membunuh sperma. Oleh karena itu, pilihlah pelumas seks yang tepat untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Berita baiknya, sekarang ada lubrikan yang bagus untuk kesuburan pria. Beberapa di antaranya punya level keasaman yang sesuai (pH 7,2 sampai 8,0). Beberapa yang lain mengandung ion magnesium dan kalsium yang mirip dengan cairan pelumas alami dari tubuh.

6. Salah dalam menghitung masa kesuburan sang calon ibu

6 Kebiasaan Sepele yang Bisa Menyebabkan Susah Hamil unsplash.com

Masa subur ibu memang tak mudah untuk diprediksi secara akurat. Apalagi jika siklus menstruasi calon ibu tidak teratur. Tetapi kini sudah ada teknologi yang bisa membantu menghitung masa subur.

Ada sejumlah aplikasi smartphone yang mampu membuat prediksi siklus menstruasi akurat. Dengan begitu kamu bisa memperkirakan masa subur yang tepat dan meningkatkan peluang kehamilan dengan berhubungan intim di masa-masa tersebut.

Itulah tadi 6 faktor penyebab susah hamil yang sering disepelekan. Jika masih sering melakukan hal ini, ada baiknya untuk dikontrol agar peluang kehamilan semakin meningkat. Untuk pasangan yang sedang menantikan momongan tetaplah semangat, terus berusaha, dan tetap berdoa. 

Baca juga: Inilah Frekuensi Bercinta yang Tepat Demi Kebahagiaan Hubunganmu

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya