Comscore Tracker

Ladies,Tak Pernah Keputihan Ternyata Berbahaya, Ini 5 Faktanya

Penting untuk organ intim perempuan

Banyak wanita masih salah paham tentang keputihan. Kondisi ini dianggap sebagai gejala penyakit serius seperti infeksi vagina hingga kanker serviks. Padahal, keputihan itu wajar terjadi, lho!

Justru wanita yang gak pernah mengalami keputihan perlu merasa cemas. Pertanda ada yang gak beres dengan fungsi organ intimnya. Mau tahu alasannya? Simak lima fakta berikut.

1. Keputihan itu sebenarnya apa, sih?

Ladies,Tak Pernah Keputihan Ternyata Berbahaya, Ini 5 Faktanyafreepik/spukkato

Keputihan merupakan suatu kondisi yang normal terjadi pada setiap wanita. Kondisi ini ditandai dengan keluarnya lendir atau cairan dari liang vagina menuju ke luar. Warna cairan cenderung bening bertekstur kental, dengan volume yang berbeda-beda pada tiap wanita.

2. Keputihan ternyata punya peran penting untuk organ intim wanita

Ladies,Tak Pernah Keputihan Ternyata Berbahaya, Ini 5 Faktanyahealthybabyhappyearth.com

Alih-alih menandakan gejala penyakit serius seperti kanker serviks atau kanker rahim, keputihan sebenarnya memegang peran penting dalam menjaga kesehatan organ intim wanita.

Cairan yang keluar saat keputihan berisi sel-sel mati dari dalam vagina, material asing, hingga bakteri dan kuman yang harus dikeluarkan. Artinya, keputihan adalah mekanisme alami tubuh untuk menjaga kebersihan organ intim.

Lendir keputihan juga berfungsi sebagai pelumas alami, melindungi vagina dari iritasi yang disebabkan oleh gesekan atau infeksi kuman dan bakteri.

3. Kapan normalnya keputihan terjadi?

Ladies,Tak Pernah Keputihan Ternyata Berbahaya, Ini 5 Faktanyafreepik/tutatama

Biasanya, keputihan terjadi pada masa subur seorang wanita. Namun bisa juga terjadi beberapa hari menjelang dan sesudah menstruasi. Durasinya pun berbeda-beda pada tiap wanita.

Keputihan perlu diwaspadai sebagai gejala penyakit jika terjadi terus-menerus dalam waktu lama, dan wujud cairannya gak biasa.

Baca Juga: Keputihan Saat Hamil: Langkah dan Cara Mengatasinya

4. Begini ciri-ciri keputihan yang normal

Ladies,Tak Pernah Keputihan Ternyata Berbahaya, Ini 5 Faktanyabuoyhealth.com

Seperti apa, sih ciri-ciri keputihan yang normal? Bisa diamati dari wujud cairan yang keluar, wajarnya berwarna cenderung bening dengan tekstur kental dan agak lengket.

Beberapa wanita mengeluarkan cairan keputihan berwarna agak putih. Kondisi ini tetap bisa dianggap normal selama gak diikuti dengan aroma amis cenderung busuk, atau muncul gumpalan kecil yang hancur saat ditekan menggunakan tangan.

Tanda lainnya bisa diamati dari residu cairan keputihan pada pakaian dalam. Setelah mengering, cairan keputihan menyisakan noda kekuningan tanpa gumpalan. Cairan keputihan yang normal juga gak menyebabkan rasa gatal pada kulit luar vagina.

5. Jika wanita gak pernah mengalami keputihan, apa yang terjadi?

Ladies,Tak Pernah Keputihan Ternyata Berbahaya, Ini 5 Faktanyafreepik/user15094161

Wanita yang gak mengalami keputihan bisa jadi disebabkan oleh gangguan hormonal, mengidap penyakit serius, hingga efek terapi pengobatan.

Biasanya, kondisi ini diikuti dengan gangguan siklus menstruasi. Jika dibiarkan, bisa mengganggu kesuburan dan meningkatkan risiko infeksi bakteri pada vagina.

Penting untuk diperhatikan, tingkatkan kebersihan organ intim selama terjadi keputihan, ya. Pastikan kamu mengenakan pakaian dalam yang nyaman dan gak ketat, agar kelembapan vagina terjaga pada batas normal.

Untuk beberapa wanita yang volume cairan keputihannya agak banyak, menggunakan pantyliner bisa menjaga kenyamanan saat beraktivitas.

Sebaiknya kamu pilih pantyliner yang lembut dan tanpa pewangi. Rutinlah menggantinya setiap 2 jam sekali. 

Jika memang keputihan yang kamu alami berlebihan, berwarna, dan berbau segeralah kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: 5 Cara Aman Mengobati Keputihan dengan Bahan Alami

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You