Comscore Tracker

10 Cara Menurunkan Berat Badan saat Puasa di Bulan Ramadan

Kontrol agar timbanganmu tak melonjak

Banyak orang beranggapan kalau berat badan pasti bakalan turun saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Memang masuk akal karena selama puasa kita tidak makan dan minum dari subuh hingga magrib. Masalahnya ketika berbuka puasa, timbangan ternyata seringkali malah jadi meroket.

Walaupun begitu, bulan Ramadan adalah waktu yang baik untuk menjalankan diet, lo. Karena orang-orang di sekitar tidak makan dan minum, kamu tak akan tergoda untuk jajan atau makan yang macam-macam. Tidak seperti hari-hari biasa. 

Untuk itu, ketahui apa saja yang sebaiknya kamu lakukan untuk menurunkan berat badan lebih cepat. Dengan begitu, ketika bulan yang suci ini berakhir, kamu bisa menjadi lebih sehat dan bugar. Berikut ini sejumlah cara yang bisa kamu coba!

1. Jangan lewatkan makan sahur

10 Cara Menurunkan Berat Badan saat Puasa di Bulan Ramadanilustrasi sahur (pexels.com/RODNAE Production)

Sahur merupakan hal yang membedakan antara puasa umat Islam dengan kelompok lainnya. Bukan hanya itu, sahur juga penting dilakukan untuk menjaga kesehatan dan mencegah kenaikan berat badan. Kenapa demikian?

Orang yang tidak sahur memiliki kecenderungan untuk kalap saat buka puasa. Semua yang ada di meja makan rasanya ingin dilahap. Mulai dari aneka takjil, nasi, lauk, sayuran, dan lain sebagainya. Akibatnya kamu malah gagal untuk menurunkan berat badan.

2. Perhatikan pilihan makanan saat sahur

10 Cara Menurunkan Berat Badan saat Puasa di Bulan Ramadanilustrasi kurma (IDN Times/Umi Kalsum)

Langkah selanjutnya adalah mengatur makanan dan minuman untuk sahur. Berikut ini sejumlah makanan yang sebaiknya kamu konsumsi:

  • Pilih karbohidrat kompleks seperti kentang, kacang-kacangan, biji-bijian, buah, gandum, ubi, dan oat;
  • Konsumsi protein seperti tahu, tempe, ayam, telur, ikan, dan kacang-kacangan;
  • Berbagai sayuran dan buah-buahan, terutama yang kaya akan serat;
  • Kurma.

3. Hindari makanan-makanan ini saat sahur

10 Cara Menurunkan Berat Badan saat Puasa di Bulan Ramadanilustrasi junk food (freepik.com/freepik)

Selain itu, kamu perlu perhatikan jenis makanan yang sebaiknya tidak kamu konsumsi saat sahur. Bukan hanya meningkatkan berat badan, makanan ini juga tidak sehat dan berpotensi menimbulkan gangguan pencernaan. Berikut ini di antaranya:

  • Makanan yang mengandung banyak lemak trans seperti gorengan, junk food, dan lain sebagainya;
  • Makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula seperti kue, permen, cokelat, boba, dan lain-lain;
  • Makanan bersantan, terlalu pedas, dan berminyak. 

4. Konsumsi minum air putih yang cukup

10 Cara Menurunkan Berat Badan saat Puasa di Bulan Ramadanilustrasi minum air (pexels.com/Daria Shevtsova)

Berikutnya, orang yang berpuasa rentan untuk mengalami dehidrasi. Jelas saja, kita tidak makan dan minum apa pun selama kurang lebih 14 jam setiap harinya. Itulah kenapa kita harus mencukupi kebutuhan air saat sahur, buka puasa, dan waktu di antaranya. 

Selain itu, kamu harus tetap terhidrasi untuk menekan nafsu makan dan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis saat buka puasa. Seperti itu penjelasan dari laman Al-Arabiya

Kita dianjurkan untuk minum dengan pola 2-4-2, yaitu minimal dua gelas saat buka puasa, empat gelas setelah Tarawih atau di malam hari, dan dua gelas lagi saat sahur. Ingat, minum air adalah salah satu kunci untuk menurunkan berat badan selama Ramadan!

5. Hindari berbuka puasa langsung mengonsumsi makanan berat

10 Cara Menurunkan Berat Badan saat Puasa di Bulan Ramadanilustrasi buka puasa (freepik.com/rawpixel.com)

Sebaiknya kamu tidak langsung makan makanan berat seperti nasi dan semua lauknya, ya. Seperti sunah, awali buka puasamu dengan kurma. Kamu juga bisa meneggak minuman hangat dan makan takjil yang ringan bersamanya. Beri jeda waktu untuk salat Magrib, barulah kamu bisa mengonsumsi makanan berat setelahnya.

Dilansir Have Halal Will Travel, upaya ini bisa mencegahmu untuk makan terlalu banyak saat berbuka puasa. Karena perut sudah terisi dengan kurma dan air, rasa lapar telah berkurang. Begitu pula dengan kapasitas perutmu. 

Baca Juga: 7 Buah-buahan Favorit Nabi Muhammad SAW, Kaya Gizi dan Manfaat

6. Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula

10 Cara Menurunkan Berat Badan saat Puasa di Bulan Ramadanilustrasi makan gula berlebihan (freepik.com/wayhomestudio)

"Berbukalah dengan yang manis". Ungkapan tersebut memang benar. Untuk mengembalikan gula darah yang drop selama berpuasa, kita disarankan mengonsumsi makanan atau minuman manis. Akan tetapi, konsumsi gula secara berlebihan tidak disarankan. 

Contohnya, kue-kue manis, permen, cokelat, apalagi boba, kopi susu, dan minuman lain yang kaya akan gula. Seperti yang kamu tahu, makanan manis mengandung kalori yang tinggi. Mengonsumsinya secara berlebihan bisa membuat angka di timbangan meningkat. 

7. Jangan terlalu sering makan gorengan saat buka puasa

10 Cara Menurunkan Berat Badan saat Puasa di Bulan Ramadanilustrasi gorengan (pergikuliner.com)

Di Indonesia, gorengan merupakan salah satu menu wajib untuk berbuka puasa. Mulai dari bakwan, tahu goreng, lumpia, odading, cireng, dan kawan-kawannya itu selalu ramai dijajakan di pinggir jalan. Memang nikmat, tapi tentu saja tidak disarankan, apalagi untuk konsumsi sehari-hari.

Dilansir Healthline, gorengan atau makanan yang digoreng mengandung banyak lemak trans atau lemak jahat. Mereka juga tinggi akan kalori dan kolesterol. Mengonsumsinya dalam waktu yang lama tentu akan membuat berat badan meningkat tanpa kamu sadari.

8. Anjuran dan pantangan lain saat berbuka puasa

10 Cara Menurunkan Berat Badan saat Puasa di Bulan Ramadanilustrasi buka puasa (engagingcultures.com)

Walaupun sedang ingin menurunkan berat badan, kamu masih wajib memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari protein, karbohidrat kompleks, vitamin, lemak baik, hingga mineral. 

Pilihlah makanan yang lebih rendah kalori atau batasi porsi agar tidak melebihi batas kalori yang dibutuhkan tubuh. Perbanyak pula konsumsi asupan protein, sayur, buah-buahan, dan air. Tidak hanya menyehatkan, makanan tersebut akan membantu berat badan turun.

Untuk pantangannya, berikut ini sejumlah makanan yang sebaiknya kamu hindari selain gula dan gorengan:

  • Makanan yang mengandung banyak lemak jahat seperti daging panggang, junk food, keripik, dan semua yang digoreng terutama deep fried;
  • Makanan olahan seperti nugget, sosis, ikan dalam kaleng, kornet, dan lainnya;
  • Nasi putih, sebaiknya kurangi porsi yang kamu konsumsi;
  • Pasta dan roti yang terbuat dari tepung terigu;
  • Minuman-minuman manis, termasuk jus buah. 

9. Jangan mengemil berlebihan pada malam hari

10 Cara Menurunkan Berat Badan saat Puasa di Bulan Ramadanilustrasi camilan tidak sehat (freepik.com/azerbaijan_stocker)

Setelah berbuka puasa, kamu tentu masih ingin makan snack dan lainnya, kan? Sebenarnya kebiasaan ini sah saja. Namun, kamu harus tahu camilan apa yang sebaiknya kamu konsumsi. 

Alih-alih makan keripik, kue, kukis, dan lainnya yang tidak sehat, kamu dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan. Selain menyehatkan, buah kaya akan serat tetapi rendah kalori. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan berat badan saat mengonsumsinya. 

10. Lakukan olahraga ringan

10 Cara Menurunkan Berat Badan saat Puasa di Bulan Ramadanilustrasi aktivitas olahraga di kantor (IDN Times/Athif Aiman)

Kamu mungkin lemas dan ingin bermalas-malasan saja selama puasa. Namun, kebiasaan itu akan membuat tubuh pasif. Lemak akan menumpuk karena tak bisa diolah menjadi energi untuk otot, begitu pula dengan kalori. 

Maka dari itu, kamu harus meluangkan waktu untuk berolahraga. Tak perlu yang berat-berat, kok. Cukup dengan stretching, yoga, berjalan kaki pada pagi hari, atau bersepeda. Biasakan berolahraga selama kurang lebih 30-60 menit per hari. Dengan begitu, berat badan bisa menurun lebih cepat. 

Itulah sejumlah cara yang bisa kamu coba untuk menurunkan berat badan lebih cepat selama berpuasa. Semoga makin sehat dan sukses menurunkan berat badanmu, ya.

Baca Juga: Waspadai 8 Gangguan Kesehatan Akibat Duduk Kelamaan, Yuk Bergerak!

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya