Comscore Tracker

Ini 7 Gejala Sistem Imun Tubuhmu Melemah, Lebih Waspada saat Pandemik 

Jangan sampai kondisi tubuhmu drop, cegah sebelum sakit

Saat pandemik COVID-19 sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Apalagi ada potensi wabah baru yaitu norovirus. Kesehatan pun harus selalu diutamakan. 

Seperti yang kita tahu, elemen tubuh yang berperan besar dalam menjaga kesehatan adalah sistem imun. Ketika sistem imun melemah, tubuh pun lebih mudah untuk terserang virus, bakteri, dan berbagai patogen lainnya. Kamu tentu tidak mau hal itu terjadi, kan?

Ada beberapa gejala sepele yang ternyata menandakan bahwa sistem imun kita sedang melemah. Ingin tahu apa saja gejala yang dimaksud? Simak berikut ini!

1. Merasa kelelahan setiap saat

Ini 7 Gejala Sistem Imun Tubuhmu Melemah, Lebih Waspada saat Pandemik unsplash.com/yrss

Kelelahan biasanya mudah diatasi. Tidur cukup, konsumsi makanan yang bernutrisi, dan refreshing adalah beberapa cara ampuh untuk segar kembali. Tetapi apabila kondisi ini menimpamu hampir setiap hari, bisa jadi sistem imunmu sedang bermasalah. 

Mengutip laman WebMD, ini terjadi karena sistem imun sedang berperang melawan patogen yang masuk ke dalam tubuh. Dalam proses tersebut, mereka akan mengeluarkan hormon sitokin. Zat itulah yang kemudian membuat tubuh terasa lelah setiap waktu. 

2. Luka sembuh lebih lama daripada biasanya

Ini 7 Gejala Sistem Imun Tubuhmu Melemah, Lebih Waspada saat Pandemik amazonaws.com

Ketika kamu terluka, sistem imun secara sigap bertindak. Melansir LiveStrong, pasukan tersebut akan segera membekukan darah, melawan infeksi yang kemungkinan terjadi, dan membentuk jaringan baru untuk menutup luka tersebut. 

Tetapi ketika sistem imun dalam tubuhmu sedang lemah, maka proses tersebut akan terjadi jauh lebih lama. Hal ini pun berpotensi untuk membuat tubuh semakin sakit karena infeksi sulit untuk dihentikan. 

Baca Juga: Tak Cuma Batuk Pilek , Ini Daftar 7 Gejala COVID-19 Terbaru

3. Masalah pencernaan

Ini 7 Gejala Sistem Imun Tubuhmu Melemah, Lebih Waspada saat Pandemik fitforwork.org

Perut kembung, begah, sulit buang air besar, atau bahkan mag adalah tanda berikutnya dari sistem imun yang melemah. Ini mungkin terjadi karena 70 persen jaringan imun kita berada di saluran pencernaan. Jadi, ketika ada masalah, pencernaan adalah salah satu yang paling terdampak. 

Tak hanya itu, ada banyak mikroorganisme penting di saluran pencernaan yang berpengaruh besar dalam meregulasi keseimbangan imunitas. Ketika sistem imun, terutama sel darah putih, melemah dan berkurang, mikroorganisme baik tak mampu melawan mikroorganisme buruk. Dampaknya adalah gangguan pencernaan.

4. Gampang terkena flu

Ini 7 Gejala Sistem Imun Tubuhmu Melemah, Lebih Waspada saat Pandemik unsplash.com/candidbcolette

Saat kamu mengalami flu, ini berarti bahwa ada virus yang menyerang tubuhmu. Sistem imun yang seharusnya melawan infeksi tersebut tidak mampu mengusir virus sehingga kamu jatuh sakit.

Walaupun flu biasanya bukanlah masalah yang besar, ini adalah tanda bahwa sistem imun melemah dan kamu harus segera memperbaikinya. Jika tidak, patogen lain berpotensi untuk menyerangmu. 

Ketika kamu mengalami flu, terutama di masa pandemik ini, sebaiknya istirahatlah di rumah. Hindari ke luar rumah jika tidak ada hal yang mendesak, selalu gunakan masker, serta konsumsi buah, sayur, dan suplemen. 

5. Sering mengalami infeksi

Ini 7 Gejala Sistem Imun Tubuhmu Melemah, Lebih Waspada saat Pandemik hearstapps.com

Infeksi bisa terjadi di berbagai organ tubuh. Misalnya di telinga, rongga hidung, vagina, saluran urine, dan lain sebagainya. Infeksi yang menyerang tubuh menggambarkan sistem imun tidak bisa bekerja dengan baik dalam melawan mikroorganisme jahat. 

Kondisi tersebut memang bisa diatasi dengan cara mengonsumsi antibiotik. Namun, selain itu, kamu juga harus memperbaiki sistem imunmu. Kamu sebaiknya konsultasi dengan dokter ahli imunologi atau penyakit dalam. 

6. Mengalami masalah kulit

Ini 7 Gejala Sistem Imun Tubuhmu Melemah, Lebih Waspada saat Pandemik news-medical.net

Mengutip Oak Wellness, jaringan kulit memiliki lapisan lemak yang disebut sebagai lipid. Lapisan tersebut berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit sekaligus mencegah masuknya mikroorganisme ke dalamnya. Ia dapat bekerja maksimal dengan bantuan dari sistem imun. 

Namun, ketika sistem imun kita melemah atau telah bekerja terlalu keras di area lain, kulit akhirnya mudah mengalami iritasi.  Tak heran jika akhirnya timbul jerawat, eksem, ruam, gatal, hingga reaksi alergi sering dialami ketika daya tahan tubuh drop.

7. Stres

Ini 7 Gejala Sistem Imun Tubuhmu Melemah, Lebih Waspada saat Pandemik unsplash.com/Tim Gouw

Stres dalam kasus ini lebih berperan sebagai salah satu hal yang memicu lemahnya imunitas. Sebab, ketika kita merasa tertekan, otak akan mengeluarkan hormon stres kortisol yang bisa memicu terjadinya inflamasi atau peradangan pada tubuh. Sistem imun pun harus bekerja ekstra untuk mengatasinya. 

Dilansir Cleveland Clinic, itulah kenapa orang yang stres, depresi, dan mengalami gangguan psikologis lain lebih rentan terhadap berbagai macam penyakit. Kondisi ini disebut juga sebagai sakit psikosomatis, gangguan fisik yang disebabkan oleh buruknya kondisi mental.

Apakah kamu mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas? Jika iya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kondisi imunmu memburuk. Berikut ini di antaranya:

  • Perbaiki pola dan kualitas tidur. Contohnya dengan cara mengatur waktu tidur, mematikan lampu di malam hari, dan lain sebagainya;
  • Konsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang;
  • Kurangi konsumsi gula, fast food, dan makanan-makanan yang tak sehat;
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran;
  • Minum suplemen sesuai dengan dosis dan kebutuhan tubuh;
  • Berolahraga secara teratur. 
  • Kelola stres dengan baik. Misalnya dengan yoga, meditasi, melakukan hobi, dan lain sebagainya;

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan imunitas tubuh sekaligus mencegah sakit. Saat pandemik ini, pastikan kamu selalu menjaga kesehatanmu dengan baik, ya.

Baca Juga: 10 Latihan Simpel dan Efektif Kuatkan Fungsi Paru-paru

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya