Comscore Tracker

Lebih Baik Tidur dengan AC atau Kipas Angin? Ini Faktanya!

Kamu tim AC atau tim kipas angin, nih?

Banyak orang menganggap bahwa tidur dengan suhu hangat adalah yang terbaik. Namun, ternyata ini keliru. Bukti ilmiah justru menyarankan kita untuk berada di ruangan yang sejuk agar tidur semakin nyenyak dan berkualitas. 

Untuk mengatasi udara kamar yang panas, AC dan kipas angin bisa menjadi solusi. Sebagian orang memilih AC karena dianggap bisa menjadikan ruangan sejuk secara optimal, sementara sebagian lainnya memilih kipas angin karena harganya (plus tagihan listrik) lebih murah atau tak tahan dengan udara dingin.

Namun, jika ditinjau dari aspek kesehatan, mana yang lebih baik antara tidur dengan AC atau kipas angin? Yuk, simak perbandingannya berikut ini!

1. AC lebih efektif dalam mendinginkan ruangan

Lebih Baik Tidur dengan AC atau Kipas Angin? Ini Faktanya!crownpower.com.au

Jika dilihat dari sisi fungsionalnya, AC memang lebih unggul dalam mengusir udara panas ketimbang kipas angin. Pendingin ruangan yang satu ini sangat cocok digunakan terutama sepanjang musim kemarau. 

Alasan kenapa AC lebih efektif mendinginkan ruangan adalah alat ini mengalirkan udara dalam suhu rendah yang bisa disesuaikan dengan preferensi kita. Sementara itu, kipas angin hanya bisa mengalirkan dan memusatkan udara yang ada di dalam ruangan. 

Itulah kenapa ketika kamu menggunakan kipas angin di cuaca yang panas, udara yang dihasilkan tetap panas. Maka dari itu, jika dilihat dari fungsi ini, AC lebih unggul. 

2. Kualitas udara di ruangan yang menggunakan kipas angin cenderung lebih baik

Lebih Baik Tidur dengan AC atau Kipas Angin? Ini Faktanya!sleepsugar.com

Selanjutnya, jika dilihat dari kualitas udara, kipas angin bisa dibilang lebih unggul dibandingkan AC. Kenapa seperti itu?

Pada umumnya, AC membuat sirkulasi udara di dalam ruangan selalu sama. Sebab, alat tersebut tidak bisa mengalirkan udara dari dalam ke luar dan sebaliknya. Terlebih, ruangan dengan AC biasanya harus tertutup untuk menjaga suhu tetap dingin. Akibatnya, ketika ada virus dan patogen lain, mereka terus berputar di sana.  

Hal ini berbeda dengan kipas angin. Ketika menggunakannya, kamu tidak harus menutup rapat ruangan. Dengan begitu, sirkulasi udara dari dalam ke luar dan sebaliknya bisa berjalan dengan lancar. Apalagi, ada pula jenis kipas angin bernama exhaust fan yang didesain untuk mengalirkan udara dari luar ke dalam ruangan. 

3. AC bisa membuat udara jadi kering

Lebih Baik Tidur dengan AC atau Kipas Angin? Ini Faktanya!acerservices.com.au

Menggunakan AC memang membuat tidur semakin nyaman. Akan tetapi, alat tersebut bisa membuat udara di dalam kamar semakin kering. Hal ini memiliki beberapa dampak terhadap kesehatan. Di antaranya:

  • Kulit menjadi lebih kering daripada biasanya;
  • Tubuh dehidrasi tanpa disadari;
  • Jika kamu sedang batuk, tenggorokan semakin terasa tak nyaman. 

Kondisi di atas memang berpotensi terjadi juga ketika kamu tidur dengan kipas angin yang menyala. Sebab, melansir LiveScience, semua yang membuat udara bergerak kencang bisa menguapkan kelembapan. Namun, efek tersebut tidak sebesar yang ditimbulkan oleh AC. 

Baca Juga: 7 Tips Menjaga Semangat Aktif Bergerak, Bikin Kamu Selalu Merasa Muda

4. Sebaliknya, kipas angin bisa membuat debu di ruangan menyebar

Lebih Baik Tidur dengan AC atau Kipas Angin? Ini Faktanya!heart.co.uk

Sadarkah kamu bahwa gerakan udara yang dihasilkan oleh kipas angin jauh lebih kencang dibandingkan AC? Ini karena kipas angin tidak membuat suhu jadi lebih rendah, sehingga alat itu harus meniupkan udara dengan kencang agar terasa sejuk. 

Sayangnya, hal ini menjadi kelemahan kipas angin. Udara yang bertiup kencang akan membuat debu dan polutan lain menyebar ke seluruh ruangan. Kondisi tersebut bisa memicu alergi

Tak hanya itu, jika kamu mengarahkan kipas angin langsung ke tubuh, kamu berisiko mengalami nyeri otot. Melansir Sleep Advisor, ini karena udara dingin yang terkonsentrasi membuat otot tegang dan kram. 

5. Jadi mana yang lebih baik, kipas angin atau AC?

Lebih Baik Tidur dengan AC atau Kipas Angin? Ini Faktanya!adamsheat.com

Jika ditanya, mana yang lebih baik di antara kipas angin dan AC, jawabannya tergantung pada kebutuhan dan kondisi lingkungan di sekitarmu. Sebab, hal ini tidak bisa harus disesuaikan dengan masing-masing individu. 

Misalnya, jika kamu berada di lingkungan yang sangat panas, AC adalah pilihan yang terbaik untukmu. Sebab, pendingin ruangan tersebut bisa memenuhi standar suhu udara yang direkomendasikan untuk tidur menurut para ahli, yaitu 18-19 derajat Celcius. 

Sementara itu, jika kamu sensitif dengan udara yang terlalu dingin, sedang menderita flu atau batuk, dan tinggal di tempat yang sejuk, kipas angin bisa jadi pilihan. Terlebih jika kamu alergi dengan udara dingin. 

6. Jika kamu memilih AC, ini cara pemakaian terbaiknya!

Lebih Baik Tidur dengan AC atau Kipas Angin? Ini Faktanya!pippinbrothers.com

Apakah AC lebih mampu mengakomodasi kebutuhanmu? Jika iya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika tidur dengan AC menyala untuk mengurangi risiko kesehatan yang ditimbulkannya. Berikut ini di antaranya:

  • Gunakanlah pelembap kulit sebelum tidur;
  • Jika kamu memiliki humidifier atau air purifier, sebaiknya nyalakan alat tersebut untuk menjaga kualitas udara;
  • Sedia air minum di dalam kamar;
  • Pastikan kamu membersihkan filter AC secara rutin. 

7. Jika kamu menggunakan kipas angin, ini cara pemakaian terbaiknya!

Lebih Baik Tidur dengan AC atau Kipas Angin? Ini Faktanya!howstufworks.com

Jika kamu termasuk tim kipas angin, berikut ini beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk mengurangi risiko kesehatan yang mungkin dipicunya:

  • Jangan pernah mengarahkan kipas angin langsung ke tubuhmu;
  • Sebisa mungkin pantulkan arah angin ke dinding agar udara berputar di ruangan;
  • Untuk menambah rasa dingin, kamu bisa meletakkan botol berisi es di depan kipas angin;
  • Jangan lupa bersihkan kipas angin secara rutin untuk menghilangkan debu yang menumpuk di dalamnya. 

Nah, seperti itulah perbandingan penggunaan AC dan kipas angin ketika tidur. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalau kamu pilih yang mana, nih? 

Baca Juga: Simak, Ini 7 Manfaat dan Risiko Kesehatan Minum Air Dingin

Topic:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya