Comscore Tracker

7 Jenis Benjolan pada Miss V, Kenali Ciri-cirinya Sebelum Terlambat!

Jangan panik dulu, ya...

Benjolan bisa muncul dimana saja pada bagian tubuh, dan bisa membuat seseorang khawatir. Apalagi kalau munculnya di bagian vital seperti di area vagina. Jika hal ini terjadi padamu, kamu harus tenang, jangan panik!

Hal pertama yang perlu kamu pahami bahwa ini hal yang cukup normal, banyak wanita yang mengalaminya. Kemudian, kenali sebab munculnya benjolan tersebut. Simak jenis-jenis benjolan di daerah vagina berikut ini!

1. Ingrown hair

7 Jenis Benjolan pada Miss V, Kenali Ciri-cirinya Sebelum Terlambat!beardoholic.com

Ingrown hair adalah rambut yang tumbuh mengarah ke dalam kulit dan menimbulkan benjolan. Benjolan karena ingrown hair biasa muncul setelah mencukur rambut kemaluan.

Ciri-ciri dari benjolan ini adalah warnanya gelap, sakit saat disentuh, terlihat seperti memiliki titik di bagian tengah, dan kamu bisa melihat ada rambut di dalamnya. Titik di bagian tengah bukanlah nanah, melainkan sebum yang terperangkap.

2. Varises

7 Jenis Benjolan pada Miss V, Kenali Ciri-cirinya Sebelum Terlambat!sciencenews.org

Varises adalah pembengkakan pembuluh darah. Biasanya penyakit ini muncul di kaki, tapi kabar buruknya, varises juga bisa terjadi di daerah vulva (bagian luar vagina). Benjolan ini akan terlihat berwarna kebiruan. Jika ditekan, benjolan tersebut hilang, tetapi akan kembali lagi ketika jari diangkat. Terkadang akan timbul rasa gatal dan berdarah.

3. Ruam

7 Jenis Benjolan pada Miss V, Kenali Ciri-cirinya Sebelum Terlambat!eliminarvarices.top

Jika kamu menderita eksim dan psoriasis, kamu akan mengetahui jika ruam tersebut tersebar hingga ke daerah vulva. Ruam biasanya menimbulkan gatal dan kemerahan pada kulit. Tentunya ini akan membuatmu merasa tidak nyaman karena selalu ingin menggaruk area yang gatal. Ruam biasa diobati dengan krim steroid.

Baca Juga: Fakta Seputar Varises Pada Vagina, Sudah Tahu Belum?

4. Kutil kelamin

7 Jenis Benjolan pada Miss V, Kenali Ciri-cirinya Sebelum Terlambat!rd.com

Penyakit ini termasuk penyakit yang cukup serius. Kutil kelamin disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV) yang dapat menyebar melalui hubungan seks. Virus tersebut berada dalam kelompok virus yang menyebabkan kanker serviks.

Ciri-ciri dari kutil kelamin adalah timbulnya benjolan kecil dengan warna seperti kulit. Kemudian terdapat permukaan kasar di sekitar benjolan dan kadang menimbulkan gatal atau panas.

5. Herpes

7 Jenis Benjolan pada Miss V, Kenali Ciri-cirinya Sebelum Terlambat!medicalnewstoday.com

Penyakit ini sering disamakan dengan kutil kelamin. Herpes adalah infeksi yang disebabkan oleh Herpes Simplex Virus yang disebarkan melalui hubungan seks, termasuk seks oral.

Sering kali gejala yang ditimbulkan cukup ringan sehingga penderitanya tidak menyadari bahwa mereka tertular penyakit ini. Ciri-ciri herpes adalah timbulnya rasa gatal, muncul benjolan merah yang terlihat seperti jerawat, dan munculnya bisul.

6. Kista

7 Jenis Benjolan pada Miss V, Kenali Ciri-cirinya Sebelum Terlambat!indianexpress.com

Dilansir dari Hello Sehat, kista dapat berupa benjolan yang terisi dengan cairan, semisolid, atau material gas. Ia biasanya muncul di dalam dinding vagina. Penyakit ini bisa terjadi pada siapapun di usia berapapun.

Pada umumnya, kista tidak memiliki gejala tertentu. Bahkan tidak ada rasa sakit yang muncul. Namun ketika benjolan membesar dan menekan organ lain, kamu harus segera menghubungi dokter untuk penanganan selanjutnya.

7. Kanker

7 Jenis Benjolan pada Miss V, Kenali Ciri-cirinya Sebelum Terlambat!unsplash.com/@charlesdeluvio

Kanker pada vulva dan vagina adalah hal yang cukup jarang ditemui. Gejala yang timbul di antaranya adalah benjolan pada vulva, perubahan warna kulit, gatal, panas, atau sakit, kulit menebal, hingga pendarahan.

Kanker vulva biasanya dialami oleh wanita perokok. Jika kamu pernah mengalami kutil kelamin, risiko untuk terinfeksi kanker lebih besar.

Ketika kamu  tidak yakin akan benjolan yang muncul di area kewanitaanmu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Sebaiknya, kamu juga harus menghubungi dokter ketika ada benjolan yang ukurannya tak kunjung mengecil.

Baca Juga: Waspada, 8 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Mengganggu Kesehatan Vaginamu

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You