Comscore Tracker

Senang Lahir Batin, Ini 7 Manfaat Cuddling dengan Pasangan

Gimana nih nasib para jomlo?

Apakah selama ini kamu sering melakukan cuddling dengan pasangan? Cuddling tak sama dengan berpelukan biasa. Cuddling biasanya umumnya dilakukan sambil tiduran atau bersandar dan bersantai.

Dalam kamus Oxford, cuddling berarti berpelukan erat sebagai cara menunjukkan rasa cinta atau kasih sayang. 

Pelukan biasa hanya berlangsung sesaat, sedangkan cuddling biasanya dilakukan dalam waktu yang lama. Bisa berjam-jam atau bahkan semalaman.

Ternyata tidak hanya mendatangkan rasa nyaman dan bikin relaks, mendekap tubuh seseorang memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Ingin tahu apa saja? 

1. Mendorong produksi hormon oksitosin yang membangkitkan rasa senang

Senang Lahir Batin, Ini 7 Manfaat Cuddling dengan Pasangandreams.co.uk

Ternyata, saat kita mendekap seseorang, otak memproduksi hormon 'rasa senang' yaitu oksitosin. Hormon oksitosin dikenal juga sebagai hormon cinta karena berkaitan dengan kasih sayang dan cinta. Hormon ini adalah akar dari berbagai manfaat cuddling di poin-poin selanjutnya.

2. Meredakan rasa sakit dan nyeri

Senang Lahir Batin, Ini 7 Manfaat Cuddling dengan PasanganUnsplash/Damir Spanic

Selain terkait dengan rasa senang dan kasih sayang, hormon oksitosin tersebut ternyata juga berperan besar dalam meredakan sakit dan nyeri. Oksitosin bekerja dengan cara memblokir sinyal sakit yang menuju ke otak. 

Dilansir Life Hack, sebenarnya sentuhan ringan sudah mampu mengeluarkan hormon oksitosin untuk meredakan sakit seperti sakit kepala, kram perut, fan rasa sakit lainnya. Bayangkan seberapa efektifnya cuddling yang melibatkan kontak fisik pada seluruh tubuh. 

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Senang Lahir Batin, Ini 7 Manfaat Cuddling dengan Pasangangoalcast.com

Bukan hanya oksitosin, ketika cuddling, tubuh juga memproduksi hormon serotonin. Keduanya berperan dalam memunculkan perasaan bahagia. Hormon serotonin dan oksitosin, keduanya berperan untuk meningkatkan kinerja sistem imun tubuh. 

Studi dari Carnegie Mellon University, Amerika Serikat, tahun 2014 menemukan bahwa orang yang sering berpelukan memiliki risiko yang lebih kecil untuk terserang flu dan biasanya hanya mengalami gejala ringan karena memiliki imunitas tubuh yang lebih baik.

4. Mengurangi stres

Senang Lahir Batin, Ini 7 Manfaat Cuddling dengan PasanganUnsplash/Toa Heftiba

Perasaan nyaman, bahagia, dan relaks akan muncul saat kamu cuddling dengan pasangan. Apalagi jika kamu melakukannya setelah menjalani hari yang berat dan penuh dengan tekanan. 

Faktanya, cuddling memang salah satu cara ampuh untuk meringankan stres. Lagi-lagi, ini adalah andil dari oksitosin. Hormon tersebut merupakan obat alami untuk semua kecemasan yang kau rasakan. Cuddling akan menghambat produksi hormon stres kortisol.

Baca Juga: Sakitnya Nyeri Sendi, Kenali Penyebab, Gejala dan Risiko Asam Urat

5. Mengeratkan hubungan dengan pasangan

Senang Lahir Batin, Ini 7 Manfaat Cuddling dengan Pasanganinsider.com

Nama lain dari oksitosin adalah "hormon cinta" karena kadarnya akan meningkat ketika kita berpelukan, berciuman, dan berhubungan seksual. Tak hanya itu, julukan tersebut juga diberikan karena oksitosin mampu membangkitkan rasa cinta kepada pasangan.

Cuddling juga disarankan untuk dilakukan setelah berhubungan seks untuk meningkatkan kepuasan kedua belah pihak. Jadi, jika kamu ingin hubunganmu semakin erat, awet, dan romantis dengan pasangan, sering-seringlah lakukan cuddling

6. Membuat tidur lebih nyenyak

Senang Lahir Batin, Ini 7 Manfaat Cuddling dengan Pasanganfreepik.com

Mayoritas orang tidur dengan lebih cepat dan nyenyak saat cuddling. Jelas saja, ini terjadi karena dekapan dari orang lain membuat kita lebih tenang, merasa aman, dan santai. 

Tak lama, pasti hormon melatonin yang merangsang rasa kantuk pun membanjiri otak. pendingin ruangan, dan matikan lampu di kamar tidurmu.

7. Menguatkan jantung

Senang Lahir Batin, Ini 7 Manfaat Cuddling dengan Pasanganbustle.com

Menurut laporan dari Penn Medicine, pelukan adalah salah satu cara mudah untuk melindungi jantung dari berbagai penyakit. Ini karena sentuhan fisik dari orang spesial mampu menurunkan tekanan darah  Tekanan darah yang sehat adalah salah satu kunci penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Laporan dari jurnal Psychological Science mengatakan bahwa manfaat di atas juga bisa didapatkan dengan cara memeluk benda mati atau hewan peliharaanmu. Setidaknya kamu bisa merasa lebih nyaman, aman, dan bahagia ketika memeluk boneka atau anjing kesayanganmu. Jadi para jomlo, jangan putus asa ya.

Jadi, melihat begitu banyak manfaatnya terapkan cuddling dengan pasanganmu selain untuk meningkatkan rasa cinta, kesehatan fisik pun juga akan ikut terjaga.

Baca Juga: Simak, Ini 7 Manfaat dan Risiko Kesehatan Minum Air Dingin

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya