Comscore Tracker

6 Olahraga Ini Lebih Baik Kamu Hindari Ketika Puasa di Bulan Ramadan

#RamadanMasaKini Olahraga ringan aja

Biar lagi bulan puasa olahraga sebaiknya tetap dilakukan. Puasa seharusnya tidak menjadi halangan untuk berolahraga. Tentunya dengan tetap mengikuti pedoman yang benar.

Ada beberapa jenis olahraga yang sebaiknya dihindari ketika kamu berpuasa. Hal ini bertujuan agar badan tidak lemas dan malah jatuh sakit. Simak berikut ini!

1. Angkat beban

6 Olahraga Ini Lebih Baik Kamu Hindari Ketika Puasa di Bulan Ramadanmensjournal.com

Saat berpuasa, sistem metabolisme tubuh akan melambat. Selain itu, tubuh akan membakar lemak untuk menghasilkan energi yang kamu perlukan.

Ketika melakukan olahraga angkat beban, ototmu tidak akan kuat untuk menanggung tekanan yang diberikan. Tanpa adanya karbohidrat dan protein yang cukup, angkat beban akan sia-sia karena tidak bisa membentuk otot baru.

2. Sprint

6 Olahraga Ini Lebih Baik Kamu Hindari Ketika Puasa di Bulan Ramadanverywellfit.com

Kamu juga sebaiknya menghindari sprint karena tubuh akan mudah dehidrasi. Selain itu, olahraga ini bisa menyebabkan cedera pada persendian dan otot. Kamu bisa menggantikan olahraga ini dengan jogging atau berjalan kaki yang memiliki intensitas lebih rendah.

3. Berenang

6 Olahraga Ini Lebih Baik Kamu Hindari Ketika Puasa di Bulan Ramadanbwt.com

Sebenarnya berenang saat puasa boleh-boleh saja asalkan bisa menjaga agar tidak ada air yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, untuk menghindari batal puasa secara tidak sengaja, sebaiknya olahraga ini dihindari selama bulan Ramadan.

Baca Juga: 7 Manfaat Olahraga Ini Hanya Didapatkan Maksimal Saat Puasa, Coba deh!

4. Pull up

6 Olahraga Ini Lebih Baik Kamu Hindari Ketika Puasa di Bulan Ramadancoachmag.co.uk

Pull up adalah olahraga yang fokus pada membentuk otot tubuh bagian atas. Sebaiknya hindari dulu olahraga ini karena termasuk olahraga yang berat untuk tubuh. Terutama jika kamu belum pernah melakukan pull up sebelumnya.

5. Squats

6 Olahraga Ini Lebih Baik Kamu Hindari Ketika Puasa di Bulan Ramadanmyfitnesspal.com

Olahraga ini cukup berat dilakukan saat berpuasa. Squats bisa menyebabkan komplikasi seperti tekanan darah rendah, hipoglikemia, dan pusing. Selain itu, olahraga ini juga terlalu berat untuk sistem saraf pusat.

6. Olahraga berat lainnya

6 Olahraga Ini Lebih Baik Kamu Hindari Ketika Puasa di Bulan Ramadanlagacetasalta.com.ar

Sebaiknya hindari olahraga intensitas tinggi yang menyebabkan denyut nadi berada di angka 150 per menit. Khususnya saat sebelum berbuka puasa. Sebab, olahraga tersebut bisa menguras habis energimu dan malah membuatmu jatuh sakit.

7. Durasi olahraga yang terlalu lama juga sebaiknya dihindari

6 Olahraga Ini Lebih Baik Kamu Hindari Ketika Puasa di Bulan Ramadanthriveglobal.com

Tubuhmu saat puasa tidak akan sekuat biasanya. Maka dari itu, sebaiknya kamu batasi durasi olahraga. Cukup 60 hingga 80 persen waktu olahragamu sehari-hari. Misalnya, jika kamu biasa berolahraga selama 60 menit, saat puasa turunkan menjadi 35 hingga 50 menit saja.

Kamu bisa menggantikannya dengan olahraga yang lebih ringan. Contohnya yoga, bersepeda, pilates, jalan kaki, atau jogging.  

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You