Comscore Tracker

Waspada 7 Penyebab Kematian saat Tidur, Bisa Dialami Siapa Saja

Kebanyakan disebabkan karena masalah pada jantung

Salah satu cara hidup sehat adalah dengan tidur yang cukup. Tetapi tahukah kamu bahwa tidur juga bisa berbahaya untukmu?

Sebetulnya ada kondisi yang bisa berdampak fatal ketika kamu memejamkan mata dan menyelinap ke alam bawah sadar. Oleh karena itu, banyak orang yang mengatakan bahwa tidur adalah kematian kecil.

Tidak jarang pula orang yang menghadapi kematian saat sedang tertidur. Apa saja penyebabnya? Berikut ini penjelasannya!

1. Serangan jantung mendadak

Waspada 7 Penyebab Kematian saat Tidur, Bisa Dialami Siapa Sajahealthxchange.sg

Serangan jantung mendadak dapat terjadi ketika pemacu alami jantung mengalami kerusakan. Ini bisa menyebabkan berkurangnya aliran darah menuju otak. Tidak hanya terjadi pada saat tidur, sebagian besar kasus ini tidak memiliki gejala apa pun. Serangan pun benar-benar terjadi secara mendadak.

2. Keracunan karbon monoksida

Waspada 7 Penyebab Kematian saat Tidur, Bisa Dialami Siapa Sajadeherba.com

Karbon monoksida atau CO adalah gas tanpa bau yang berbahaya ketika dihirup terlalu banyak. Gas tersebut bisa berasal dari kendaraan bermotor, kompor, pemanggang, perapian, dan lain-lain. Saat menghirupnya, kamu akan bangun dengan pusing, lemas, dan sakit perut. Jika terlalu banyak karbon monoksida yang masuk ke dalam paru-paru, kamu akan mengalami kematian tanpa adanya gejala apa pun.

3. Central sleep apnea

Waspada 7 Penyebab Kematian saat Tidur, Bisa Dialami Siapa Sajamedicalnewstoday.com

Central sleep apnea adalah penyakit yang membuat penderitanya berhenti bernapas saat berada di bawah alam sadar. Ini terjadi ketika otak tidak mampu untuk mengirimkan sinyal elektrik ke otot paru-paru. Jika kasus yang terjadi cukup buruk, oksigen dalam tubuh akan menurun secara drastis dan menyebabkan kematian.

Baca Juga: Sering Merasa Bingung Saat Bangun Tidur? Ini Penjelasannya

4. Stroke

Waspada 7 Penyebab Kematian saat Tidur, Bisa Dialami Siapa Sajahonestdocs.id

Pada dasarnya stroke bisa dicegah dan diobati sebelum terlambat. Namun kenyataannya, 1 dari 7 serangan terjadi pada saat penderita sedang tidur dan tanpa menunjukkan gejala apa pun. Akhirnya mereka tidak langsung mendapat penanganan.

Oleh karena itu, orang yang memiliki riwayat stroke dan penyakit jantung harus waspada terutama pada saat bangun tidur. Jika sulit berbicara, berjalan, atau tubuh mati rasa segera periksakan ke dokter.

5. Unexplained Nocturnal Death Syndrome (SUNDS)

Waspada 7 Penyebab Kematian saat Tidur, Bisa Dialami Siapa Sajafinancialexpress.com

Seperti namanya, penyebab kematian ini cukup misterius. Sebagian orang menamainya dengan penyakit mimpi. Mereka yang mengalami kasus ini biasanya masih muda dan sehat. Para ilmuwan masih belum bisa menjelaskan bagaimana SUNDS bisa terjadi. Namun mereka meyakini bahwa malfungsi saluran ion hingga fibrilasi ventrikel (gangguan pada jantung) bisa memicunya.

6. Cerebral aneurysm

Waspada 7 Penyebab Kematian saat Tidur, Bisa Dialami Siapa Sajakramesstaywell.com

Cerebral aneurysm atau brain aneurysm disebabkan oleh munculnya tonjolan di pembuluh darah sekitar otak. Ketika darah melewati saluran tersebut, akan muncul area yang menonjol seperti balon. Saat pembuluh darah pecah, sel otak rusak dan tekanan di dalam tengkorak naik. Kondisi tersebut bisa berakibat fatal.

7. Enterovirus D68

Waspada 7 Penyebab Kematian saat Tidur, Bisa Dialami Siapa Sajaonhealth.com

Virus ini dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan influenza. Para ilmuwan mengatakan bahwa enterovirus bisa lebih berbahaya daripada Ebola. Ia akan menyebabkan gangguan pernapasan yang ditandai dengan suara mendecit, demam, batuk, dan keluar ingus. Selain itu, enterovirus juga berkaitan dengan melemahnya otot serta peradangan pada saraf tulang belakang.

Jadi kita harus berhati-hati ya, ketika tidur. Untuk mencegahnya, biasakan pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi, tidur yang cukup, dan rutin berolahraga. 

Baca Juga: Selain Insomnia, 5 Masalah Gangguan Tidur Ini Bisa Terjadi Padamu

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya