Comscore Tracker

7 Dampak Berbahaya Tidak Sahur saat Berpuasa

#RamadanMasaKini Sebaiknya memang sahur dulu

Salah satu hal yang disarankan untuk menjalankan ibadah puasa adalah makan sahur. Makan sahur akan membuat tubuhmu memiliki tenaga untuk bertahan hingga sore saat berbuka puasa.

Oleh karena itu, sahur memiliki peran penting untuk membuat tubuh tetap memiliki energi dalam menjalankan berbagai kegiatan. Akan tetapi, bagaimana jika kita melewati makan sahur? Berikut ini beberapa dampak yang akan ditimbulkannya.

1. Dehidrasi

7 Dampak Berbahaya Tidak Sahur saat Berpuasasonashomehealth.com

Salah satu efek berpuasa adalah tubuh kekurangan asupan cairan. Oleh karenanya, makan sahur dengan mengonsumsi cukup air mineral dapat memberikan cadangan cairan selama seharian penuh. Jadi, jika kamu tidak bangun sahur, maka tubuh akan kekurangan cairan bahkan mengalami dehidrasi yang cukup berbahaya.

2. Pusing

7 Dampak Berbahaya Tidak Sahur saat Berpuasafabiosa.ru

Saat tubuh tidak mendapatkan asupan makanan yang cukup, maka kinerja organ akan mengalami penurunan. Pada kondisi tersebut, tubuh akan berusaha untuk mencukupi kebutuhan energi dengan membakar lemak secara perlahan-lahan. Akibatnya, rasa pusing akan muncul dan mulai mengganggu.

3. Tubuh menjadi lemas

7 Dampak Berbahaya Tidak Sahur saat Berpuasamomjunction.com

Salah satu dampak tidak menyantap makanan saat sahur adalah kondisi tubuh yang menjadi lemah dan lemas. Hal ini dikarenakan jumlah energi dalam tubuh tidak sesuai dengan kegiatan yang dilakukan.

Kekurangan energi pada tubuh tentu saja dipengaruhi oleh jumlah asupan makanan dan cairan selama menjalankan ibadah puasa. Jadi, jika kamu melewati sahur itu sama saja dengan tidak mengisi kembali sumber energi dalam tubuh.

Baca Juga: Bahaya, Ini 8 Dampak Buruk Minum Sambil Berdiri yang Dapat Kamu Alami

4. Sulit fokus

7 Dampak Berbahaya Tidak Sahur saat Berpuasatheguardian.pe.ca

Dampak yang dihasilkan ketika tubuh mengalami perasaan lapar dan kekurangan cairan adalah sulit berkonsentrasi dan fokus. Oleh karenanya, jumlah cairan yang cukup saat berbuka dan makan sahur sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat bertahan selama menjalankan ibadah puasa.

5. Keseimbangan tubuh menurun

7 Dampak Berbahaya Tidak Sahur saat Berpuasahealthline.com

Tidak makan sahur juga dapat membuat keseimbangan tubuh menurun. Hal ini biasanya terjadi karena vertigo yang muncul akibat sakit kepala yang teramat berat. Jika demikian, kamu akan sulit untuk melakukan berbagai macam pekerjaan.

6. Maag

7 Dampak Berbahaya Tidak Sahur saat Berpuasaprincetonhcs.org

Tidak adanya asupan makanan yang masuk dalam tubuh selama kurang lebih 13 jam tentu akan menyebabkan perih pada bagian perut. Hal ini disebabkan produksi asam lambung yang cukup tinggi dan mengakibatkan munculnya maag atau kondisi nyeri di bagian perut yang tidak tertahankan.

7. Diare dan muntah-muntah

7 Dampak Berbahaya Tidak Sahur saat Berpuasamackeyfamilypractice.com

Selain membuat perut menjadi perih dan nyeri, sakit maag ketika menjalankan ibadah puasa juga akan berisiko menimbulkan kondisi yang lebih parah. Tidak adanya makanan serta cairan yang cukup selama berpuasa dapat membuat tubuh terserang diare dan muntah-muntah.

Beberapa hal itu bisa saja terjadi padamu karena melewati makan sahur. Itulah mengapa disarankan lebih baik makan sahur terlebih dahulu sebelum memulai puasa. Sebab, bisa saja muncul kondisi yang lebih buruk pada tubuh kamu.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 7 Dampak Buruk Konsumsi Es Teh Manis Saat Berbuka Puasa

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You