Comscore Tracker

Waspada Obesitas, Lakukan 3 Hal ini saat Isolasi di Rumah

Panic buying bisa bikin berat badan makin melonjak

Jakarta, IDN Times - Pandemi virus corona belum juga usai menghantam berbagai wilayah dunia, termasuk Indonesia. Tak hanya itu, kehancuran di bidang ekonomi pun mengintai akibat serangan virus ini.

Tapi sadarkah, dampaknya tidak hanya itu. Dari sisi kesehatan, ada ancaman tersendiri bagi kita yang membatasi aktivitas keluar rumah alias isolasi untuk social distancing di tengah pandemi ini. Apalagi kalau sampai karantina total alias lockdown

"Saya tidak tahu apakah pengalaman ini akan membuat kita semakin kuat, namun kita akan menjadi lebih gemuk," kata ahli gizi Beatrice de Reynal kepada AFP dilansir Yahoo News.

Beberapa hal ini bisa dilakukan untuk menghindari kita dari kegemukan selama masa isolasi, lho. Apa saja langkahnya? 

1. Kurangi porsi makan dan lebih banyak bergerak

Waspada Obesitas, Lakukan 3 Hal ini saat Isolasi di RumahIDN Times/Lia Hutasoit

Mengurangi porsi asupan makanan yang masuk dalam tubuh bisa menjadi salah satu opsi yang dapat dilakukan agar terhindar dari kegemukan selama masa karantina.

Tentu penting untuk dibarengi dengan kebiasaan untuk memastikan kita memiliki waktu untuk melakukan aktivitas secara fisik. Bergerak sebanyak mungkin sangat direkomendasikan.

Ahli Gizi, Jennifer Aubert dari laman Yahoo News mengatakan, dengan melakukan aktivitas fisik yang tak banyak selama masa karantina, orang dewasa cenderung membakar kalori 400 kalori lebih sedikit dibandingkan biasanya, lho.

Baca Juga: Tanpa Terjebak Panic Buying Lho! Ini 10 Tips Berbelanja Bahan Masakan 

2. Panic buying bisa sebabkan kegemukan

Waspada Obesitas, Lakukan 3 Hal ini saat Isolasi di RumahIlustrasi kersediaan sembako di supermarket (IDN Times/Denny Adhietya Febrian)

Kecemasan akan kekurangan bahan pangan tak jarang membuat orang menjadi panik untuk belanja keperluan dapurnya. Hal ini tak jarang membuat bahan makanan yang dibeli pun jadi berlebihan.

Pemikiran bahwa kita punya "tanggung jawab" untuk menghabiskan bahan pangan yang sudah dibeli ternyata juga bisa menjadi faktor penyebab kegemukan lho.

Selain itu, bahan pangan yang dibeli belum tentu sehat dan segar, kan? Jadi pastikan kamu tak terjebak dalam panic buying, guys!

3. Memasak dengan keluarga jadi opsi terbaik

Waspada Obesitas, Lakukan 3 Hal ini saat Isolasi di Rumahidntimes.com

Menjalani masa karantina, tentu kita jadi punya sedikit banyak waktu lebih bersama keluarga di rumah. Selain olahraga atau menjalani aktivitas fisik, ternyata memasak juga bisa jadi pilihan baik, lho.

Bersama keluarga mengolah dan menghidangkan makanan sehat dapat menghindarkan kita dari kebiasaan makan tak sehat yang memicu kegemukan. Masak bersama keluarga selain nikmat, hemat, sehat, tentu lebih menyenangkan.

Baca Juga: Lawan Virus Corona, Yummy Gelar Live Cooking Bareng Artis Sabtu-Minggu

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya