Comscore Tracker

Waspadai, Ini 8 Bahaya Kesehatan Akibat Kebanyakan Ngopi

Millennials mesti tahu, nih!

Kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Bukan karena sekedar rasanya yang nikmat, tetapi kopi juga bahkan sudah menjadi semacam candu.

Kopi memang bisa membantu tubuh dalam proses pembakaran lemak sehingga stamina meningkat, sistem saraf pusat terangsang, dan menetralkan tubuh dari polusi udara, asap, hingga paparan sinar ultraviolet.

Tetapi di balik manfaat dan kenikmatannya itu, kopi juga bisa membawa risiko kesehatan. Cek di sini 8 bahaya kopi untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

1. Detak jantung lebih cepat dari biasanya

Waspadai, Ini 8 Bahaya Kesehatan Akibat Kebanyakan Ngopihellodoctor.com

Menurut dr. Jansen Ongko, MSc, RD, seorang pakar kesehatan dan nutrisi, konsumsi kopi yang berlebihan bisa membuat detak jantung lebih cepat dari biasanya. Ini terjadi pada orang-orang yang memiliki masalah kesehatan jantung.

2. Insomnia

Waspadai, Ini 8 Bahaya Kesehatan Akibat Kebanyakan Ngopiunsplash.com/Niklas Hamann

Hampir semua orang mengetahui bahkan mengalami hal ini. Kandungan kafein dalam kopi menyebabkan gangguan tidur, seperti insomnia. Namun bagi kaum millenials, tidak sedikit dari mereka yang bukannya menghindari masalah itu, tetapi malah dimanfaatkan untuk produktivitas kerja mereka.

3. Sakit kepala

Waspadai, Ini 8 Bahaya Kesehatan Akibat Kebanyakan Ngopiunsplash.com/Jonathan Rados

Konsumsi kopi yang terlalu banyak juga menimbulkan sakit kepala. Jadi, bagi yang tidak terbiasa atau kondisi tubuhnya tidak mendukung, minumlah kopi secukupnya saja.

4. Darah tinggi

Waspadai, Ini 8 Bahaya Kesehatan Akibat Kebanyakan Ngopisonashomehealth.com

Sebuah studi dari Charalambos Vlachopoulos, MD, mengatakan bahwa kafein meningkatkan kekakuan secara cepat terhadap arteri besar bagi orang dengan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Coffee Naps: Apakah Minum Kopi Sebelum Tidur Siang Benar Bermanfaat?

5. Asam lambung meningkat

Waspadai, Ini 8 Bahaya Kesehatan Akibat Kebanyakan Ngopigoogleapis.com

Senyawa kafein atau katekol yang terkandung pada kopi bisa meningkatkan produksi asam lambung secara signifikan jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini perlu diperhatikan, terutama bagi orang yang memiliki masalah lambung atau maag.

6. Pencernaan terganggu

Waspadai, Ini 8 Bahaya Kesehatan Akibat Kebanyakan Ngopiself.com

Ternyata kafein juga mempengaruhi pencernaan. Minum kopi yang terlalu banyak bisa menyebabkan sakit perut, apalagi jika perut masih dalam keadaan kosong.

7. Kolesterol meningkat

Waspadai, Ini 8 Bahaya Kesehatan Akibat Kebanyakan Ngopibulletproof.com

Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi lima cangkir kopi setiap hari berpotensi tinggi meningkatkan kadar kolesterol darah hingga 8%. Hal ini dikarenakan kandungan minyak terpene di dalam kopi. 

8. Risiko stroke dan serangan jantung jadi meningkat

Waspadai, Ini 8 Bahaya Kesehatan Akibat Kebanyakan Ngopithehooklite.com

Dalam Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry, disebutkan bahwa konsumsi kopi lebih dari lima gelas setiap hari dapat meningkatkan risiko kerusakan pembuluh darah. Ini berkaitan secara signifikan dengan stroke dan serangan jantung. Dosis asupan kafein yang dianjurkan oleh para ahli adalah 200-300 mg perhari. 

Jadi jika kamu penggemar kopi, mulai perhatikan asupan kopi harianmu ya. Agar tetap bisa merasakan kenikmatan kopi dan tubuh tetap sehat.

Baca Juga: 12 Fakta Ilmiah Cara Kerja Kafein dalam Kopi yang Bikin Gak Tidur

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya