Comscore Tracker

Tanpa Sadar 7 Ekspresi Ini Bisa Bikin Wajahmu Cepat Keriput

Kendalikan ekspresimu supaya awet muda

Wajah yang awet muda menjadi idaman banyak orang. Sayangnya, tanpa diundang keriput dan kerutan mewarnai wajah seiring bertambahnya usia. Hal ini membuat banyak orang terutama kaum hawa merasa waswas. Kulit yang berkerut dan tidak kencang dinilai mengurangi kecantikan mereka.

Ada banyak penyebab kerutan yang kadang tidak kamu sadari. Berikut 7 penyebabnya, simak ya!

1. Sering menaikkan alis

Tanpa Sadar 7 Ekspresi Ini Bisa Bikin Wajahmu Cepat Keriputhindustantimes.com

Terkadang jika orang sedang malas menyapa balik maka ia hanya akan sekadar menaikkan alis. Ternyata kebiasaan menaikkan alis bisa menimbulkan keriput pada area dahi lho.

Dikutip facecliniclondon.com, keriput dahi disebabkan oleh aksi otot frontalis di dahi. Otot ini berkontraksi saat kita mengangkat alis. Peningkatan otot frontalis menarik kulit dahi ke atas dan menyebabkan kerutan dahi yang muncul sebagai garis-garis di dahi kita.

2. Cemberut

Tanpa Sadar 7 Ekspresi Ini Bisa Bikin Wajahmu Cepat Keriputabc.net.au

Siapa yang suka ngambek dan cemberut kalau ada hal yang tidak disukai? Hati-hati, ternyata ekspresi yang terbentuk saat cemberut pun bisa membuat wajahmu cepat keriput.

Dikutip everydayhealth.com, Jessica Wu yang merupakan seorang profesor klinis dermatologi di sekolah kedokteran University of Southern California mengatakan kemarahan membuat otot-otot wajah tegang. Seiring waktu, hal itu menimbulkan garis-garis kerutan pada wajahmu.

3. Menangis

Tanpa Sadar 7 Ekspresi Ini Bisa Bikin Wajahmu Cepat Keriputunsplash.com/Claudia Wolff

Seperti halnya cemberut, menangis juga sangat membebani wajah dan dapat menyebabkan kerutan karena alis yang berkerut berulang-ulang. Dokter Wu juga mengatakan penelitian sekarang menunjukkan bahwa ekspresi wajah memiliki efek yang kuat pada kulit.

4. Ketakutan

Tanpa Sadar 7 Ekspresi Ini Bisa Bikin Wajahmu Cepat KeriputPexels/Nathan Cowley

Rasa takut dan cemas membuat otak kita mengeluarkan sebuah ekspresi pada wajah. Dilansir verydayhealth.com, dr. Wechsler mengatakan reaksi pertama otak adalah memicu lepasnya hormon adrenalin.

Adrenalin akan mengambil sebagian dari darah dari kulit dan wajah serta menyempitkan pembuluh darah di kulit untuk mengontrol dan membatasi pendarahan jika terluka. Efeknya, keriput akan muncul secara perlahan.

5. Manyun

Tanpa Sadar 7 Ekspresi Ini Bisa Bikin Wajahmu Cepat KeriputInstagram.com/saythename_17

Beberapa tahun lalu sempat muncul tren duck face yang mengekspresikan wajah manyun layaknya bebek. Hal itu bisa menyebabkan kerutan lho karena otot sekitaran bibir berkontraksi cukup kuat.

Dikutip nowcosmetic.co.uk, merokok yang membuat bibir berpose manyun tentunya dapat menciptakan kerutan sekitar mulut.

6. Tersipu malu

Tanpa Sadar 7 Ekspresi Ini Bisa Bikin Wajahmu Cepat Keriputpexels.com/bymalcolmgarret

Dokter Wechsler juga mengatakan saat kamu merasa malu, reseptor neuropeptida di kulit menerima pesan dan menyebabkan wajah memerah. Hal itu dapat menjadi awal dari kondisi pembuluh darah bengkak kronis. Jika terlalu sering maka perlahan kerutan akan muncul di wajah.

7. Senyum

Tanpa Sadar 7 Ekspresi Ini Bisa Bikin Wajahmu Cepat KeriputInstagram/kimkardashian

Beberapa bintang dunia seperti Kim Kardashian dan Victoria Beckham sempat secara tersirat menyebut mereka jarang tersenyum untuk menghindari kerutan. Ternyata hal itu benar adanya.

Dilansir goodhousekeeping.com, Mona Gohara, M.D. seorang profesor dermatologi klinis di Yale University mengatakan tersenyum bisa membentuk kerutan pada wajah. Saat kamu berulang kali menggunakan otot-otot wajah untuk tersenyum kamu pasti akan mulai memperhatikan beberapa garis yang muncul di sekitaran wajah.

Itulah 7 ekspresi wajah yang tanpa sadar bisa membuat kulit kamu berkerut. Intinya, semakin sering otot wajah kamu bergerak dan menampilkan berbagai ekspresi maka semakin cepat pula kerutan muncul. Tapi semoga karena gak ingin cepat keriput jadi membuat ekspresi wajahmu jadi datar, ya.

Baca Juga: Tenangkan Pikiran, 7 Suplemen dan Vitamin Ini Bisa Meredakan Stres

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya