Comscore Tracker

Over Aktivitas, Kenali 7 Tanda Tubuhmu Kelelahan dan Perlu Istirahat

Jangan memaksakan diri

Aktivitas seperti tiada habisnya dalam keseharianmu? Siang bekerja, malam lembur, dan keesokan paginya langsung kembali ke rutinitas yang sama. Membayangkannya saja sudah sangat melelahkan bukan?

Kamu tidak mau kan tiba-tiba ambruk saat bekerja? Untuk itu, kenalilah beberapa tanda kalau tubuhmu perlu istirahat. Jika sudah ada tanda-tanda berikut, tinggalkanlah aktivitasmu dan ambil waktu sejenak untuk berisirahat dari hiruk-pikuknya kesibukan.

1. Kamu menjadi moody dan mudah stres

Over Aktivitas, Kenali 7 Tanda Tubuhmu Kelelahan dan Perlu Istirahatpexels.com/Andrew Neel

Suasana hati, depresi dan perasaan risau merupakan indikasi bahwa kamu mengalami kelelahan. Dilansir dari CNN, ketika lelah kamu akan mudah stres karena lepasnya zat kortisol, yaitu hormon stres. Ketika kadar kortisol cukup tinggi untuk jangka waktu yang lama, kesehatan mentalmu mulai akan terkena dampaknya.

2. Tidak bisa fokus

Over Aktivitas, Kenali 7 Tanda Tubuhmu Kelelahan dan Perlu Istirahatunsplash.com/francisco moreno

Ketika kamu stres akibat kelelahan, kamu tidak akan bisa menemukan ketenangan dan akhirnya gagal fokus. Pikiranmu tidak bisa tertuju pada satu titik karena otakmu sudah dipenuhi hormon stres yang dapat mengganggu pola pikir otak.

3. Performa kamu mulai menurun

Over Aktivitas, Kenali 7 Tanda Tubuhmu Kelelahan dan Perlu Istirahathealth12online.com

Performamu terlihat menurun ketika merasa letih. Semisal kamu biasa menyelesaikan pekerjaan dalam satu atau dua jam, namun tiba-tiba kamu membutuhkan waktu berjam-jam untuk pekerjaan yang sama, hal ini menandakan kamu terlalu lelah.

Jika mendapati dirimu tidak mampu mengendalikan semua tugas dan pekerjaan yang kamu handle setiap hari, kamu mungkin mulai melewatkan waktu makan, merasa stres, dan merasa kemampuan fisik menurun.

Baca Juga: 5 Cara Menyegarkan Mata Lelah akibat Memandang Komputer Terlalu Lama

4. Sulit tidur di malam hari

Over Aktivitas, Kenali 7 Tanda Tubuhmu Kelelahan dan Perlu Istirahatbustle.com

Kelelahan tidak hanya berorientasi pada fisik, tetapi juga bisa menyerang psikis. Kamu mungkin benar-benar merasa lebih sulit untuk tertidur ketika kelelahan itu benar-benar kronis. Hal ini bahkan bisa memperparah kondisi tubuh kamu.

"Ketika Anda kurang tidur secara kronis, kadar hormon tertentu seperti kortisol menjadi meningkat. Ini hampir seolah-olah tubuh Anda berada dalam keadaan konstan dari rangsangan ekstrem," kata dr. Phillips kepada Well + Good yang dikutip dari insider.com.

5. Kehilangan napsu makan

Over Aktivitas, Kenali 7 Tanda Tubuhmu Kelelahan dan Perlu Istirahattheselfimprovementblog.com

Dilansir dari webmd.com, kecemasan memicu perubahan emosional dan psikologis dalam tubuh kamu untuk membantu mengatasi tekanan. Perubahan ini sering memengaruhi perut dan saluran pencernaan yang efeknya dapat membuat kamu kehilangan nafsu makan. Jika stres adalah alasannya, selera makan kamu biasanya kembali begitu kamu merasa lebih santai dan enjoy.

6. Kulit dan bibir kering

Over Aktivitas, Kenali 7 Tanda Tubuhmu Kelelahan dan Perlu Istirahatinsideouterbeauty.com

Hal ini seperti menjadi gejala berantai, kekurangan tidur akibat stres bisa menimbulkan tanda kelelahan lainnya. Dilansir dari insider.com, Debra Jaliman, MD, seorang dokter kulit berbasis di New York City menjelaskan ketika kamu kurang tidur maka kulitmu akan mengalami masalah seperti kering, pecah-pecah, dan timbul jerawat.

Debra juga mengatakan stres pun bisa memicu masalah pada kulit. Ketika kulit kamu stres, mereka akan kering dan bersisik. Hal lain yang terjadi adalah keringnya kulit sekitar bibir , kelopak mata, dan kulit secara keseluruhan.

7. Mudah sakit

Over Aktivitas, Kenali 7 Tanda Tubuhmu Kelelahan dan Perlu Istirahatremediesforme.com

Dilansir dari insider.com, efek samping yang kurang menyenangkan dari kelelahan adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh yang mungkin membuat kamu mudah terserang penyakit seperti flu dan radang. Jika kamu sering sakit dan tidak tahu mengapa, itu bisa jadi karena kelelahan, stres, dan juga kurang tidur.

Jadi, itulah tadi 7 tanda kalau tubuh kamu merasa lelah dan butuh istirahat. Jangan memaksakan tubuhmu untuk bekerja terlalu keras karena bisa merusak kesehatanmu sendiri.

Jika hal ini kamu rasakah, istirahat sejenak atau mengambil cuti bisa jadi cara meredakan stres serta kelelahan yang kamu alami. Relaks sejenak bakal menyegarkan tubuh, hati, dan pikiranmu kembali.

Baca Juga: Tubuhmu Mudah Lelah? Coba Cek 8 Kemungkinan Penyebabnya Ini!

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya