Comscore Tracker

10 Hal yang Jangan Dilakukan saat Menstruasi, Menurut Para Ahli

Lebih dari sekadar 'tak nyaman'

Ketika menstruasi, ada beberapa aktivitas yang tidak ingin kamu lakukan karena kondisi tubuh yang tidak memungkinkan seperti kram perut, lemas, pusing, bad mood, dan sebagainya. Namun, tahukah kamu bahwa juga ada beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan saat menstruasi karena justru dapat membahayakan kesehatan dan membuatmu merasa lebih buruk terlepas dari hal tersebut dirasa kurang sreg untuk dilakukan seperti berikut ini?

1. Makan makanan asin

10 Hal yang Jangan Dilakukan saat Menstruasi, Menurut Para Ahlistaysnatched.com

Mengidam kentang goreng, keripik kentang, atau makanan asin lainnya saat menstruasi? Kali ini, ada baiknya kamu tidak terlalu memenuhi keinginan tersebut. Pasalnya, makanan asin berkontribusi terhadap retensi air dan membuat kembung serta kram perutmu lebih parah.

2. Seks tanpa kondom

10 Hal yang Jangan Dilakukan saat Menstruasi, Menurut Para Ahlird.com

Darah adalah medium yang sangat baik bagi virus dan patogen lain untuk menyebar dan menyerang tubuh. Selain itu, serviks juga lebih terbuka saat kamu sedang menstruasi, sehingga membuka peluang lebih besar dan mudah bagi bakteri untuk masuk ke vagina terus hingga ke pelvis. Selain itu, ingat bahwa hanya karena sedang menstruasi tidak berarti kamu tidak dapat hamil.

3. Melakukan pemeriksaan payudara

10 Hal yang Jangan Dilakukan saat Menstruasi, Menurut Para Ahlithebetterfit.com

Payudara memiliki tingkat senstitivitas yang sangat tinggi terhadap perubahan produksi hormon. Fluktuasi estrogen dan progesteron saat menstruasi pun akan membuat pemeriksaan payudara menjadi tidak nyaman. Adapun waktu terbaik untuk melakukan tes ini adalah sekitar seminggu setelah menstruasi.

4. Makan makanan olahan susu

10 Hal yang Jangan Dilakukan saat Menstruasi, Menurut Para Ahliseasonsandsuppers.ca

Sama seperti makanan asin, mengonsumsi olahan susu saat menstruasi bukanlah ide yang bagus. Perubahan hormon di waktu ini saja sudah cukup membuatmu tidak nyaman dengan perut yang penuh dengan gas, apalagi bila harus diperparah dengan hasil pencernaan produk olahan suhu. 

5. Menggunakan pembalut atau tampon lebih dari 4 jam

10 Hal yang Jangan Dilakukan saat Menstruasi, Menurut Para Ahlimedicalnewstoday.com

Aktivitas yang padat mungkin membuatmu enggan atau lupa untuk mengganti pembalut atau tampon. Namun, terutama di dua hingga tiga hari pertama, rutinkan untuk selalu mengganti pembalut atau tampon setiap tiga hingga empat jam. Selain untuk menghindari 'bocor', penggantian ini juga akan membantumu terhindarkan dari aroma tidak sedap dan perkembangan bakteri yang berujung pada infeksi.

Baca Juga: Girls, Benarkah 'Ngidam' Menjelang Menstruasi Merupakan Hal Normal?

6. Minum banyak kopi

10 Hal yang Jangan Dilakukan saat Menstruasi, Menurut Para Ahlipixabay.com/Engin_Akyurt

Terutama bila kamu pencandu kopi, cobalah lebih moderat saat menstruasi. Hanya untuk beberapa hari, jangan terlalu bergantung pada kenikmatan yang kamu peroleh dari olahan biji kopi ini. Pasalnya, kafein yang dapat mempersempit pembuluh darah akan memperburuk rasa tidak nyaman dari kram perut serta kembung.

7. Douching

10 Hal yang Jangan Dilakukan saat Menstruasi, Menurut Para Ahlimacarthurmc.com

Dalam kondisi normal saja, douching adalah hal yang sesungguhnya tidak perlu kamu lakukan untuk membersihkan vagina. Bahan pewangi yang digunakan dapat mengganggu keseimbangan flora vagina dan justru menimbulkan iritasi atau keputihan abnormal. Sebagai alternatif, kamu cukup menggunakan air bersih untuk proses douching walau sesungguhnya secara medis hal ini pun tidak perlu dilakukan.

8. Tidur larut malam

10 Hal yang Jangan Dilakukan saat Menstruasi, Menurut Para Ahlimetro.co.uk

Tidur adalah aktivitas fundamental yang dibutuhkan tubuh, terlebih saat kamu sedang menstruasi. Waktu tidur yang sedikit akan meningkatkan hormon kortisol yang berimbas pada terganggunya keseimbangan hormon dan memperburuk berbagai kondisi tubuhmu saat menstruasi.

9. Meninggalkan olahraga

10 Hal yang Jangan Dilakukan saat Menstruasi, Menurut Para Ahlishape.com.sg

Untuk memulai olahraga saat menstruasi mungkin terasa lebih berat karena tidak nyaman, tetapi aktivitas fisik ini akan membuatmu lebih segar. Olahraga dapat membantu mengurangi sakit kepala, kelelahan, hingga ganjalan psikis yang kamu rasakan. Selain itu, kram perut yang biasa menghantui pun dapat diatasi dengan kegiatan ini.

10. Melakukan waxing

10 Hal yang Jangan Dilakukan saat Menstruasi, Menurut Para Ahlithebeehiveofbeverlyhills.com

Bagi kamu yang tidak merasa risih untuk melakukan bikini wax saat menstruasi, pertimbangkan hal ini baik-baik. Reseptor rasa sakit meningkat ketika haid sedang berlangsung, pun demikian dengan tingkat sensitivitas kulit. Akibatnya, rasa sakit yang akan dirasakan pun menjadi dobel dan hanya membuatmu tidak nyaman.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan saat menstruasi. Sanggup kan, tidak melakukannya hanya dalam beberapa hari saja? 

Baca Juga: 8 Penyebab Menstruasi Dua Kali dalam Sebulan yang Harus Diwaspadai

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You