Comscore Tracker

Pakai Kawat Gigi, Demi Kesehatanmu Pahami Manfaat dan Risikonya

Bukan cuma buat gaya-gayaan saja!

Jangan salah, memasang behel atau kawat gigi gak sekadar perkara estetika. Ada banyak manfaat penting dari pemasangan behel. Meski begitu, pahami juga risiko-risikonya agar bisa jadi pertimbanganmu untuk memasang behel gigi. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjabaran selengkapnya!

1. Kawat atau behel gigi bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut

Pakai Kawat Gigi, Demi Kesehatanmu Pahami Manfaat dan Risikonyamarketplace.org

Kesehatan gigi dan mulut itu sangat penting. Gigi yang berantakan berpotensi membuat plak dan makanan terselip sehingga sulit untuk dibersihkan. Jika dibiarkan, gigimu bisa keropos dan membusuk. Secara gak langsung itu akan berpengaruh pada syaraf-syaraf penting tubuhmu.

Dengan memasang behel gigi, susunan gigimu akan membaik sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Kamu juga akan terhindar dari penyakit gusi dan bakteri yang bersarang di gigi dan mulutmu.

2. Makanan dapat dikunyah dan dicerna dengan lebih baik

Pakai Kawat Gigi, Demi Kesehatanmu Pahami Manfaat dan Risikonyaacaciadentalgroup.com.au

Jangan salah, mengunyah makanan itu penting loh. Hal itu akan makin maksimal jika susunan gigi dan pola gigitanmu benar. Ketika gigimu dibehel, perlahan-lahan pola mengunyahmu akan semakin baik. Dengan begitu, nutrisi yang ada dalam makanan yang kamu lumatkan, bisa terserap dengan lebih baik.  

Baca Juga: Begini 7 Kebiasaan Makan saat New Normal, Kamu Juga Melakukannya?

3. Gigi yang dibehel seiring berjalannya waktu akan makin rapi dan estetik

Pakai Kawat Gigi, Demi Kesehatanmu Pahami Manfaat dan Risikonyarevistaquem.globo.com

Salah satu tujuan memakai behel gigi adalah mendapatkan gigi yang rapi. Senyummu juga semakin bagus. Kepercayaan dirimu juga pasti akan meningkat, terutama saat berhadapan di depan publik. 

4. Pahami dulu, betapa gak nyaman dan merepotkannya memakai behel

Pakai Kawat Gigi, Demi Kesehatanmu Pahami Manfaat dan Risikonyahappytoothnc.com

Dibalik semua manfaatnya, memakai behel itu juga butuh perjuangan. Kamu perlu merasakan ngilu, terutama saat pertama kali memakai behel. Gigimu juga akan terus bergeser sampai mendapatkan bentuk dan gigitan yang sempurna.

Hal itu pun membutuhkan waktu bertahun-tahun. Belum lagi kadang kamu akan merasakan sariawan dan nyeri saat behel mengenai gusi dan dinding mulut. 

5. Perawatan yang gak tepat hanya akan memperburuk kondisi kesehatan gigi dan mulutmu

Pakai Kawat Gigi, Demi Kesehatanmu Pahami Manfaat dan RisikonyaIlustrasi kawat gigi. IDN Times/Arief Rahmat

Memasang behel gak boleh main-main loh! Kamu harus memasangnya dengan bantuan dokter spesialis ortodontis. Sebaiknya tidak di dokter gigi umum, apalagi tukang gigi.

Penanganan yang gak tepat hanya akan memperparah kondisi gigimu. Belum lagi biaya besar yang perlu kamu keluarkan mulai dari memasang, kontrol, hingga pasang retainer setelah lepas behel.

Pengguna behel juga harus lebih rajin menjaga kebersihan gigi karena gigi yang terhalang bracket lebih sulit untuk dibersihkan. Cara agar gigimu tetap bersih hanya dengan kontrol rutin. Kalau kamu gak rutin dan abai, bisa-bisa gak selesai atau kondisi gigimu malah justru semakin parah. Biasanya hal ini yang terjadi pada kebanyakan pengguna behel: malas kontrol.

Setelah lepas behel, kamu perlu memasang retainer. Biasanya laman pemakaian retainer sama dengan memakai behel. Kalau kamu jarang pakai atau bahkan retainer milikmu rusak, gigimu bisa balik lagi ke posisi sebelum dibehel.

Pemasangan behel memang sangat penting, terutama buat orang-orang yang punya gigi berantakan. Meskipun demikian, kalau mau pasang kamu harus siap menanggung risikonya ya. Gunakan behel jika kamu memang memerlukannya bukan karena semata-mata karena tren.

Baca Juga: Gagal Diet, Ini 6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kamu Selalu Merasa Lapar

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya