Comscore Tracker

4 Cara Diet yang Tepat Sesuai Bentuk Tubuhmu

Langsing bukan lagi sekadar mimpi

Siapa mau langsing? Wah, kebanyakan orang terutama perempuan bakal mengacungkan jari! Bodi langsing memang menarik untuk dilihat, mudah memilih pakaian, dan lebih gesit bergerak. 

Tapi ternyata langsing bukan mudah diraih. Perlu perjuangan yang seringkali menyiksa. Kenali karakteristik bentuk tubuh dan lakukan tips atau cara diet alami yang tepat untukmu.

1. The Controller biasanya ditandai dengan dada sedang dan ukuran lengan pendek. Tips langsingnya adalah makan sayur, buah, dan aerobik

4 Cara Diet yang Tepat Sesuai Bentuk TubuhmuPexels/Pixabay

Kamu yang bertipe Controller, biasanya berdada sedang. Ukuran lengannya bisa cukup pendek dan tungkainya bisa juga cukup tinggi. Kepalanya bulat dan lebar. Tubuhnya kotak atau persegi panjang. Lazimnya, ia aktif di pagi hari.

Tipe ini tidak sulit mencapai berat badan yang diharapkan. Agar langsing, ia harus sering makan sayur dan buah hijau, dan protein nonsusu (telur, daging merah, ikan, dan kacang segar). Makanan yang boleh dikonsumsi dalam jumlah sedang adalah buah nonhijau dan biji-bijian utuh. Yang harus dibatasi adalah gula, makanan bertepung, olahan susu, dan kafein.

Makanlah sayur lebih banyak dibandingkan buahnya. Sarapan teratur, makan siang cukup, dan makan malam yang ringan. Camilannya cukup apel, jeruk, dan teh herbal. Lengkapi dengan aerobik agar imunitas tubuh kuat.

2. The Adrenal adalah mereka yang payudaranya besar, tapi pinggul ke bawah kecil. Konsumsi pasta gandum dan kurangi daging lemak cara dietnya

4 Cara Diet yang Tepat Sesuai Bentuk Tubuhmupexels.com/bruce mars

Cewek Adrenal berpayudara besar, tetapi pinggul dan tubuh bagian bawahnya kecil. Ia mudah naik berat badan di sekitar batang tubuh. Ditambah lagi lipatan lemak di punggung, dada, dan perut. Tinggi badannya rata-rata. Lengan dan tungkainya proporsional, dengan tangan berbentuk kotak dan jari-jari kokoh. Kepalanya sedang, wajahnya bulat, bahunya bidang meruncing ke bawah, pinggang lebar, dan pinggulnya kecil.

Selepas sore hingga malam jelang dini hari, cewek adrenal cukup aktif. Ia menyukai makanan manis, enak, padat, dan panas. Ia gemar cuaca dingin. Selama tubuh seimbang, energinya tak habis. Roti dan pasta gandum, beras merah, sayur, teh herbal, dan buah adalah makanan tepat untuk The Adrenal. Yang boleh dinikmati sedikit saja adalah ayam atau kalkun berkadar lemak rendah, kacang-kacangan, dan kafein.

Yang dibatasi adalah makanan tinggi lemak, daging merah, jeroan, telur, dan kerang. Tingkatkan karbohidrat berglikemia rendah. Sarapan dan makan siang dengan porsi cukup, makan malam sebelum jam 7, dan camilannya sepotong buah. Kombinasikan aerobik, pilates, atau yoga untuk otot kencang.

Baca Juga: 10 OOTD Keren & Simpel ala Diet Influencer Yulia Baltschun!

3. The Thyroid berpayudara kecil dan sulit naik berat badannya. Ia harus membatasi yang manis-manis dan teratur konsumsi protein susu dan telur

4 Cara Diet yang Tepat Sesuai Bentuk TubuhmuPexels/LinkedIn Sales Navigator

Thyroid cenderung berpayudara kecil. Maklum, tipe ini sulit menaikkan berat badan. Kalau beratnya naik, hanya di pinggang dan pinggul atas. Lengan kaki Thyroid proporsional dengan tubuh yang memanjang. Kepalanya kecil dan tajam, diameter dada dan punggung lebar. Kabar baiknya, Thyroid bisa makan apa saja sebelum menopause.

Pada pagi hari, tubuh Thyroid begitu aktif. Karenanya ia menyenangi makanan berkarbohidrat. Kamu punya ciri-ciri itu? Secara teratur, konsumsi protein dari susu, telur, daging merah, ayam, ikan, kacang-kacangan, dan teh herbal. Sayur dimakan dengan takaran 5-7 porsi sehari. Hanya dalam ukuran sedang, makanlah biji-bijian utuh dan buah-buahan.

Yang harus dibatasi adalah makanan manis, kafein, gula dan makanan bertepung. Konsumsilah karbohidrat yang glikemianya rendah. Porsi makan antara sarapan, makan siang, dan makan malam harus seimbang. Pilihlah camilan protein bar, milk shake, dan telur rebus. Buatlah komplit dengan angkat beban.

4. Kalau The Gonadal biasanya suka naik berat badan di pantat dan paha. Takaran gula yang dikonsumsi harus sedang dan lakukan yoga

4 Cara Diet yang Tepat Sesuai Bentuk TubuhmuPexels/Max Nikhil Thimmayya

Gonadal punya ukuran dada beragam. Ada yang kecil, ada juga yang di atas rata-rata. Biasanya, kenaikan berat badan mudah terjadi di pantat dan paha. Tangannya cenderung kecil dengan jari lonjong atau runcing. Ukuran kaki dan lengan rata-rata, namun paha atas lebih besar. Bentuk kepalanya cenderung oval atau hati, serta pinggul dan bahu melebar. Setelah siang sampai matahari terbenam, tubuh Gonadal sedang aktif-aktifnya. 

Kalau kamu sesuai tanda tadi, harus rutin makan buah, sayur, olahan susu rendah lemak, karbohidrat berglikemia rendah, ikan, ayam, kalkun, biji-bijian, kacang rebus, serta teh. Perhatikan kalau gula, kafein, dan minyak zaitun yang ekstra virgin harus dikonsumsi dengan takaran sedang.

Yang perlu dibatasi adalah makanan berbumbu atau creamy serta daging merah. Utamakan porsi ringan saat makan siang dan sarapan. Kalau ingin nyemil, makan buah dan kacang dalam porsi mini. Agar keinginan nyemil hilang, minum teh di sela-sela waktu makan bisa membantu. Untuk olahraganya, lakukan aerobik, yoga, atau pilates.

Nah, tubuhmu masuk kategori yang mana, semoga bisa membantumu diet dan mencapai tubuh sehat dan langsing idaman. 

Baca Juga: Perawatan NutriDNA, Diet Sehat Demi Perbaiki Kualitas Hidup

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You